Laman

Rabu, 08 Juni 2016

DEREK TRUCKS




Lahir pada tanggal 8 Juni 1979 di Jacksonville, Florida AS. Menurut Truck, nama band Eric Clapton, Derek and the Dominos, memilki "sesuatu yang berhubungan dengan nama (Derek) jika tidak dieja".


Trucks membeli gitar pertamanya di sebuah obral seharga $5 pada usia 9 tahun dan menjadi anak dibawah umur yang memainkan penampilan pertamanya dengan bayaran pada usia 11 tahun. Trucks mulai memainkan gitar menggunakan sebuah "slide" karena hal itu bisa membuatnya bermain gitar meskipun tanganya masih kecil, di usia muda. Pada ulang tahunnya yang ke 13 Trucks sudah bermain dengan Buddy Guy dan melakukan tur dengan Thunderhawk.


Trucks membentuk The Derek Trucks Band pada 1996, dan pada ulang tahunnya yang ke 20 dia sudah bermain dengan para artis seperti Bob Dylan, Joe Walsh dan Stephen Stills. Setelah tampil dengan The Allman Brothers Band untuk beberapa tahun sebagai musisi tamu, Trucks menjadi anggota resmi band pada 1999 dan muncul di album-album Peakin' at the Beacon, Live at the Beacon Theatre, Hittin' the Note dan One Way Out. Pada 2006, Trucks memulai sebuah kolaborasi studio dengan Eric Clapton berjudul The Road to Escondido dan tampil dengan tiga band di 17 negara yang berbeda tahun itu. Trucks diundang untuk tampil di the 2007 Crossroads Guitar Festival dan setelah festival itu dia melakukan tur sebagai bagian dari band Clapton.


Trucks membangun sebuah studio di rumahnya pada Januari 2008, dan dan dan bandnya merekam album Already Fire. Trucks dan istrinya, Susan Tedeschi, menggabungkaan band mereka untuk membentuk Soul Stew Revival pada 2007 dan tampil di Bonnaroo Music Festival pada Juni 2008. Pada akhir 2009, Trucks dan bandnya melakukan hiatus, setelah itu band dibubarkan. Pada 2010, Trucks membentuk the Tedeschi Trucks Band dengan istrinya. Pada 8 Januari 2014, Trucks mengumumkan bahwa dia dan sesama gitaris Warren Haynes berencana untuk meninggalkan the Allman Brothers Band pada akhir 2014. Band pada akhirnya mengumumkan pensiunnya, dengan Trucks bermain sebagai anggotanya hingga pertunjukan terakhir mereka pada 8 Oktober 2014 di the Beacon Theatre di New York City.


Dia menyebut Duane Allman dan musisi blues Elmore James sebagai 2 orang gitaris yang berpengaruh pada gaya permainannya tapi juga terpengaruh oleh John Lee Hooker, Howlin' Wolf dan Albert King, Miles Davis, Sun Ra, John Coltrane, Charlie Parker, Django Reinhardt, Charlie Christian, Wayne Shorter, Toy Caldwell, Freddie King dan B.B. King.

Trucks sudah muncul dua kali di daftar Rolling Stone dari "The 100 Greatest Guitarist of All Time". Dia ada di No. 81 pada 2003 dan No. 16 pada 2011. Album Already Free miliki The Derek Trucks Band melakukan debut di No, 19 di Billboard Top 200 Chart dan No. 1 di Internet Chart, No. 4 di Rock Chart dan No. 1 di Blues Chart.

Pada 2010, The Derek Trucks Band memenangkan Grammy Award for Best Contemporary Blues Album untuk album Already Free. Pada 2012, Trucks dan Tedeschi sebagai the Tedeschi Trucks Band memenangkan Grammy Award for Best Blues Album untuk album debut band Revelator. Pada 12 Februari 2012, Trucks menerima Grammy Lifetime Achievement Award bersama sepuluh anggota lain dari The Allman Brothers Band. Pada 21 Februari 2012, Trucks dan istrinya bergabung dengan musisi blues lainya untuk tampil di White House untuk Presiden Obama dan para tamunya.


Paman Derek, Butch, adalah anggota pendiri dan dramer The Allman Brothers Band. Sang paman kakek, Virgil Trucks, adalah pemain baseball profesional. Pada tahun 2001, dia menikah dengan musisi Susan Tedeschi, dan memperoleh seorang putra pada maret 2002 dan seorang putri pada tahun 2004.

Trucks adalah penggemar berat tim baseball the Atlanta Braves, tim atletik the Florida State Seminoles, dan tim football Jacksonville Jaguars dari kota asalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...