Laman

Senin, 20 Juni 2016

CHINO MORENO




Lahir pada tanggal 20 Juni 1973 di Sacramento, California, AS dengan nama Camillo Wong Moreno, dia anak kedua dari 5 orang anak dari ayah asal Meksiko dan ibu dari China. Dia tumbuh di area Oaek Park Sacramento dan belajar di McClatchy High School, dimana dia bertemu dengan Abe Cunningham dan Stephen Carpenter, dimana mereka membentuk Deftones pada tahun 1988. Sebelum menjadi musisi profesional, Moreno memiliki sebuah pekerjaan harian di departemen pengiriman Tower Records.


Dengan teman-teman SMAnya Abe Cunningham dan Stephen Carpenter, Moreno mulai berlatih di garasi Carpenter secara rution setelah 1988. Setelah Chi Cheng bergabung dengan ketiganya, Deftones terbentuk. Dalam waktu dua tahun, grup mulai memainkan pertunjukan klub. Mereka menandatangai kontrak dengan Maverick Records setelah salah satu perwakilan mereka melihat Deftones bermain di Los Angeles. Rilisan album pertama mereka secara komersil adalah Adrenalin (1995), diproduseri oleh Terry Date. Saat album ini bukan kesuksesan instan, tur yang luas, berita dari mulut ke mulut, dan promosi internet membangun basis penggemar setia, juga membantu Adrenalin terjual lebih dari 220.000 buah tanpa single "7 Words" dan "Bored" (juga dengan video musik mereka) menerima penayangan dimanapun. Untuk Around the Fur 1997, band memperluas suara musiknya, menghabiskan beberapa waktu dengan Date, dan memberikan beberapa pemikiran pada produksi album. Rekaman sangat diantisipasi dan membuat Deftones meenjadi terkenal di kancah alternative metal diperkuat oleh pemutaran radio dan MTV untuk single-single "My Own Summer (Shobe It)" dan "Be Quiet and Drive (Far Away)".


White Pony dirilis pada 2000 yang mendapatkan pengakuan kritikus dan kesuksesan komsersil tak terduga. Frank Delgado menjadi anggota band penuh, menambhakan dua elemen pada musik band, sedangkan Moreno sendiri berkontribusi alur gitar selain vokal. Dengan pengaruh dari new wave, dream pop dan trip hop, album ini dianggap titik balik untuk band dalam istilah eksperimentasi. Single-single "Change (in the House of Flies)" dan "Digital Bath" mendukung rilisan album. Sebuah single berjudul "Back to School (Mini Maggit)" dirilis sebagai reinterprtasi terpengaruh rap dari trek penutup White Pony, "Pink Maggit". Menjadi kesuksesan komersil dan favorit penggemar, band membuat publikasinya. White Pony kemudian dirilis ulang dengan "Back to School (Mini Maggit)" sebagai trek pembuka. Untuk lagu "Elite", Deftones menerima Grammy Award for Best Metal Performance pada 2001.

Pada 2001, Moreno mengalami cedera tenggorokan karena seringnya berteriak dan terpaksa membatallaj setidaknya 2 pertunjukan. Dia mengalami pendarahan di kord vokal sebelah kanannya dan kelumpuhan sementara di kord vokal kirinya. Selama beristirahat di tur pendukung mereka, bassis Chi Cheng mengambil peran vokal yang memerlukan teriakan sedangkan Moreno menyanyikan melodi yang lembut dari liriknya, meskipun rekomendasi oleh dokter untuk menunda menyanyi untuk memberi masa pemulihan juga rumor bahwa band akan membatalkan jadwal tur yang tersisa dengan Godsmack dan Puddle of Mudd.


Album Deftones dirilis pada 2003, dan band dipuji untuk perkembangan album yang lebih berat dan orisinalitas di masa pertengahan kurangnya kreatifitas dalam metal kontemporer. B-Side & Rarities dirilis pada 2005, membawa bersama materi yang tidak dirilis dan tertuda sejak 1995. Satirday Night Wrist pada 2006 melengkapi setelah proses rekaman yang berbelit-belit, hampir membuat kepergian Moreno dari band. Setelah pada akhirnya menyelesaikan album pada awal 2006, Moreno menegaskan itu lebih dari pada kompromi diantara semua pengaruh anggota, terentang dari ciri khas brutal dan keras awal mereka seperti pada Adrenalin dan Around the Fur hingga suara yang lebih eksperimental yang terdengar di White Pony dan Deftones. Namun, band mengalami penurunan yang signifikan pada minggu pertama penjualan dibandingkan dengan dua rilisan terdahulu mereka.


Deftones tengah mengerjakan album mereka selanjutnya dengan judul pengerjaan Eros, saat bassis Chi Cheng mengamali cedera parah dalam sebuah kecelakaan mobil pada November 2008, menyisakan hanya sedikit kesadaran dan tetap tidak sadar hingga kematiannya pada April 2013. Pada 2009, grup sudah merekrut Sergio Vega untuk penggantinya dan mengumumkan penundaan dari Eros. Dengan Vega, grup mulai mengerjakan album baru, Diamond Eyes, yang dirilis pada 4 Mei 2010. Album ini merilis single terkenal "Rocket Skates", "You've Seen the Butcher" dan "Diamond Eyes". Pada November 2012, Deftones merilis album studio ketujuh mereka, berjudul Koi No Yokan. "Leathers", "Tempest" dan "Swerve City" keluar sebagai single-nya.


Moreno juga seorang anggota dari grup proyek sampingan Team Sleep, Crosses, Saudade, dan Palms.

Pada tahun 2007, dia berada di peringkat 51 dalam daftar "Top 100 Metal Vocalists of All Time" oleh Hit Parader.


Pengaruh musikal Moreno terdiri dari berbagai gaya dan genre, terutama band-band seperti The Cure, Bad Brains, PJ Harvey, The Smiths, My Bloody Valentine, Cocteau Twins, Duran Duran, The Smashing Pumpkins, Depeche Mode, Helmet, Jawbox, Faith No More, Mr. Bungle, Hum, Kool Keith, Alice In Chains, Tool, Girls Against Boys, Jane's Addiction dan Weezer. Untuk Revolver dia memilih lima rekaman non-metal yang mempengaruhinya: Pornography milik The Cure, No Guitars milik Helium, EP+2 milik Mogwai, Loveless milik My Bloody Valentine dan Siamase Dream milik The Smashing Pumpkins. Dia juga membuat daftar 13 album favoritnya untuk The Quietus, terdiri dari Small Craft on a Milk Sea oleh Brian Eno, Sunset Mission oleh Bohren Und der Club of Gore, album self title Fever Ray, Venus Luxure No. 1 Baby oleh Girls Against Boys, Turn on the Bright Lights oleh Interpol, You'd Prefer An Astronaut oleh Hum, Saturdays = Youth oleh M83, Black Noise oleh Pantha du Prince, Love Deluxe oleh Sade, Talkie Walkie oleh Air, Born to Mack oleh Too Short, The Blue Moods of Spain oleh Spain dan Standards oleh Tortoise.

Dia memiliki 2 putra, Kristian dan Jakobe, dari pernikahan terdahulu dengan Celeste Schroeder. Dia menikah dengan Risa Mora pada 2012 dan memiliki seorang putri dari pernikahan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...