Laman

Jumat, 24 Juni 2016

EMPPU VUORINEN




Lahir pada 24 Juni 1978 di Kitee, Finlandia dengan nama Erno Matti Juhani Vuorinen, adalah gitaris, anggota pendiri dan penulis lagu dari band symphonic metal Nightwish. Dia anak tertua dari lima bersaudara, mempunyai seorang saudara kembar dan tiga adik perempuan. Dia mulai bermain gitar sebagai murid prifat pada usia 12 tahun dan sejak itu bermain di berbagai band seperti Nightwish, Brother Firetribe, Barilari, Almah, dan Altaria.

Dia sebenarnya adalah seorang pemain ritem, sering mendukung bagian kibor dan orkestra dari lagu-lagu Nightwish. Akan tetapi, dia bermain melodi utama dan solo juga. Teknik solonya antara lain alternate picking, tapping, sliding, legato, dan minor extreme whammy bar; dia juga menggunakan sweep picking, walaupun jarang. Solo-solonya lebih melodik dibandingkan kebanyakan band metal, tapi dia terkadang memainkan shred (terutama dalam “Nightquest,” “The Pharaoh Sails to Orion,” “Romanticide,” dan “Gethsemane” oleh Nightwish, dan juga di “Traitor” oleh Tarot, dimana dia mengisi solo). Tiga album pertama Nightwish menampilkan jumlah besar karya gitar utama dari Emppu dibandingkan album-album mereka selanjutnya. Vuorinen membuat tuning gitar studionya dalam D tuning sejak perilisan Century Child – hingga saat tuning gitarnya beralih ke standar. Selama konser, dia memiliki dua gitar – masing-masing untuk tiap tuning.



Vuorinen juga tenaga kreatif dalam Nightwish, sudah ikut menulis lagu dengan Tuomas Holopainen dari Oceanborn hingga Dark Passion Play. Lagu Whoever Brings The Night di Dark Passion Play ditulis oleh Vuorinen sendiri.



Emppu merekam bagian gitar untuk Almah, sebuah band metal Brasil, untuk membantu temannya dan vokalis Edu Falashi (mantan penyanyi Angra). Emppu tidak bertahan dengan band karena kewajibannya ke Nightwish. Dia juga terlibat dengan Brother Firetribe, sebuah band AOR, yang hingga 2008 sudah merilis tiga album secara keseluruhan: “False Metal” (dirilis ulang sebagai “Break Out”), “Heart Full of Fire” dan “Diamond In The Firepit”.


Dia sering disebut sebagai "the short one" atau "the hobbit" saat berada diantara anggota band atau penggemar, karena tingginya hanya 5’3” (162 cm).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...