Laman

Senin, 20 Juni 2016

BARRY SPARKS




Lahir pada tanggal 20 Juni 1968 di Lucasville, Ohio AS, merupakan bassis asal Amerika yang telah menjadi pemain bass dari band-band seperti: Yngwie Malmsteen, Vinnie Moore, Michael Schenker Group, Dokken, Scorpions, Ted Nugent, Roland Grapow, Marty Friedman, Tony MacAlpine, UFO dan masih banyak lagi. Saat ini Sparks adalah bagian dai band tur untuk grup rock Jepang, B'z, dan juga berkontribusi pada beberapa album dan single mereka.


Sparks mulai pertama mendapatkan nama sebagai pemain bass untuk mantan artis rekaman MCA Guy Mann-Dude dengan siapa dia melakukan tur dan merekam rilisan 1991 "Mannic Distortion. Hal ini membawa Sparks mendapatkan pekerjaan dengan virtuoso gitar asal Swedia Yngwie Malmsteen pada masa tur The Seventh Sign pada 1994, diikuti oleh jabatan selama 4 tahun dengan legenda gitar Jerman Michael Schenker, dimulai dengan album Written in the Sand pada 1996.


Pada 1997, Sparks dan drumer Michael Schenker Group Shane Gaalaas bersatu dengan gitaris Jeff Kollman untuk membentuk all-instrumental fusion trio Cosmosquad dengan siapa Sparks merekam 3 album sebelum keluar. Trio ini juga mendukung vokalis John West pada rilisan 1998 miliknya, Permanent Mark. Pada 1998, Sparks menjadi musisi tur dengan penyanyi pop Billie Myers dari "Kiss the Rain", muncul di acara TV dan radio dan bermain ke banyak wilayah, termasuk pertunjukan yang mendukung Bob Dylan di Eropa.

Pada akhir 1990an Sparks juga menjadi tamu pada album band mantan vokalis Loudness Michael Vescera (MVP) dan mantan gitaris Helloween Roland Grapow, melakukan tur dengan rekan seband masa depan UFO Vinnie Moore, dan melakukan rekaman dan tur dengan legenda gitar mantan Scorpions Uli Jon Roth.


Pada 2001, Sparks merilis album debut solonya yang berdasarkan gitar akustik, Gimmer of Hope, di label Moonbeam Music miliknya. Album kedua, Can't Look Back, dengan pemunculan tamu khusus oleh Billy Gibbons dari ZZ Top (pada "Breathe") dan Ted Nugent (pada "Liberty"), menyusul pada 2004. Sparks mulai bekerja sama dengan Nugent pada tur musim panas di AS "Beer Drinkers & Hell Raisers" pada 2003. Sparks juga melakukan rekaman dengan Tony MacAlpine pada album Chromacity (2001).


Pada 2001, Sparks menjadi pemain bass untuk Dokken, sebuah kerjasama yang berlangsung hingga 2009 dan menghasilkan 3 album. Selama masa ini, Sparks dad drumer Dokken Mick Brown juga bermain dengan Ted Nugent, diabadikan pada rilisan live 2008, Sweden Rocks.


Pada 2004, Sparks dipanggil untuk merekam trek bass untuk album Unbreakable milik Scorpions. Tahun yang sama itu, Sparks mengisi tempat salah satu pahlawan bass sepanjang masanya, Pete Way dari UFO, pada tur You Are Here di AS. Dia mengakhiri tur dengan grup pada 2011.


Setelah sebelumnya melakukan tur dengan band pada 2003 untuk album Big Machine mereka, Sparks direkrut lagi oleh superstar Jepang B'z untuk tur "Glory Days" 2008 mereka, bergabung kembali dengan mantan rekan seksi ritem Yngwie Malmsteen, MSG dan Cosmosquad, drumer Shane Gaalaas. Dia bertahan sebagai anggota tur sejak itu dan juga melakukan rekaman dengan band.


Pada bulan April 2015, dia bersama sesama mantan anggota band Yngwie Malmsteen, Michael Vescera-salah satu vokalis terbaik di scene metal, telah membentuk sebuah band yang bernama Riot On Mars, dan telah merilis album debut mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...