Laman

Sabtu, 25 Juni 2016

DAVID PAICH




Lahir pada 25 Juni 1954 di Los Angeles, adalah seorang kibordis, penyanyi, komposer, produser rekaman, dan penata musik pemenang Grammy dan Emmy Award, yang dikenal sebagai anggota band Toto. Dengan Toto, dia telah merilis 17 album dan menjual lebih dari 30 juta rekaman. Selain itu, dia telah ikut menyumbangkan penulisan lagu dan menata musik dengan Boz Scaggs pada 1970-an dan Michael Jackson pada 1980-an.


Dia merupakan putra dari komposer jazz, musisi dan penata musik Marty Paich.


Seorang penulis yang produktif pada beberapa lagu yang masuk ke chart, Paich menulis atau menulis bersama pada lagu-lagu seperti “Hold the Line”, “99”, “Lowdown”, “Lido Shuffle”, “Georgy Porgy”, “Rosanna”, “Hydra”, “Holyanna”, “Pamela”, “Got to Be Real”, dan “Lady Love Me (One More Time”. Dia juga menampilkan vokal utama pada hit Toto “Africa”, “Lovers in the Night” dan “Stranger in Town”.


David bersama Toto hingga dibubarkan pada 2008, walaupun dia tidak ikut melakukan tur secara luas dengan band pada beberapa tahun terakhir. Kibordis sesi Greg Phillinganes bergabung dengan Toto pada tahun 2004 sebagai kibordis tambahan untuk jadwal studio maupun tur. Pada 2010, David tampil kembali dengan Toto, dan dia saat ini merupakan pemain kibor disamping Steve Porcaro.


Dia memiliki kredit penulisan bersama dengan Boz Scaggs pada lagu-lagu “What Can I Say”, “Lowdown”, dan “Lido Shuffle” dari album multi-platinum Silk Degrees, dan terkadang masih bermain kibord dengan band milik Boz Scaggs. Sebagai penulis lagu dia menulis atau ikut menulis untuk Cher, (The) Jacksons, Andy Williams, George Benson, Glen Campbell, Jon Anderson (Yes), dan Chicago. Sebagai aranjer dia bekerja untuk Michael Jackson, Rod Stewart, Patti Austin, Donna Summer, Doobie Brothers dan banyak lagi.


Pada awal dan pertengahan 80an, Paich sering bekerja dengan produser terkenal Quincy Jones dan David Foster. Paich adalah bagian dari grup sesi di album Thriller milik Michael Jackson. Dia memainkan piano, sintesizer, dan sedikit mengerjakan aransemen synth dan ritem.


Pada 1989, Paich memproduseri dan mengaransemen lagu nominasi Oscar “The Girl Who Used To Be Me”, ditulis oleh Marvin Hamslichg dan Alan & Marilyn Bergman, untuk film Shirley Valentine.


Sebagai seorang musisi sesi Paich sudah bermain pada sejumlah soundtrack dan pada album oleh banyak artis, termasuk album Rich Man’s Woman milik Elkie Brooks; lagu “Please Forgive Me” milik Bryan Adams; lagu-lagu Michael Jackson “Earth Song”, “The Girl Is Mine”, “Heal the World’, “Stranger in Moscow” dan “I Just Can’t Stop Loving You”; dan lagu USA for Africa “We Are the World”, juga bekerja dengan Aretha Franklin, Boz Scaggs, Quincy Jones, Don Henley, Diana Ross, Doobie Brothers, Neil Diamond, Sealsand Crofts, Steely Dan, Elton John, Joe Cocker, Rod Stewart, Cher, Randy Newman, Brothers Johnson dan Pink.


David Paich bepergian ke Cina dimana dia mengerjakan kompoisi musik tema untuk the 2008 Summer Olympics. Pada 2009, dia menyanyikan lagu hit “Africa” di penghargaan Millinnium Development Goals di New York dan ikut memproduseri sebuah lagu baru untuk George Benson. Paich terlibat dengan the 61st Primetime Emmy Awards sebagai produser musik dan kibordis untuk band diatas panggung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...