Laman

Senin, 13 Juni 2016

MICHAEL VESCERA




Lahir pada 13 Juni 1962 di Connecticut, USA dengan nama Michael Anthony Vescera. Dia mulai mendapatkan popularitas pada usia 18 tahun saat menjadi vokalis untuk Obsession. Sebagai seorang pianis terlatih, Vescera memilih jalan sebagai seorang frontman heavy metal dibandingkan Julliard. Dengan Obsession Vescera sudah merilis album: Marshall Law EP (1983), Scarred for Life (1986), Methods of Madness (1987), Carnival of Lies (2006), dan Order of Chaos (2012).

Sejak itu, karir Vescera terbentang luas di berbagai band dan proyek seperti Loudness (Soldier of Fortune-1989, On the Prowl-1991, Live at the Budokan), Yngwie Malmsteen (The Seventh Sign-1994, Magnum Opus-1995), Dr. Sin (Dr. Sin II-2000), Roland Grapow (Kaleidoscope-1999), Palace of Black (Palace of Black-2002), Safe Haven (Safe Haven-2004), Stygia atau bandnya sendiri MVP (Mike Vescera Project), yang sudah merilis empat buah album studio.


Dalam suatu wawancara dengan MyGlobalMind, Vescera mengatakan dia terpengaruh oleh beberapa penyanyi seperti Ronnie James Dio, Freddy Mercury dan Rob Halford.

Selain menjadi seorang vokalis, Vescera juga bekerja sebagai produser rekaman: kolaborasinya termasuk artis-artis seperti Metal Mike Chlasciak dan Bobby Jarzombek (Halford, Sebastian Bach) dan album Pain Museum mereka, Bobby Blotzer (Ratt) dan John Corabi (Motley Crue, Scream) Twenty4Seven, album Magnitude Nine-Decoding the Soul (2004), Reign of Terror (menampilkan Joe Stump) dan Killing Machine (menampilkan Stet Howland dan Mike Duda dari W.A.S.P.). Michael memiliki studio sendiri The Toy Room” di Nashville, Tennessee juga sebuah studio satelit “Toy Room North” di Milford, Connecticut. Pada 2008, dia merilis album solo A Sign of Things to Come.


Pada 2009, Vescera bergabung dengan Warrion, sebuah band yang berdiri pada 2009. Band ini terdiri dari bassis Keith Knight, drumer Rob Brug serta gitaris ritem Tim Thomas dan gitaris utama Ron Ravi Warrion. Dengan band ini Vescera sudah merilis sebuah album, Awakening the Hydra, pada 2013. Pada 2010 dia bergabung dengan Fatal Force dan sudah merilis album Unholy Rites (2012).

Vescera meng-cover “Get a Life” oleh Siam Shade untuk album penghormatan 2010, Siam Shade Tribute. 


Di pertengahan 2011, sambil juga meneruskan band miliknya Obsession, Mike bergabung dengan Animetal USA (Sony Music), memainkan versi heavy metal dari lagu-lagu tema anime Jepang, meneruskan langkah proyek Animetal Jepang. Proyek ini menampilkan Rudy Sarzo (Quiet Riot, Ozzy Osbourne, Dio, Whitesnake) pada bass, Scott Travis (Racer X, Judas Priest) pada drum, dan Chris Impellitteri pada gitar. Pada 2012 Travis digantikan oleh Jon Dette (Testament, Anthrax, Iced Earth, Killing Machine, Slayer). Mereka sudah merilis album: Animetal USA (2011) dan Animetal USA W (2012).

Pada 2012, dia berkolaborasi band Soveriegn, yang dikomandani oleh gitaris Samir Mhamdi menampilkan semua vokal di album Warring Heaven.


Pada 2013, Barry Sparks menghubungi Vescera dan memintanya untuk berkolaborasi pada proyek “great melodic hard rock album” dengan pengaruh musik dari band-band seperti Led Zeppelin, Deep Purple, Rainbow, Rhin Lizzy, Rush dan The Who. Sparks dan Vescera pernah bermain bersama saat mereka bergabung dengan band Yngwie Malmsteen pada 1993. Proyek ini diberi nama Riot On Mars. Kini Riot On Mars, telah merilis album debutnya, “First Wave” pada 2015.

Pada 2015, Vescera melakukan tur sebagai bagian dari proyek "Metal Singers". Proyek ini, selain Vescera juga menampilkan para vokalis seperti Blaze Bayley (Wolfsbane, mantan Iron Maiden), Udo Dirkschneider (Accept) dan Tim Owens (Judas Priest, Yngwie Malmsteen, Iced Earth). Di tahun yang sama, dia memainkan pertunjukan khusus dengan mantan rekan sebandnya di Loudness di Loud Park 2015 di Jepang. Proyek ini diberi nama Soldier Of Fortune, yang memainkan lagu-lagu dari masa Vescera di Loudness.

Vescera juga menjadi vokalis tamu di beberapa band seperti: Empires of Eden (band asal Australia), Signum Regis (band asal Slovakia), Silent Voices (band asal Finlandia) dan Soulspell (band asal Lencois Paulista, Sao Paulo, Brasil).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...