Laman

Jumat, 10 Juni 2016

HOWLIN' WOLF




Lahir dengan nama Chester Arthur Burnett pada tanggal 10 Juni 1910 di White Station, Mississippi, AS merupakan penyanyi, pemain harmonica dan gitaris blues Amerika. Dia merupakan salah satu artis blues Chicago yang terkenal. Pada tahun 2004, majalah Rolling Stones menempatkan dia di nomor 51 dalam daftar "100 Greatest Artists of All Time".

Namanya diambil dari nama presiden AS ke 21 Chester A. Arthur. Karena fisiknya dia diberi julukan Big Foot Chester dan Bull Cow saat masih muda: dia mempunyai tinggi 191 cm dan berat 125 kg. Dia menjelaskan asal nama Howlin' Wolf: "Saya mendapatkannya dari kakek saya", yang sering bercerita padanya tentang serigala di negara bagian tersebut dan memperingatkannya jika dia nakal maka "serigala yang mengaum akan mendatangainya".
Burnett mempelajari gaya musiknya dari para musisi blues terkenal seperti Charley Patton dan Sonny Boy Williamson, Williamson menjadi saudara ipar, dan tampil di klub-klub selama 1930an saat bekerja sebagai seorang petani. Dia bertugas dalam Angkatan Bersenjata di Seattle, Washington selama PD II, dan kemudian pulang ke rumah, mencurahkan dirinya secara utuh pada musiknya pada akhir dekade itu.

Wolf secara umum membekali dirinya dengan sebuah gitar dan harmonica saat tampil. Dan dia memilih untuk membentuk sebuah band, the House Rockers, pada 1948 di Memphis, Tennessee. Dia memiliki sebuah acara radio, yang membuatnya bisa mempromosikan penampilannya, dan pada awal 1950an, dia ditemukan oleh Ike Turner-salah satu pegawai A&R untuk RPM Records-yang juga bermain dengan Wolf di bandnya. Wolf kemudian melakukan rekaman dengan Sam Phililips dan kemudian menandatangani kesepakatan dengan Chess Records. Dia kemudian pindah ke Chicago, Illinois, dimana dia menjadi sangat dikenal dengan gaya blues berbasis gitar listriknya.


Wolf memiliki postur besar dan tinggi yang tampil di pangggung dengan gaya vokal yang kaya dan memiliki gaya sendiri. Hit miliknya antara lain “How Many More Years,” “Smokestack Lightnin’,” “Moanin’ at Midnight” dan “sitting on Top of the World.” Pada awal 1960an, Wolf sering berkoaborasi dengan penulis lagu/penyanyi/produser Willie Dixon, yang menulis sebagaian besar lagu Wolf di studio untuk beberapa tahun berikutnya, termauk klasik seperti “Spoonful,” “The Red Rooster” dan “Shake for Me.”

Kebalikan dari persona panggungnya, dikatakan bahwa Wolf adalah seorang yang pendiam yang menjadi sukarelawan di komunitas Chicago dan membantu keadaan keuangan anggota bandnya. Dia memiliki dua orang putri dengan istrinya, Lillie.

Pada akhir 1960an, karya Wolf sangat dipuji dan dibawakan ulang oleh sejumlah band rock terkenal Inggris dan AS, antara lain the Doors, Cream dan the Rolling Stones, yang memiliki hit besar di Inggris dengan pembawaan ulang mereka dari “Red Rooster” dan muncul dengan Wolf di cara TV Shindig. Wolf pergi ke UK untuk merekam album 1971 miliknya, The London Sessions, yang antara lain menampilkan dukungan dari Eric Clapton dan Ringo Starr.

Pada awal tahun 1976, Burnett menginap di Veterans Administration Hospital di Hines, Illinois untuk operasi ginjal, tapi meninggal karena komplikasi dari prosedur tersebut pada tanggal 10 Januari 1976, dan dikuburkan di Oakridge Cemetary, di luar Chicago. Dia batu nisannya terdapat gambar gitar dan harmonica.

Wolf menerima gelar doktor kehormatan dari Columbia College di Chicago, dilantik secara anumerta ke dalam the Blues Foundation Hall of Fame pada 1980 dan the Rock and Roll Hall of Fame pada 1991.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...