Laman

Kamis, 30 Juni 2016

DOUG SAMPSON



Lahir pada 30 Juni 1957 di Hackney, London, dengan nama lengkap Douglas Gary Sampson, yang dikenal sebagai dramer Iron Maiden dari 1977 hingga 1979.


Sebelum bergabung dengan band, Sampson adalah anggota dari salah satu grup milik Steve Harris sebelumnya, Smiler, bersama dengan Dennis Willcock, Mick Clee dan Tony Clee pada tahun 1975, setelah itu dia diminta untuk bergabung dengan Iron Maiden pada awal mereka di tahun yang sama. Dia menolak untuk bergabung pada saat itu karena dia "sedikit muak dengan hal band rock keseluruhan" karena dia "benar-benar lugu," tetapi menerima undangan lebih lanjut dari Steve Harris di pertunjukan terakhir milik Dennis Willcock untuk menggantikan Barry Purkis pada tahun 1978 setelah ia bermain drum lagi di grup Southern Rock bernama Janski.

Setelah satu tahun berlatih band itu mulai bermain pub kecil dengan band, di mana mereka mendapatkan pengikut besar, sorotan menjadi pertunjukan di klub Marque yang terkenal di London. Doug berpartisipasi dalam rekaman demo Iron Maiden, kemudian dirilis sebagai The Soundhouse Tapes, pada 31 Desember 1978, Prowler dan lagu-lagu lain dari rekaman itu muncul di tangga lagu klub dari klub Heavy Metal Soundhouse milik Neal Kay, diterbitkan mingguan di Sounds. Iron Maiden akhirnya menandatangani kontrak dengan EMI pada tahun 1979, menindaklanjuti dengan merekam demo lebih lanjut, satu lagu dari sesi ini ("Burning Ambition") dimasukkan dalam B-Side dari "Running Free". 



Doug juga bermain di Iron Maidens BBC Archives yang dirilis pada 4 November 2002 sebagai bagian dari boxset Eddie’s Archive. Ini adalah kumpulan lagu dari tiga pertunjukan langsung dan satu siaran radio langsung, direkam oleh BBC antara 1979 dan 1988. Doug dapat ditemukan di disk BBC Radio 1 Friday Rock Show, 14 November 1979.

Sampson akhirnya meninggalkan band pada tanggal 22 Desember 1979, menyusul masalah kesehatan yang disebabkan oleh jadwal tur band yang meluas mengelilingi negara dalam mobil van di malam hari dalam jadwal padat yang membeku setengah mati di dalam van dan kurangnya tidur berkontribusi terhadap kelelahan dan penyakit. Meskipun ia menyebut meninggalkan Maiden "sebuah pukulan," ia menyatakan bahwa "Setelah meninggalkan Iron Maiden ia bermain bersama dengan Chop Pitman dan Tony Hatton dari EL34 dan mereka membentuk band baru Airforce ketika dilengkapi oleh Sam "Tomcat"Sampson yang merupakan adik Doug yang merupakan vokalis dari legenda lokal Sams Apple Pie, Airforce bermain sangat berat di sirkuit london termasuk malam termasuk Ruskin Arms dan Marque mendukung Shy.

Pada tahun 2015, Doug diundang untuk menjadi tamu di penggalangan dana amal The Legacy Projects yang didukung banyak mantan anggota Iron Maiden. Doug membawa peralatan drum Smiler-nya yang juga digunakan di Iron Maiden dan dibanjiri untuk foto dan tanda tangan, band lama Sampson, Airforce menampilkan satu set dan juga menyumbangkan lagu ("War Games") ke kompilasi "Origins of Iron" , yang menampilkan sembilan lagu oleh mantan anggota Iron Maiden. Setelah melihat respon dari penggemar, pada tahun 2016, Sampson bergabung kembali dengan Airforce setelah absen selama 20 tahun. Dia merekam tiga lagu baru dengan band dan merilis album retrospektif karir mereka, Judgment Day pada 15 Juli 2016 via, WatchOut Records. 



Doug akhirnya kembali ke panggung, pada bulan April 2017. Pada pertunjukan kedua kembali dengan Airforce, band ini menjadi penampil utama acara "Burr Fest" perdana, di The Lounge, di London. Acara ini mengumpulkan uang untuk MS Action Fund, untuk mengenang penerus Doug di Maiden, Clive Burr.

Airforce telah merekam EP baru "The Black Box Recordings: Volume 1", yang dirilis pada 21 Juli 2017. EP adalah materi pertama yang menampilkan trio yang bersatu kembali dari Chop Pitman, Tony Hatton, dan Doug Sampson, dengan vokalis baru Dilian Arnaudov.

Band ini kemudian merekam The Black Box Recordings: Volume 2 a Special Soundhouse Edition dari EP yang menampilkan campuran kasar dan menampilkan tidak lain dari rekan band lama Doug di Iron Maiden saat Paul Dianno menjadi vokalis tamu khusus di lagu Sniper yang mendapat penayangan publik pertama di acara Born Again Heavy Metal Sound House pada tanggal 22 Desember di London.

Tidak ada yang lain selain Neal Kay dari Heavy Metal Sound House yang asli, yang terkenal karena akhir waktu Neal dengan Sound House. Neal membantu meluncurkan Iron Maiden dengan memperjuangkan The Sound House Tapes secara teratur di acara HMSH-nya. Doug dan Airforce akan merekam album yang belum diberi judul pada tahun 2018 dan dapat ditemukan tampil di dalam dan luar negeri pada tahun 2018.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...