Laman

Rabu, 29 Juni 2016

DON DOKKEN




Lahir dengan nama Donald Maynard Dokken pada 29 Mei 1953 di Los Angeles, AS,  dikenal sebagai penyanyi utama, dan pendiri band Dokken. Dia dikenal dengan suaranya yang mempunyai vibrato, gaya vokal melodik yang membuatnya menjadi sosok berpengaruh di skena hard rock dan heavy metal Amerika. 

Pada akhir 1970an, Don Dokken bermain di band asal Los Angeles bernama Airborn, dan memiliki kesempatan untuk mendapatkan kontrak rekaman di Jerman. Setelah melihat band Xciter, dan rekan band masadepan George Lynch dan Mick Brown, dia mengetahui bahwa mereka akan melengkapi band yang akan mendapatkan kontrak rekaman. Walaupun Lynch dan Brown tidak tertarik untuk bergabung dengan dia saat dia pertama menghubungi mereka, dia pergi ke Jerman. Don, dengan bantuan salah satu lagu Xciter, mendapatkan kesepakatan rekaman, dan dia akhirnya meyakinkan Lynch dan Brown, bersama dengan bassis Juan Croucier, untuk bergabung dengannya di Dokken tidak lama setelah dia menerimanya.


Selama waktunya di Jerman, Dokken berteman dengan band Jerman Scorpiosn, dan menyanyi dengan mereka di latihan untuk album Blackout saat vokalis utama Klaus Meine dirawat untuk pita suaranya. Meine pulih dan kembali untuk merekam album itu, walauoun vokal latar milik Dokken tetap ada di beberapa lagu.


Pada 1983, Amerika merilis album Dokken pertama, Breaking the Chains yang mendapatkan penerimaan lumayan. Namun, Juan Croucier meninggalkan band untuk bergabung dengan Ratt. Jeff Pilson dibawah masuk untuk rilisan kedua mereka, Tooth and Nail, dan pada saat ini para penggemar metal dan kritikus mulai memperhatikan band ini. Vokal Don yang melodic dan kuat, ditambah dengan permain gitar Lynch, membawa Dokken mejadi terkenal secara nasional.


Namun, pada akhir 1980an ketegangan pribadi antara Dokken dan Lynch mengganggu kelangsungan band. Pada 1988, setelah tur Monsters of Rock dan sebuah album platinum, Don Dokken memutuskan untuk membubarkan band dan mereka pergi ke arah yang berbeda. Awalnya Dokken ingin berlanjut dengan nama Dokken, tapi sejak Lynch memiliki kepemilikan sebagian, dia terpaksa mengeluarkan album berikutnya dengan nama Don Dokken, dan dikenal seagai albumn solo pertamanya. Album itu berjudul Up from the Ashes, dirilis pada 1990, dan sangat mirip dengan katalog Dokken. Proyek ini adalah supergrup singkat, terdiri dari gitaris John Norum dari Europe dan Billy White dari Watchtower, bassis Peter Baltes dari Accept, dan drummer Mikkey Dee dari King Diamond dan Motorhead.


Baik Dee dan Baltes sebelumnya adalah anggota Dokken selama akhir 1970an untuk periode yang singkat. Dua video musik dibuat untuk single-single “Mirror Mirror” dan “Stay”. Juga, selama aakhir 1980an dan awal 1990an, Don meluangkan waktu sebagai produser untuk band metal XYZ.


Dia juga membuat sebuah pemunculan tamu di album Spirit of Live milik band metal peogresif Jerman Vanden Plas sebagai vokalis untuk penampilan live mereka untuk “Kiss of Death” milik Dokken denganversi studionya dapat ditemukan di album “Far Off Grace” milik Vanden Plas.

Sekitar akhir 1993, Don mulai berbicara dengan Mick Brown, yang baru saja meninggalkan grup baru George Lynch, Lynch Mob. Mereka bergabung dengan Jeff Pilson, dan mulai menulis lagu baru. Pada 1994, mereka mengirim apa yang mereka tulis pada George Lynch, yang tertarik dengan materi itu. Bersama, mereka memutuskan untuk melakukan reuni dan tur lagi. Reuni ini berlangsung selama tiga tahun dan menghasilkan dua album Dokken, dan sebuah disk live akustik dan sebuah konser live penuh yang direkam di Jepang pada 1995.


Pada akhir 1990an, Dokken kembali berpisah dengan George Lynch, memasukkan gitaris Reb Beach, dan kemudian memulai sebuah era baru dengan gitaris John Norum setelah kepergian dari Reb Beach. Kerjasama itu tidak berlangsung lama saat Norum pergi secara cepat untuk melakukan reuni dengan Europe. Norum secara singkat digantikan oleh gitaris Italia Alex De Rosso untuk tur hingga Don merencanakan untuk menemukan pengganti permanen dan pada 2003 gitaris/pengacara Jon Levin mengisi posisi itu dimana dia berlanjut hingga hari ini disamping Don.

Sejak 1994, Don sudah merilis enam album studio, dua album live, sebuah album Greatest Hits, juga dua DVD pertama mereka. Don Dokken merilis sebuah album solo baru berjudul Solitary pada 2008 dan Dokken merilis sebuah album baru berjudul Lightning Strikes Again selama tahun yang sama itu. Pada 1 Maret 2010, album greatest hits kedua band Dokken, berjudul dengan singkat Greatest Hits, secara digital dirilis ke iTunes dan Amazon.com. album fisik dengan lagu tambahan dirilis dari King Records (Jepang) pada 21 April 2010 dan akan tersedia di AS melalui Cleopatra Records pada tanggal selanjutnya.

Pada 22 September 2010, dalam sebuah wawancara dengan BraveWords.com, Don Dokken mengungkapkan bahwa dia akan menjalani operasi vokal, untuk menghilangkan masalah yang menimpa kord vokalnya. Pada 4 Februari 2011 di Anchorage, Alaska adalah pertunjukan pertama Dokken sejak operasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...