Laman

Selasa, 21 Juni 2016

MIKE EINZIGER




Lahir pada tanggal 21 Juni 1976 di Los Angeles, California, AS dengan nama lengkap Michael Aaron Einziger, adalah musisi nominator Grammy Award dan dikenal sebagai penulis lagu dan gitaris band alternative rock Incubus. Dia memiliki keturunan Yahudi.

Einziger sangat dikenal sebagai seorang inovator dan kagum akan penggunaan efek gitar Pedalboard selama konser, dan dipilih di peringkat 41 dalam daftar  top 100 guitarists of all time oleh Total Guitar pada 2002. Dalam sebuah wawancara dengan Gibson Guitars, penulis Steven Rosen menyatakan “(Einziger) belum memainkan gitar sebanyak yang sudah dia manipulasi, hanya sesuai keperluannya sendiri. Einziger memperkenakan gaya sonic yang dia ambil dari sekolah rock Zappa/Hendrix/Vai.” 

Mike ikut mendirikan Incubus dengan teman satu kelas dari Calabasas High School Brandon Boyd, Jose Pasillas II, dan Alex Katunich pada tahun 1991. Incubus telah menjual lebih darin 13 juta album ke seluruh dunia dan telah 2 kali masuk nominasi Grammy Award. MTV music video music award. American Music Awards, mtv U Woodie Award, dan the Billboard Awards. Incubus sudah menampilkan konser laris di The Hollywood Bowl, The Great Western Forum, Madison Square Garden, Radio City Music Hall, Wembley Arena di London, dan Aranetta Coliseum di Manila, Filipina.


Selain karyanya dengan Incubus, Einziger mendirikan proyek miliknya Time Lapse Consortium pada 2013. Grup ini menampilkan para musisi Incubus Jose Pasillas II dan Ben Kenney (yang bukan anggota Incubus pada saat itu), Neal Evans dari band Soulive, dan kolaborator lama Suzie Katayama yang berkontribusi aransemen alat gesek. Band melakukan pertunjukan debut mereka di The Roxy di LA, dan bermain di Jimmy Kimmel dan Knitting Factory di New York City.

Pada 2003 Einziger berkontribusi untuk album solo debut milik Ziggy Marley, Dragonfly bersama sesama anggota Incubus Chris Kilmore juga Flea dan John Frusciante dari Red Hot Chili Peppers. Einziger memperluas ke bidang video game saat dan rekan bandnya mengerjakan soundtrack untuk game terkenal Halo 2, menulis lagu 26 menit yang juga menampilkan Flea pada trumpet. Pada 2006 Einziger memproduseri album debut “Red Rover” oleh Agent Sparks; sebuah kolaborasi dengan adiknya Benjamin Einziger dan Paul Fried.

Pada 2007, Einziger memproduseri Nighttiming, album debut dari proyek Coconut Records dari teman lama dan mantan drummer Phantom Planet dan aktor Jason Schwartzman. Album ini menampilkan pemunculan oleh Kristen Dunst, Zooey Deschanel, dan Robert Schwartzman, dan direkam di studio rumah milik Einziger di Malibu, CA (Casa Chica).

Mike juga seorang composer aktif, menulis konser orkestra skala penuh pertamanya berjudul “End.>vacuum”, juga dengan “Forced Curvature of Reflective Surfaces”; sebuah komposisi eksperimental yang ditampilkan di “West Coast, Left Coast” Festival di Walt Disney Concert Hall. 

Pada 2009, Einziger membuat orkestrasi dan merekam alat musik gesek tambahan untuk album ketiga Thirty Seconds to Mars, This Is War.

Dia ikut menulis dan memainkan gitar akustik di hit dunia 2013 milik Avicii “Wake Me Up”. Disamping ini, Einziger juga ikut menulis dan memainkan gitar di Lover on the Sun milik David Guetta.

Mike menyebutkan bahwa pengaruh saat awal dia bermain gitar adalah Jimmy Page, Jimi Hendrix, John Frusciante, Steve Vai, Paul Fried dan Frank Zappa. Dia menegaskan “kagum” dengan suara milik Bjork. Mike juga terpengaruh berat oleh musik Black Sabbath dan Metallica.

Dimulai pada 2008, Mike mendaftar sebagai murid khusus yang mempelajari teori musik di Harvard University.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...