Laman

Kamis, 30 Juni 2016

PHIL ANSELMO




Lahir dengan nama Philip Hansen Anselmo pada 30 Juni 1968 di New Orleans, Louisiana, AS. Dia memiliki keturunan Denmark, Italia dan Perancis. Dia belajar di banyak sekolah, yang terakhir adalah Grace King High School yang berlokasi di wilayah Metaire. Ayah Anselmo, Phil, memiliki dan mengoperasikan sebuah restoran di Metairie bernama Anselmo’sm yang tutup pada saat Hurricane Katrina. Anselmo mengatakan dalam berbagai wawancara bahwa dia sangat pendiam dan tertutup saat masih anak-anak. Dia menghabiskan sebagian waktu bekerja di kapal pemancingan saat remaja. Pada usia 14 tahun, Anselmo secara tidak sengaja menyulut api di rumah orangtunya saat membuat lelucon pada adik perempuannya. Insiden ini berakibat kerusakan karena asap pada sebagian besar perabotan dan sebagian rumah memerlukan renovasi.

Saat masih remaja, Anselmo bergabung dengan band Samhain (jangan bingung dengan band milik Glenn Danzig, Samhain). Dari awal hingga pertengahan 80an, Anselmo adalah anggota dari band Razor White. Disamping mereka memiliki materi asli, mereka sering memainkan cover dari Judas Priest.


Pantera adalah sebuah band yang tidak memiliki kontrak, dengan tiga album yang dirilis sendiri dengan nama mereka. Pada 1986, band memutuskan untuk mengganti penyanyi Terrence Lee, yang menonjol sebagai penyanyi glam metal, karena mereka akan menuju arah yang berbeda secara musikal. Mencarei seorang frontman baru untuk meneruskan arah yang lebih berat, band diarahkan pada Anselmo yang berusia 19 tahun. Pada 1987, setelah beberapa pertemuan, Anselmo ditambahkan ke lineup Pantera. Band sangat terkesan dengan Anselmo saat mereka merekam ulang beberapa vokal Terrence Lee untuk rilisan mereka berikutnya. Anselmo pindah ke Texas untuk merekam Power Metal, yang dirilis pada 1988 di label rekaman milik band, Metal Magic Records. Mengikuti rilisan dari Power Metal, band merubah citra glamnya dan mengadopsi tampilan yang lebih kasual. Pantera merekam album Cowboys from Hell pada 1990, dan tur yang panjang dimulai. Band mendokumentasikan bagian tur ini pada video rumah pertama mereka, Cowboys from Hell: The Videos, dirilis pada 1991.

Pada 1992, Pantera merekam Vulgar Display of Power. Tahun yang sama itu, Pantera merilis sebuah promo berjudul Hostile Mixes yang berisi empat lagu, tiga diantaranya adalah remix. Dua remix pertama dikerjakan oleh Justin K. Broadrick dari Godflesh dan yang terakhir oleh J.G. Thirlwell dari Foetus. Pada 1994, Pantera merilis Far Beyond Driven, yang melakukan debut di No. 1 di AS. Pada akhir Juni, Anselmo dituduh dengan penyerangan mengikuti perselisihan dengan petugas keamanan saat penggemar dilarang mendekati panggung. Anselmo dibebaskan dengan jaminan $5.000 hari berikutnya. Sidang ditunda tiga kali. Pada Mei 1995, dia meminta maaf di pengadilan, mengaku bersalah karena berniat untuk menyerang, dan dihukum dengan 100 jam dalam pelayanan umum.

Pada 1996, Pantera merilis album studio kelima mereka dengan Anselmo, berjudul The Great Southern Trendkill. Anselmo merekam trek vokal untuk album ini di New Orleans sedangkan anggota lain merekam di Texas, terutama karena ketegangan yang meningkat antara Anselmo dan anggota band lainnya. Pada 1997, Pantera merilis album live resmi pertama dan satu-satunya milik mereka berjudul Official Live: 101 Proof. Albu ini berisi dua lagu baru “I Can’t Hide” dan “Where You Come From”. Pada 2000, Pantera merilis album studio final mereka, berjudul Reinventing the Steel. Setelah melakukan tur untuk mempromosikan album itu, Pantera melakukan hiatus pada 2001. Pada 2003, Pantera merilis sebuah album best-of, The Best of Pantera: Far Beyond the Great Southern Cowboys’ Vulgar Hits! (berjudul Reinventing Hell: The Best of Pantera di Eropa). Album ini menampilkan lagu-lagu dari lima album studio dengan Anselmo, dan juga menyertakan tiga trek cover, “Planet Caravan” dan “Hole in the Sky”, ditulis oleh Black Sabbath; dan “Cat Scratch Fever”, ditulis oleh Ted Nugent. Sebuah DVD bonus juga dibuat, berisi semua video musik milik band. Kemudian tahun itu, Pantera dibubarkan karena masalah komunikasi dan tuduhan bahwa Anselmo sudah menelantarkan band.


Mengikuti pembubaran itu, Anselmo mencurahkan waktunya untuk proyek sampingan lama, Superjoint Ritual. Mendengar hal ini, Abbot bersaudara dari Pantera (gitaris Dimebag Darrell dan drummer Vinnie Paul) membentuk Damageplan dengan mantan gitaris Halford Pat Lachman pada vokal dan Bob Zilla pada bass. Sebagian penggemar menyalahkan Anselmo untuk pembubaran Pantera, karena pernyataan di warta heavy metal. Anselmo menuduh para wartawan karena memutarbalikan fakta, mempublikasikan apa yang mereka pikir bisa terjual. Bassis Pantera Rex Brown, sangat dikenal sebagai yang suara yang netral dalam hal ini, menyalahkan kedua pihak untuk pembubaran band.

Pada Desember 2004, Dimebag Darrel ditembak mati saat tampil dengan Damageplan di klub malam Alrosa Villa di Columbus, Ohio. Atas permintaan keluarga Dimebag, Anselmo tidak menghadiri pemakaman Darrell.


Dalam sebuah video panjang dan emosional yang diterbitkan di situs resmi milik Down, Anselmo mendeskripsikan penyesalannya akan kelakuan sebelumnya, dan menulis dan merekam musik yang berhubungan dengan kehilangan akan Dimebag pada rekaman Down baru, Down III: Oer the Under. Band mendedikasikan lagu mereka “Lifer” untuk Dimebag. Anselmo menyatakan bahwa dia berharap untuk memulai lagu pertemanan dengan Vinnie Paul tapi sebuah usaha rekonsiliasi tudak tercapai karena ketegangan diantara keduanya.

Pada sebuah wawancara Juli 2015 dengan Rolling Stone, Anselmo berbicara tentang penggunaan bendera konfederasi oleh Pantera dan dan band lain miliknya mengklaim bahwa itu merupakan sebuah kesalahan untuk menggunakannya pada pernak-pernik, album dan materi promosi lain milik mereka. Anselmo mengatakan pada awalnya bahwa Pantera menggunakan citra itu karena mereka adalah penggemar berat dari Lynyrd Skynyrd tapi itu tidak pernah mempromosikan kebencian.

Down menjadi band rekaman dan tur utama milik Anselmo sejak 2006. Band ini terdiri para mantan anggota dan anggota dari Pantera, Corrosion of Conformity, Crowbar dan Eyehategod.

Sejak pendiriannya, Down sudah merilis lima album studio, satu album live dan sudah menjalani hiatus dua kali untuk berfokus pada band utama para anggota.

Superjoint Ritual adalah band metal New Orleans yang dibentuk oleh Anselmo, Joe Fazzio, dan Jimmy Bower di awal 1990an, kemudian diikuti oleh Hank Williams III, dan Kevin Bond. Gaya mereka dapat dianggap sebagai campuran dari groove metal dan hardcore punk. Band-band seperti Venom, Slayer, Celtic Frost, Voivod, dan Darkthrone juga disebut sebagai pengaruh. Nama Superjoint Ritual diambil dari sebuah litik di lagu Darkthrone, “The Pagan Winter”. Menurut Bower, Anselmo menulis 70-80% musik milik grup. Selama mereka bersama mereka merilis dua album penuh di Sanctuary Records, Use Once and Destroy pada 2002 dan A Lethal Dose of American Hatred pada 2003.

Anselmo memiliki proyek sampingan lain seperti: Arson Anthem, Christ Inversion, Southern Isolation, Viking Crown, Eibon, Philip H. Anselmo & the Illegals dan Scour.

Anselmo juga tampil sebagai produser dan menjadi musisi tamu di band-band lain, seperti Crowbar, Anal Cunt, Soilent Green, Necrophagia, Anthrax, Vision of Disorder, Biohazard, Jarboe, Cattle Decapitation.


Pada Januari 2016, Anselmo menyanyikan vokal utama dalam sebuah band yang menampilkan Dave Grohl, Robert Trujillo, dan Dave Lombardo. Mereka memainkan lagu “Ace of Spades” oleh Lemmy Kilmister dari Motorhead yang baru meninggal.

Anselmo memulai label rekaman miliknya bernama Housecore Records pada 2001. Namanya diambil dari rumah Anselmo yang digambarkan lebih sebagai “hang out” dimana banyak teman dan musisi lokal akan menginap dan merekam musik bersama.


Anselmo memiliki jangakuan luas dari pengaruh musik dari rock klasik hingga black metal. Dia sangat terpengaruh oleh Black Sabbath, Black Flag, Iron Maiden, Judas Priest, Slayer, Hellhammer dan Venom. Dia memberikan penghormatan pada dua band favorinya dalam lirik dari lagu Pantera “Goddamn Electric”, menyanyikan “your trust is in Whiskey and Black Sabbath”; di bait kedua, liriknya berlanjut ke “whiskey and weed and Slayer”. Anselmo menyatakan pengaruh vokal utamanya adalah Rob Halford, sebelum dia memutuskan untuk fokus mengeksplorasi teknik miliknya.


Anselmo dapat didengar di film The Manson Family milik Jim Van Bebber sebagai suara setan. Soundtrack untuk film ini juga berisi musik dari beberapa band milik Anselmo.

Anselmo saat ini terlibat dalam sebuah seri komedi YouTube dengan comedian Dave Hill, berjudul Metal Grasshopper dimana dia menginstruksikan Hill cara menjadi musisi metal. Seperti yang tertera dalam judul, Anselmo memainkan Keye Luke/Philip Ahn dengan David Carradine milik Hill tapi dengan lebih banyak humor.

Pada 31 Oktober 2001, Anselmo menikah dengan pacar lamanya Stephanie Opal Weisntein. Tahun yang sama itu, mereka menciptakan sebuah band akustik bernama Southern Isolation. Anselmo dan Weinstein bercerai pada 2004.

Anselmo saat ini berhubungan dengan Kate Richardson, yang juga membantu dengan menjalankan label rekamannya, Housecore Records. Anselmo saat ini tinggal di perumahan di Louisiana. Dia memelihara sejumlah hewan, antara lain anjing, kucing, ayam dan berbagai burung.

Anselmo memiliki koleksi film horror dan memiliki pengetahuan ensiklopedia dari film horror dan budaya horror. Dia juga tertarik dalam olahraga tinju.

Pada 22 Januari 2016, Anselmo mengakhiri pertunjukan penghormatan Dimebag Darrell dengan memberikan salut Nazi dan meneriakkan kata “white power” pada penonton. Anselmo kemudian mengklaim dia bercanda tentang minum “white wine”.

Anselmo merilis sebuah permohonan maaf, yang mengatakan “suatu hal yang nakal, itu tidak pantas untuk semua orang dan siapapun yang mengenal saya dan sifat asli saya mengetahui bahwa saya tidak percaya dengan semua itu. Saya seribu persen meminta maaf pada siapapun yang tersinggung dengan perkataan saya, karena seharusnya anda tidak tersinggung dengan apa yang saya katakan.”

Anselmo sebelumnya membuay sebuah pernyataan tentang white pride selama konser Pantera 1995 dan berbagai pertunjukan lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...