Laman

Minggu, 19 Juni 2016

BRIAN "HEAD" WELCH




Lahir dengan nama lengkap Brian Phillip Welch pada 19 Juni 1970 di Torrance, California, AS. Dia tumbuh di Bakersfield, California. Di berbeda dari sebagian anak lainnya, dan dirundung di sekolah. Dia menyukai musik, dan adalah penggemar berat Ozzy Osbourne. Awalnya, Welch tertarik dalam memainkan drum, tapi ayahnya meyakinkan dia untuk bermain gitar maka dia tidak akan memperbaiki drum lagi. Dia mulai memainkan gitar pada usia 10 tahun. Gitar pertamanya adalah sebuah Peavey Mystic, yang dia sebut dalam bukunya Save Me From Myself sebagai “maybe the most metal-looking guitar you have ever seen.”


Mendeskripsikan bagaimana dia mendapat nama julukan “Head”: Welch mengatakan,

"Orang-orang berkata bahwa kepalaku terlihat lebih besar dari badanku, maka mereka mulai memanggilku "Head". Dan berlanjut hingga kini". 

Korn terbentuk setelah grup L.A.P.D. bubar, karena penyanyi ketergantungan narkoba dari penyanyi Richard Morrill. Para musisi Reginal Arvizu, James Shaffer, dan David Silveria ingin meneruskan, dan mereka mempekerjakan Welch untuk bermain gitar di band baru mereka yang bernama “Crep”. Pada awal 1993, band memilih vokalis Jonathan Davis setelah melihat bandnya Sexart dan berkeinginan untuk merekrut dia. Davis awalnya tidak ingin bergabung dengan band, tapi setelah berkonsultasi dengan seorang ahli jiwa dia merubah niatnya dan ikut audisi. Setelah Davis dipekerjakan, grup memutuskan untuk merubah nama mereka. “Jonathan memiliki ide mendadak untuk sebuah nama baru. Dia menyarankan bahwa kami memberi nama band “Korn,” dan kami semua menyukainya. Nama itu terdengar menyeramkan karena mengingatkan kami akan film horror Children of the Corn.


Dimulai dengan album debut self-title Korn, dan dengan album-albumselanjutnya Life Is Peachy, Follow The Leader, Issues, Untouchables, dan Take a Look in the Mirror, band segera menjadi salah satu grup nu metal dengan penjulan tinggi, menghasilkan $25 juta dalam pembayaran royalti dan membuat penuh arena. Pada 1995, istri Welch, Rebekah melahirkan seorang putri, tapi mereka memutuskan untuk diadopsi oleh orang lain. Saat dia hamil lagi, mereka memutuskan untuk memelihara sendiri. Pada 6 Juli 1998, istri Welch melahirkan putri kedua mereka, Jennea Marie Welch. Band dijadwalkan untuk ikut di Ozzfest versi UK, tapi dibatalkan maka Welch bisa ada di samping istrinya. Dia dan istrinya sudah bercerai dan Welch memiliki hak asuh pada putri mereka. Keduanya tinggal di Arizona. Meskipun sudah bercerai, Welch tetap terhubung dengan mantan istrinya.

Pada 2003, Welch menjadi kecanduan pada narkoba. Dia mempersiapkan tur dengan membekali diri banyak metamfetamin yang dia mampu sebagai kapsul vitamin, botol deodorant, dan pakaian dia. Menurut Welch, para anggota band menderita pertarungan pribadi dengan kecanduan itu. Meskipun impiannya menjadi nyata, Welch tidak menikmati kehidupan tur dengan Korn.

Setelah terlahir kembali sebagai seorang pemeluk Kristen, dia meninggalkan Korn pada 22 Februari 2005, setelah hampir 12 tahun dengan Korn, untuk fokus sebagai seorang ayah dan membangun karir solo. Dia merilis album Christian debutnya Save Me From Myself, pada tahun 2008. 

Save Me from Myself mencapai No. 63 di Billboard 200 juga mencapai masing-masing di No. 13 dan 21 di Hard Rock dan Rock Charts.

Pada 2008, Welch menjadi organizer dan perwakilan utama dari The Whosoever, sebuah organisasi bebas dan lini produk yang didirikan oleh Sonny Sandoval dari P.O.D. dan pembicara umum, Ryan Ries. Sandoval dan Ries berbicara secara umum di tempat-tempat seperti sekolah, pusat rehabilitasi, konferensi dan acara anak muda menginspirasi para individu yang ingin mencapai tujuan mereka.

Bersama dengan banyak artis lainnya, termasuk mantan rekan seband Korn, Fieldy & Munky, Welch berkontribusi untuk “A Song for Chi”. Trek instrumental adalah sumbangan untuk bassis Deftones Chi Cheng, yang dalam keadaan koma tapi kemudian meninggal. Semua keuntungan disumbangkan untuk yayasan “One Love for Chi”. Ini adalah pertama kali Head terlibat dengan para mantan rekan sebandya sejak meninggalkan band.

Pada 2009, Welch bergabung dengan the 9th annual Independent Music Awards menjadi dewan juru untuk membantu karir para musisi independen.

Pada Februari 2012, Welch mengumumkan bahwa dia memperbarui musiknya dibawah nama Love and Death, secara efektif membentuk sebuah band dengan nama itu.

Single debut band, “Chemicals”, dirilis pada Maret, sedangkan sebuah EP dengan judul yang sama dirilis pada 24 April 2012.

Dia melakukan reuni dengan Korn di panggung di Carolina Rebellion pada 5 Mei 2012 untuk pertama kalinya dalam 7 tahun.

Sebuah album penuh, Between Here & Lost, dirilis pada 22 Januari 2013.


Pada 2 Mei 2013, secara resmi diumumkan dia bergabung kembali dengan band. Meskipun demikian, Welch meyakinkan bahwa Love and Death akan tetap sebagai proyek aktif.

Brian dan Munky berada di rangking N0. 26 dalam daftar 100 Greatest Heavy Metal Guitarists of All Time oleh Guitar World.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...