Laman

Minggu, 19 Juni 2016

ANN WILSON




Lahir pada19 Juni 1950 di San Diego, California, dengan nama lengkap Ann Dustin Wilson. Ibunya, Lou, adalah seorang pianis konser dan penyanyi kor, dan ayahnya, John, seorang mantan marinir, juga seorang musisi dan penyanyi yang pernah memimpin band US Marine Corps. Adik Ann Wilson, Nancy, empat tahun lebih muda, kemudian bergabung dengan dia untuk bermain di band Heart.


Karena karir militer sang ayah, keluarga Wilson sering berpindah-pindah. Mereka tinggal dekat fasilitas militer Amerika di Panama dan Taiwan sebelum menetap di Seattle, Washington, pada awal 1960-an. Agar dapat menjaga suasana seperti dalam rumah dimanapun mereka tinggal, Wilson bersaudara memutar musik. "Pada hari minggu kami membuat pancake dan menonton opera," Nancy mengingat. "Ayahku menjadi konduktor di ruang tamu. Kami menyukainya. Banyak ragam musik dari musik klasik hingga Ray Charles, Judy Garland, Peggy Lee, bossa nova dan musik elektronik eksperimental awal.”

Selama musim semi 1963, saat Ann Wilson berusia 12 tahun, dia jatuh sakit dengan mononucleosis dan harus tidak bersekolah selama berbulan-bulan. Untuk membuat tetap terhibur dan sibuk selama waktu ini, ibu Ann membelikannya sebuah gitar. Walaupun Ann (tidak seperti adiknya) tidak pernah secara khusus bermain alat musik, alur penggunaan alat musik ini menyembuhkan masalah kesehatannya yang diderita selama masa anak-anaknya.


Selama masa anak-anak dan tahun remajanya, Wilson bermasalah dengan obesitas. Sangat bermasalah dengan rasa percaya diri saat anak-anak, dia memiliki rasa tertutup hingga masa remaja. Bertahun-tahun kemudian, Wilson dengan tidak suka mengingat “saat pubertas, saat paara gadis secara alami menjadi sangat percaya diri bahwa mereka terkenal atau mereka terbuang karena mereka sangat jelek, sangat tidak terkenal, segalanya salah dengan hal itu-dan tentu saja saya terbuang.”

Agar bisa mendapatkan rasa percaya diri dan menanggulangi masalahnya, Wilson mulai menyanyi, segera membangun sebuah suara yang resonansi, indah dan bertenaga. Selama SMA Wilson tampil bersama Nancy, seorang gitaris berbakat, di sebuah band lokal singkat seperti Rapunzel dan Viewpoint.

Setelah lulus dari SMA pada 1968, Wilson memutuskan untuk melibatkan dirinya dalam musik secara penuh waktu. Dia menyanyi dengan beberapa band bar asal Seattle hinga pada suatu hari di 1970 saat dia menanggapi sebuah iklan Koran yang ditempatkan oleh sebuah band bernama Heart, yang sedang mencari seorang penyanyi utama. Sangat terkesan dengan kemampuan Wilson yang bertenaga, Heart-yang pada saat itu terdiri dari Steve Fossen (bass) dan Roger Fisher (gitar)-segera membuatnya menjadi penyanyi utama.

Saat manggung di kota Washington, kakak Fisher, Mike, yang sudah meninggalkan pekerjaan di Vancouver, cvanada, pergi untuk melihat penampilan Heart. Wilson jatuh cinta dengan dia. Dalam beberapa bulan, dia berhasil membujuk rekan-rekan sebandnya untuk pindah ke Vancouver, dimana dia bisa bersama dengan Mike dan dia bisa bertindak sebagai manajer Wilson.

Heart dengan cepat memperoleh reputasi sebagai salah satu band baru terbaik di Canada. Adik Wilson, Nancy bergabung dengan Heart pada 1974, membawakan band keterampilan gitar akustiknya yang hebat. Suara mereka berubah menjadi campuran bertenaga dari musik hard rock listrik dan akustik yang menjadi ciri khas mereka.

Heart merilis album debut mereka, Dreamboat Annie, pada 1976, di label kecil Canada Mushroom Records. Dibelakang kekuatan single utama ikoniknya “Magic Man” dan dua single sukses lainnya, “Dreamboat Annie” dan “Crazy on You,” Dreamboat Annie menjadi kesuksesan komersil yang tidak terduga, mencapai No. 7 di tangga album AS.

Album Heart berikut, Little Queen pada 1977, yang menampilkan lagu yang kini menjadi klasik “Barracuda,” adalah kesuksesan komersil dan kritikus lainnya. Album-album awal Heart yang hebat lainnya adalah Dog & Butterfly (1978), menampilkan single-single “Straight On” dan “Dog & Butterfly,” Bebe le Strange (1980), menampilkan “Even It Up,” dan Private Audition (1983), menampilkan “This Man Is Mine.”

Walaupun lineup penuh Heart berubah dengan frekuensi yang sering selama durasi karir band, Ann dan Nancy Wilson selalu menjadi kekuatan band masing-masing sebagai penyanyi utama dan gitaris utama, juga penulis lagu utama. Heart mendapatkan tempat penting dalam sejarah musik sebagai band hard rock dengan anggota wanita pertama yang mendapatkan popularitas besar.

Pada 1985, Heart merubah musiknya menuju ke arah suara yang lebih pop di album studio kedelapan mereka, Heart. Hasilya adalah sebuah kesuksesan besar. Heart menjadi album satu-satunya band yang mencapai No. 1 di tangga lagu AS, akhirnya terjual lebih dari 5 juta kopi. Single “These Dreams” mencapai No. 1 di Billboard, dan tiga single tambahan – “What About Love,” “Never” dan “Nothin’At All” – masuk ke Top 10.

Rekaman Heart berikut, Bad Animals pada 1987, hampir menyamai kesuksesan itu, mencapai No. 2 di Billboard dan menelurkan hit-hit dengan “Alone” dan “Who Will You Run To.” Melengkapi trio album yang menandai puncak kesuksesan Heart adalah Brigade (1990), menampilkan single ikonik “All I Wanna Do Is Maka Love To You.”

Setelah album 1993 mereka, Desire Walks On gagal mencapai kesuksesan album mereka sebelumnya, Wilson bersaudari secara singkat membubarkan Heart untuk membentuk sebuah grup baru The Lovemongers. The Lovemongers melakukan tur singkat di Pacific Northwest dan merilis satu albu, Whirlygig, pada 1997. Mereka kemudian mereformasi Heart untuk merilis album kembali pada 2004, Jupiter Darling, yang menerima pujian tinggi dari kritikus tapi tidak terjual dengan baik. Album Heart, Red Velvet Car, dirilis pada 2010, mengembalikan band ke pengakuan nasioan dan kesuksesan komersil, mencapai No. 10 di Billbiard dibelakang single populer “WTF” dan “Hey You.”


Sebagai suara dari Heart, Ann Wilson sudah memantapkan warisan kuat di dunia rock and roll. Saat karirnya mulai menurun, Wilson mengatakan tujuannya adalah membuat setiap saat akhir menjadi berarti. “Inilah kami pada titik ini di sejarah band dan seperti siklus kehidupan lain, makin lama anda mencintai, makin lama hal-hal kembali memandang anda-dan lebih pendek di hadapan anda, juga. Rasa perspektif itu berarti bahwa anda tidak ingin menyia-nyiakan waktu sama sekali. Maka bahkan terdapat rasa lebih besar dari moralitas, dari taruhan yang terlibat disini dan bahkan sebuah hasrat yang lebih kuat untuk membuat setiap saat di album berarti.”


Pada 2015, The Ann Wilson Thing!, proyek solo Ann Wilson, merilis EP digital pertamanya. Karya itu menampilkan cover dari musik oleh Bob Dylan, John Lennon, Aretha Franklin, dan lainnya yang sudah menginspirasi Ann selama karirnya.

Ann Wilson menikah dengan Dean Wetter pada April 2015. Pasangan ini bertemu pertama kali pada 1980an dan berhubungan bertahun-tahun kemudian. Wilson memiliki 2 anak yang dia adopsi pada 1990an, seorang putri bernama Marie dan seorang putra bernama Dustin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...