Laman

Jumat, 24 Juni 2016

MICK FLEETWOOD




Lahir pada 24 Juni 1947 di Redruth, Cornwall, Inggris dengan nama Michael John Kells Fleetwood, merupakan seorang musisi dan aktor Inggris, yang dikenal sebagai dramer dan pendiri band rock Fleetwood Mac. Nama belakangnya digabung dengan bassis John McVie untuk membentuk nama band. Fleetwood Mac dinobatkan ke dalam Rock and Roll Hall Of fame pada 1998.

Mick tinggal di Mesir dan Norwegia di sebagian besar masa kecilnya saat ayahnya bekerja dengan Royal Air Force. Memilih untuk mengikuti rasa tertariknya akan musik, Mick pergi ke London pada usia 15 tahun, kemudian bergabung dengan Peter Green, Jeremy Spencer dan Bob Brunning yang membentuk band yang menjadi awal Fleetwood Mac, dimana Mick adalah satu-satunya anggota yang bertahan melalui beberapa perubahan lineup.


Setelah beberapa rilisan album dan perubahan lineup, grup pindah ke AS pada tahun 1974 untuk menambah kesuksesan band, dimana Mick mengundang Lindsey Buckingham dan Stevie Nicks untuk bergabung. Lindsey dan Stevie berkontribusi pada banyak sukses komersil Fleetwood Mac di kemudian hari, terutama album Rumours, dimana determinasi Mick untuk menjaga kebersamaan band.

Setelah tur pendukung untuk album 1979, Tusk, Fleetwood merekam album solo debutnya, The Visitor, yang dirilis pada 1981 dan memperlihatkan ketertarikannya dalam worldbeat. Setelajh album 1982 milik Fleertwood Mac, Mirage, Mick membuat rekaman solo keduanya, I’m Not  Me pada 198, yang menampilkan cameo dari beberapa anggota Fleetwood Mac.


Fleetwood Mack akhirnya melakukan hiatus hingga 1987, saat deklarasi dari Fleetwood yang mengalami kebangkrutan yang menghasilkan album reuni Tango in the Night; bahkan Lindsey Buckingham dibujuk untuk ikut bergabung, walau hanya dalam studio. Bahkan saat lineup klasik band 70an berpisah, Fleetwood mempertahankan versi band tetap berlanjut selama 90an, tanpa menikmati kesuksesan komersil yang besar hingga album reuni penuh The Dance pada 1997.

Sementara itu, dia juga tetap bekerja di proyek luar seperti the Zoo, yang mengedarkan Shakin’ the Cage selama awal 90an. Something Big (sebuah penghormatan untuk the Mick Fleetwood band), sebuah proyek gabungan dengan penulis lagu Todd Smallwood, dirilis pada 2004 di label yang dimiliki Fleetwood, TallMan Records.

Saat Fleetwood Mac bersiap untuk melakukan tur lagi pada awal 2009, Mick merilis album lainnya, kali ini diambil dari penampilan langsung oleh the Mick Fleetwood Blues Band. Berjudul Blue Again!, album dua disk ini menampilkan lagu-lagu berbasis blues dari awal karir Fleetwood juga menambahkan materi asli, dengan mantan vokalis Fleetwood Mac Rick Vito menjabat sebagai frontman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...