Laman

Sabtu, 25 Juni 2016

KELLY KEELING




Lahir pada 25 Juni 1968 di Lafayette, Louisiana, AS, adalah musisi dan penulis lagu AS. Dia mulai bermain musik pada usia 14 tahun dan muncul pertama kali di skena musik sebagai penyanyi utama band heavy metal Baton Rouge. Dalam karirnya, dia bekerja sama dengan band-band hard rock besar, menulis soundtrack filem dan bermain juga dengan band Christian rock.


Kelly awalnya adalah gitaris kemudian penyanyi utama Baton Rouge, yang mempunyai 3 lagu hit Top 40 AOR yang berjudul "Walks Like a Woman, "Doctor," dan "The Storm" pada 1990. Kerjasamanya dengan produser Jack Ponti membawanya untuk membuat lagu untuk band hard rock Jerman Bonfire dan musik serta vokal latar untuk album Alice Cooper Hey Stoopid.


Pada 1991, dia meninggalkan Baton Rouge untuk bergabung dengan band milik John Sykes Blue Murder. Kelly merekam trek pada album Nothin' but Trouble dengan Carmine Appice dan Tony Franklin, dimana akan bekerja sama lagi pada proyek-proyek lainnya di masa depan. Sykes memutuskan untuk merekam ulang suaranya pada suara Kelly, maka yang muncul hanya untuk vokal latar dan vokal utama hanya pada satu lagu dari album itu. Blue Murder bubar pada 1994.

Kelly kemudian bergabung dengan proyek solo mantan gitaris Europe John Norum. Dia bekerja di album milik John Norum, Another Destination (1995) dan Worlds Away (1996), tapi meninggalkan gitaris ini pada 1997.


Kelly melanjutkan untuk kolaborasi dengan musisi hard rock yang telah dikenal, dan bergabung dengan Michael Schenker untuk album MSG The Unforgiven pada 1997 dan album tur dunia Live pada 1999 dan menulis lagu untuk Gary Barden, Graham Bonnet dan dia sendiri untuk album MSG the Tales of Rock & Roll pada 2005 dan dengan proyek The Guitar Zeus sebagai penulis lagu utama, penyanyi, multi-instrumentalis, produser, mixer yang didirikan oleh dramer ternama Carmine Appice (Vanilla Fudge, King Kobra).

Dia menulis lagu dengan Don Dokken untuk album-album Dokken Long Way Home dan Hell To Pay dan melakukan serangkaian jadwal show akustik yang sold out dengan Don Dokken sebagai pembuka untuk Queensryche dan pada 2004 dia menyanyi pada album Furious George milik mantan gitaris Dokken, George Lynch, diikuti oleh sebuahtur dengan Lynch. Tahun yang sama dia juga menampilkan pertunjukan akustik lagu dengan Don Dokken.


Pada 2000-an, Kelly melakukan rekaman dan tur dengan band O'2L yang terdiri dari semua anggota Trans-Siberian Orchestra dan merekam 8 lagu yang dimaksudkan untuk album solo dengan produser eksekutif Marty Paris. Dia memulai karir rekaman solonya dengan album Giving Sight to the Eye. Pada tahun-tahun tersebut, dia melakukan tur dengan Erik Norlander, Trans-Siberian Orchestra (dia menerima penghargaan album emas dan platinum dari TSO) dan Rock4Xmas milik Wayne Morrison, yang terdiri dari anggota Badfinger Joey Molland. Pada tur ini adalah penyanyi latar untuk Eddie Money dan membawakan sejumlah lagu karir solo The Kelly Keeling Show, dengan rekan band Ethan Brosh, Alex Pierce dan Dave Vandiggitty.

Pada 2012 Kelly membentuk band Balance dengan gitaris/penulis lagu Kim Roy, mantan anggota band Kingdom dan melakukan reuni Baton Rouge untuk muncul di Frontier Records yang ditunda pada 2013.

Kelly terus bermain di kota asalnya dan negara bagian tetangga lainnya melakukan Piano Show miliknya dan juga Beatles Night bulanan yang menampilkan kor SMU lokal dan seksi alat tiup kampus.


Pada 2014 dia bergabung dengan band Red Zone Rider bersama gitaris Vinnie Moore dan dramer Scot Coogan (Lita Ford, Ace Frehley, Brides Of Destruction) dan telah merilis album debut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...