Laman

Selasa, 07 Juni 2016

DAVE NAVARRO




Lahir pada tanggal 7 Juni 1967 di Santa Monica, California, AS dengan nama lengkap David Michael Navarro, dari James Raul Navarro dan Constance Collen Hopkins. Kakek dari pihak ayah Dave adalah imigran Meksiko. Orangtuanya bercerai saat dia masih muda, dan Navarro tumbuh sebagai anak tunggal, hidup dengan ibunya. Dia mengenal piano saat dia berusia 6 atau 7 tahun tapi beralih ke gitar sekitar usia 11 tahun setelah ayahnya menemukan sebuah akustik gitar untuknya di sebuah obral. Navarro segera mengenal beragam artis musik rock, dan menemukan dirinya dibawah pengaruh para musisi seperti Jimi Hendrix, Jimmy Page dan Eric Clapton.

Navarro kemudian mulai memainkan gitar listrik, dan ketertarikan musiknya bercabang ke musik alternatif, seperti Bauhaus dan Siouxsie and the Banshees. Di SMA, Navarro meneruskan untuk mengambil pelajaran gitar dari para gitaris dari setiap genre, dari speed metal ke rock ke alternatif, sambil membangun gayanya sendiri. Pada saat itu, dia juga bertemu dengan Stephen Perkins, rekan Jane's Addiction masa depannya. Navarro dan Perkins membentuk sebuah band dan bermain di klub lokal secara singkat dibawah nama Dizastre.

Tahun-tahun tersebut juga menandakan tragedi pribadi untuk Navarro. Pada Maret 1983, ibunya dibunuh oleh mantan pacarnya, John Riccardi dan Dave pada akhirnya pindah dengan ayahnya dan menanggulangi kehilangannya melalui musiknya. Dia juga akhirnya memakai narkoba dan segera menemukan dirinya berjuabg di sekolah. (Pembunuhan ibunya menjadi berita selama bertahun-tahun hingga acara tv America's Most Wanted menampilkan cerita ibunya, yang membawa pada penangkapan mantan pacar ibunya pada 1991 dan dihukum pada 1996.) Navarro dikeluarkan dari sekolah sebelum dia lulus, tapi pada 1986 kehidupannya mulai berubah ke arah yang lebih baik.

Stephen Perkins ada di sebuah band bernama Jane's Addiction dengan penyanyi/penulis lagu Perry Farrell, dan mereka memerlukan seorang gitaris. Setelah bermain dengan band beberapa kali, Dave Navarro masuk band pada 1986, dan lineup Jane's Addiction yang akan mengguncang dunia sudah lahir. Tahun itu juga, Jane's Addiction mendapatkan kesempatan besar mereka saat Love and Rockets mendengar salah satu dari rekaman mereka dan mengundang mereka untuk membuka mereka pada tur 1987 mereka.


Jane's Addiction merilis album live self title mereka pada 1987, yang menciptakan kesempatan untuk band, dan sebelum mereka mengetahuinya, sebuah perang tawaran untuk mengontrak mereka terjadi diantara label rekaman. Band menandatangani kontrak dengan Warner Bros. Records dan merilis Nothing's Shocking pada 1988. Album ini mendapatkan kesuksesan dan menjadi salah satu yang menentukan musik rock pada saat itu.

Dua tahun kemudian, band merilis Rutual de lo Habitual yang mendapatkan kesuksesan, tapi band sudah mulai terpecah karena penggunaan narkoba dan konflik pribadi. Sebagai bagian dari tur untuk mempromosikan album baru mereka, Perry Farrell mendirikan Lollapalooza festival, menampilkan Jane's Addiction dan band-band seperti Siouxsie and the Banshees, Living Colour, Nine Inch Nails, dan Ice T & Body Count. Setelah tur Lollapalooza, Jane's Addiction memainkan pertunjukan terakhir mereka pada September 1991, saat tekanan, kecanduan narkoba dan benturan ego menghancurkan band.


Saat Jane's Addiction bubar, Navarro tetap menyibukkan diri bermain dengan para musisi lain, yang menonjol muncul di Further Down the Spiral milik Nine Inch Nail dan Jagged Little Pill milik Alanis Morrissette. Navarro memiliki niat untuk bergabung dengan Guns N' Roses, tapi saat hal itu gagal, dia bergabung dengan Red Hot Chili Peppers, melakukan debut live dengan mereka di Woodstock '94. Dia hanya merekam satu album dengan Red Hot Chili Peppers, One Hot Minute pada 1995, yang sukses tapi tidak pernah secara penuh medapatkan perhatian. Navarro bergabung dengan Jane's Addiction untuk sebuah tur AS singkat pada 1997 dan meninggalkan Red Hot Chili Peppers tidak setelah menyelesaikan tur, dan menanggap RHCP tidak cocok baginya.

Pada 2001, Jane's Addiction sekali lagi melakukan sebuah tur reuni dan kali ini merilis sebuah album, Strays. Tahun itu juga Navarro mengeluarkan Trust No One, album debut solonya. Band melakukan tur hingga 2003 tapi bubar lagi pada 2004, karena benturan ego sebelumnya sebagai alasan. Navarro juga tampil dengan Michael Jackson, Camp Freddy. Dia juga menjadi cameo di video musik "Bringin' on the Heartbreak" milik Mariah Carey.


Tidak pernah berhenti, Jane's Addiction bermain bersama beberapa kali pada tahun-tahun selanjutnya, dimulai di New Music Express pada 2008 dan meneruskannya dengan sebuah gig pembuka untuk Nine Inch Nails tahun berikutnya. Pada 2011, mereka merekam sebuah album lain, The Great Escape Artist, dan melakukan tur untuk mempromosikannya.

Saat tidak dengan Jane's Addiction, Navarro membentuk atau bermain dengan beberapa band sampingan, diantaranya Porno for Pyros (dengan Farrell), the Panic Channel dan Banyan. Dia juga muncul di beberapa acara tv, mejadi pembawa acara Rock Star: INXS, Rock Star: Supernova dan acara tato Ink Master. Dia sudah menerbitkan sebuah memoir, Don't Try This at Home (2004), dan membintangi seri tv realitas, 'Til Death Do Us Part: Carmen and Dave, berdasarkan pernikahannya dengan model Carmen Electra (22 Nopember 2003-20 Februari 2007). Sebelumnya Navarro menikah dengan Tania Goddard (1990-1993) dan Rhian Gittins (15 Oktober-20 Oktober 1994).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...