Laman

Senin, 20 Juni 2016

ALAN SHACKLOCK




Lahir pada 20 Juni 1950 di London, Inggris, adalah musisi, komposer, aranjer dan produser rekaman Inggris yang saat ini tinggal dan bekerja di Nashville, Tennesse. Lagunya "The Mexican" dianggap berpengaruh di awal pengembangan dari budaya b-boying dan hip hop.


Dia mulai bermain gitar saat masih kecil, pertama bermain dengan band The Juniors dengan gitaris The Rolling Stones Mick Taylor dan bassis Jethro Tull John Glascock dan kemudian dengan Chris Falowe dari Thunderbirds. Dia kemudian melengkapi pelajaran gitar klasik dan musik di Royal Academy of Music di London, lulus dengan gelar master dalam musik.


Pada 1969 Shacklock bermain dalam sebuah band bernama The Gods, dan pada 1971 membentuk band Inggris Babe Ruth. Dia bekerja sebagai penulis lagu dan produser band dari 1971-1975, dan kemudian meninggalkan band untuk bekerja sebagai penulis lagu solo dan produser rekaman. Dia sudah menerima tiga nominasi untuk Grammy Award dan sudah menjadi produser sejumlah rekaman perak, emas dan platinum untuk para artis termasuk Mike Oldfield, Bonnie Tyler, Jeff Beck (dari The Yardbirds), Meat Loaf, The Alarm, Roger Darltrey (dari The Who), JoBoxers dan Sir Andrew Lloyd Webber.

Shacklock juga memproduseri musik untuk film termasuk Quicksilver (dibintangi oleh Kevin Bacon), Doc Hollywood (dibintangi Michael J. Fox) dan Buddy's Song (dibintangi Chesney Hawkes dan Roger Daltrey). Dia membuat komposisi asli untuk dokumenter wildlife BBC/PBS, Puffins dan One Man's island untuk The Natural World. Musiknya dibawakan oleh the London Symphony dan Royal Philharmonic Orchestra, dan tayang perdana di Royal Festival Hall di London. Pada 1994 Shacklock juga membuat musik asli untuk FIFA World Cup. Dengan Sir George Martin, dia adalah seorang pendiri dari the British Record Producers Guild.


Band Babe Ruth melakukan reuni pada 2006 dan menghasilkan sebuah album baru yang ditulis oleh Shacklock, diikuti oleh jadwal konser pada 2010.

Alan Shacklock menerima Songwriter of the Writer award dari EMI untuk rilisan #1 "True Believers" yang dirilis pada 1995 oleh artis Christian music Phil Keaggy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...