Laman

Senin, 20 Juni 2016

MICHAEL ANTHONY




Lahir di Chicago, Illinois, AS pada tanggal 20 Juni 1954 dengan nama lengkap Michael Anthony Sobolewski, dikenal secara profesional sebagai Michael Anthony.

Saat Anthony adalah seorang catcher yang menjanjikan dalam baseball, dia juga berkompetisi di tim lompat jauh Dana Junior High Scholl dan bermain di marching band dari 1967-1969. Dia tertarik dengan gitar saat remaja, tapi malahan bermain bass sejak sebagian besar teman-temannya bermain gitar atau drum. Teman Anthony Mike Hershey memberinya sebuah gitar listrik Fender Mustang yang dirubah Anthony dengan mencopot dua string tertinggi dan memainkannya sebagai bass. Akhirnya, ayahnya membelikannya sebuah salinan Victoria dari Fender Precision Bass dan ampli Gibson. Sebagian besar permainan bass Anthony mirip seperti Jack Bruce dari Cream, tapi juga mengagumi John Paul Jones dari Led Zeppelin dan Harvey Brooks dari Electric Flag. Band pertamanya adalah Poverty's Children. Band lain dimana dia bermain termasuk Black Opal, Balls dan Snake. Walaupun secara alami Anthony kidal, dia bermain dengan tangan kanan.

Snake, grup beranggotakan tiga orang menampilkan Anthony pada vokal utama dan bass, adalah band terakhir dimana Anthony bermain sebelum bergabung dengan Van Halen. Snake memainkan cover dari ZZ Top, Lynyrd Skynyrd, dan Foghat, bersama dengan beberapam lagu asli. Mereka memainkan beberapa jenis pertunjukan yang sama dengan band Van Halen bersaudara Mammoth. Snake bahkan pernah membuka untuk Mammoth di sebuah pertunjukan di Pasadena High School. Perangkat Mammoth rusak malam itu, maka Anthony meminjamkan mereka perangkat Snake.


Saat belajar di Pasadena City College, Anthony mengambil gelar dalam musik. Eddie Van Halen juga mengambil kelas disana dan mereka saling bertemu di kampus. Selama waktu ini, pemain bass Mark Stone berpisah dengan Mammoth dan Van Halen bersaudara memutuskan untuk mengaudisi Anthony sebagai pengganti. Anthony sangat terkesan dengan keterampilan mereka selama sesi latihan berikutnya meskipun dia pernah melihat kedua bersaudara itu bermain sebelumnya. Setelah sesi itu, Van Halen bersaudara meminta Anthony bergabung dengan band mereka. Satu cerita menegaskan bahwa dia harus memikirkannya dan berkonsultasi dengan gitaris Snake Tony Caggiano yang menyarankan Anthony untuk bergabung dengan Van Halen. Namun, menurut situs Michael Anthony, saat dia diminta untuk bergabung dengan Mammoth, Anthony segera mengiyakan. Ini menjadi versi yang bisa diterima dari peristiwa ini.

Pada 1974, Eddie Van Halen, Alex Van Halen, David Lee Roth dan Anthony dikenal sebagai Van Halen, mengganti nama Mammoth saat mereka mengetahui band lokal lainnya menggunakan nama itu. Mereka menandatangani kontrak  dengan Warner Brothers pada 1977 dan merilis album debut self title mereka pada 8 Februari 1978. Band merilis total 10 album studio dari 1978-1995 dan sebuah album live pada 1993. Juga ada dua kompilasi yang dirilis, dengan menggabungkan total lima lagu baru, selama jabatan Anthony dengan band.


Selama waktunya di Van Halen, Anthony juga berkolaborasi dengan adiknya Robert Lee Soboleski, memproduksi sebuah demo pada 1988 untuk band Robert, Asylum Suite, yang dibentuk pada 1984 yang juga menampilkan penyanyi Michael Thomas Fiore.

Anthony menikah dengan istrinya Sue sejak 1981. Keduanya bersekolah di Arcadia High School dan mereka memiliki 2 putri: Elisha (lahir 1985) dan Taylor (lahir 1992). Anthony dan keluarganya tinggal di Newport Beach, California.

Pada awal 1996, rumor secara periodik mengemuka bahwa Anthony dipecat dari Van Halen. Meskipun menegaskan sebaliknya, dia tetap bekerja dengan band. Rumor ini bertahan hingga kepergian akhirnya setelah tur reuni 2004 dengan Hagar.


Keterlibatan Anthony dalam rekaman album 1998 Van Halen III secara dramatis berkurang dibandingkan album sebelumnya. Anthony bermain bass hanya pada 3 lagu, dengan Eddie Van halen memainkan bagian bass untuk sisanya. Anthony dikreditkan sebagai penulis lagu untuk album bersama anggota band lainnya, seperti pada album Van Halen lainnya. Anthony tampil dengan band untuk tur 1998, dan dikreditkan pada pesan untuk band setelahnya. Dia berpartisipasi di tiga reuni band dengan David Lee Roth pada 2000 dan 2001. Nama Anthony juga dikreditkan dalam sedikit berita band dan muncul di wawancara band selama waktu ini. Suatu ketika pada waktu ini, Anthony menghilang dari pandangan publik hingga reuni 2004.

Dalam wawancara, Eddie dan Alex Van Halen menyarankan mereka melatih dan menulis/merekam materi baru selama priode waktu ini tapi muncul untuk mengerjakannya tanpa Anthony.

Anthony mulai muncul berkala dengan Sammy Hagar selama tur solonya. Dia biasanya bermain sebagai bagian dari The Waboritas dan Los Tres Gusanos, dua band Hagar. Selama tur David Lee Roth/Sammy Hagar pada 2002, baik Michael Anthony dan mantan vokalis Van Halen Gary Cherone membuat pemunculan tamu di monser, kadang-kadang bersama.

Pada 2002, Anthony, Hagar, Neal Schon, Deemn Castronovo, dan Joe Satriani membentuk "supergroup" Planet Us dan Anthony mulai sering tampil di konser Sammy Hagar. Planet Us Merekam dua lagu, termasuk "Psycho Vertigo," yang akan dimasukkan di soundtrack asli Spider-Man taoi akhirnya tidak jadi. Hal itu dan lagu Planet Us lainnya ditulis untuk band, "Peephole", kemudian dirilis di album solo Sammy Hagar 2008, Cosmic Universal Fashion.

Awalnya saat Eddie dan Alex meminta Hagar untuk bergabung kembali pada akhir 2003 untuk tur 2004, rencananya adalah tidak mengundang Anthony kembali. Namun, Hagar menolak untuk tampil jika Anthony tidak ikut lagi, dan Anthony untuk bermain tapi dengan kontrak royalti yang berkurang. Kontrak disetujui hanya untuk durasi tur itu. Selama waktu ini, dan selama periode Van Halen III, publik tidak tahu dengan status jabatan Anthony dan tetap percay6a bahwa dia masih anggota penuh.

Pada 2004, Van Halen merilis album kompilasi The Best of Both Worlds yang menampilkan tiga lagu baru. Anthony tidak berpartisipasi dalam penulisan atau permainan bass di lagu baru dan tidak dikreditkan dalam album untuk materi baru, walaupun dia menyanyikan vokal latar pada ketiga lagu tersebut.

Anthony kini menyatakan dalam media wawancara bahwa dia tidak berbicara dengan Van Halen bersaudara sejak tur 2004, kecuali pada Alex Van Halen di pemakaman teknisi drum Van Halen, Greg Emerson. Dia juga berspekulasi bahwa sejak kedua bersaudara itu tidak suka dengan keterlibatan komersil Hagar seperti lini prodduk Cabo wabo, ketidaksukaan mereka yang sama dengan produk saus pedas Anthony, Mad Anthony, yang menyebabkan keretakan yang pada akhirnya memisahkan Hagar dan Anthony dari band.

Anthony menghabiskan musim panas dengan tur 2006 sebagai anggota dari The Other Half selama segmen dari tur Sammy Hagar and the Waboritas. The Other Half menampilkan Anthony dan Hagar membawakan lagu Van Halen klasik dari periode Roth dan Hagar.

Pada 8 September 2006, Eddie Van Halen mengumumkan bahwa putranya Wolfgang Van Halen menggantikan Anthony sebagai pemain bass Van Halen. Pada 2 Februari 2007, Van Halen mengumumkan bahwa mereka melakukan reuni untuk sebuah tur dengan vokalis asli David Lee Roth. Tur mereka dimulai pada 27 September 2007. Anthony berkomentar bahwa dia mendengar tentang penggantiannya "on the internet" dan menambahkan, "I'm little miffed that they're calling it a Van Halen reunion. Jika saya mati dan mereka memerlukan seseorang untuk bermain, itu hal lain, tapi bagi saya ini bukan sebuah reuni." Di konferensi pers tur David Lee Roth menyatakan "ini bukan sebuah reuni, ini adalah sebuah reformasi".

Anthony bergabung dengan mantan rekan sebandnya Sammy Hagar di TV nasional live pada 25 Februari 2007. Selama penampilan sebelum balapan untuk California NASCAR di tv Fox, Anthony naik panggung dan bergabung dengan Sammy Hagar selama penampilan dari "I Can't Drive 55".


Anthony dan Hagar adalah mantan atau anggota saat ini, yang muncul di pelantikan Van Halen ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada 12 Maret 2007. Eddie Van Halen sedang dalam rehab pada saat itu, dan Alex Van Halen dan David Lee Roth menolak untuk hadir.


Anthony adalah anggota pendiri dan bassis serta vokalis latar untuk band Chickenfoot dengan Sammy Hagar, drumer Red Hot Chili Peppers Chad Smith dan gitaris Joe Satriani. Band merilis album studio pertama mereka di Eropa pada 5 Juni 2009, diikuti oleh rilisan Amerika Utara pada 9 Juni. Tur dunia secara resmi dimulai pada 14 Mei 2009, di Seattle, Washington di El Corazon. Chickenfoot merilis tindak lanjut mereka, Chickenfoot III pada 27 September 2011.


Anthony adalah bagian dari supergrup baru milik Hagar, The Circle pada 2014, bersama dengan gitaris Vic Johnson dan drumer Jason Bonham.

Dia terkenal karena aksi panggungnya yang antik, solo bassnya dengan efek, sejumlah bass gitarnya yang berbentuk botol wiski Jack Daniels. Dia juga memilik seri signature bass gitar Yamaha. Secara keseluruhan dia memiliki 150 buah bass gitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...