Laman

Senin, 20 Juni 2016

BRIAN WILSON




Lahir pada tanggal 20 Juni 1942 di Inglewood, Califronia, AS dengan nama lengkap Brian Douglas Wilson. Wilson memgalami masa kecil yang keras. Dia menjadi subyek siksaan fisik rutin dari ayahnya, Murry Wilson, dan mendeskripsikan ibunya, Audree Wilson, sebagai seorang alkoholik. Namun, keluarga Wilson juga keluarga yang sangat musikal. Kedua orantuanya memainkan piano, dan Wilson sering bersama adik-adiknya, Dennis dan Carl, dalam bernyanyi di ruang keluarga. Wilson mengingat masa kecilnya dengan perasaan yang beragam, suatu ketika berkata dalam sebuah wawancara, "Saya memiliki sebuah masa kecil yang bagus-kecuali untuk ayah saya yang memukuli saya setiap saat."

Saat Wilson makin dewasa, dia makin tertarik dalam musik sebagai sebuah pelarian dari derita kehidupan rumahnya. Bersama kedua adik lelakinya dan sepupu mereka, Mike Love, Wilson mulai menyanyi di pesta dan pertemuan kecil. Keempat bersaudara itu bergabung dengan teman sekolah Al Jardine untuk membentuk sebuah band di akhir 1950an. Awalnya bernama The Pendletons, sebuah nama yang dipilih karena keterkenalan busana Pendleton yang menjadi seragam grup selama 60an, band mengganti namanya menjadi the Beach Boys pada 1961. Mereka merilis single pertama mereka, "Surfin', Pada Desember 1961. Dalam beberapa bulan, "surfin'" masuk ke daftar single hit Hot 100 milik Billboard, akhirnya mencapai No. 75 dan bertahan disana selama enam minggu. The Beach Boys menandatangani kontrak dengan Capitol Records pada 1962, dan pada tahun yang sama merilis album penuh pertama mereka, Surfin' Safari, yang mencapai No. 32 di Billboard.

Dengan Brian Wilson bertindak sebagai komposer utama mereka, the Beach Boys merilis sejumlah hit selama awal 1960an, menciptakan musik yang akan bertahan selama bergenerasi. The Beach Boys merilis tiga album pada 1963: Surfin' U.S.A., Surfer Girl dan Little Deuce Up, yang semuanya masuk ke Top 10. Mereka menindaklanjuti tahun terobosan itu dengan rilisan seperti All Summer Long (1964) dan Summer Days (and Summer Nights!!) (1965). Beberapa lagu band yang paling ikonik dari era ini adalah "Surfin' U.S.A.," "Little Deuce Coupe" dan "California Girls." Suara awal Beach Boys ceria dan terang, datang untuk mewakili budaya anak muda California pada periode itu.


Beralih dari suara harmoni dan mudah diingat yang mengkarakteriskkan musik awalnya, Brian Wilson memantapkan dirinya dan the Beach Boys menjadi status legenda rock dengan rilisan album yang sangat diakui Pet Sounds pada 1966. Wilson berhenti dari tur dengan band agar bisa memfokuskan semua energinya pada penulisan Pet Sounds dengan kolaborator barunya, Tony Asher. Albumnya, yang menampilkan lagu-lagu "God Only Knows," "I Just Wasn't Made for These Times," "Don't Talk (Put Your Head on My Shoulder)" dan "Caroline, No," dimasukkan oleh banyak kritikus diantara rekaman terhebat yang pernah direkam (majalah Rolling Stones, contohnya, menempatkan Pet Sounds di No. 2 di daftar mereka dari "the 500 Greatest Albums of All Time"). Paul McCartney menyebutnya sebagai album favoritnya dan menyebut "God Only Knows" salah satu lagu paling indah yang pernah ditulis. Ironisnya, menanggapi kesuksesan lanjutannya, Capitol Records dan anggota lain dari the Beach Boys awalnya menolak arah musik yang diambil Wilson di album ini. Judul Pet Sounds lahir saat anggota band Mike Love berkata, "Who's gonna hear this sh**? The ears of a dog?"

Segera setelah perilisan Pet Sounbds, Wilson mulai mengerjakan proyek lain yang diharapkan bisa mencapai raihan lebih tinggi. Pada mulanya berjudul Dumb Angel dan kemudian dirubah menjadi SMiLE, Wilson membayangkan album ini sebagai "teenage symphony to God." Album ini tidak dirilis selama lebih dari 37 tahun. Salah satu album tidak selesai yang paling terkenal sepanjang masa, SMile disimpan saat kehidupan pribadi Wilson mulai memburuk. Dipengaruhi oleh penggunaan narkoba, mariyuana, kokain dan LSD, Wilson didiagnosa dengan depresi dan skizofrenia, menderita sejumlah kekhawatiran dan mulai mengalami obesitas. Dia mulai melambaikan pada pesawat terbang, memainkan grand pianonya di kotak pasir dan mengklaim mendengar suara di kepalanya. Menolak untuk menanggulangi kecanduan narkoba dan penyakit mentalnya, Wilson menghabiskan sebagian besar tiga dekade berikutnya dalam ketidakjelasan.


Pada 1980an, Wilson mulai menemui psikolog terkenal Eugene Landy. Saat Landy memncoba untuk mengobati Wilson dari kecanduan narkobanya, dia juga mengeksploitasi ketergantungan Wilson padanya. Dia meyakinkan Wilson untuk mencantumkannya sebagai kolaborator pada beberapa lagu dan sebagai keuntungan atas keinginannya. Pada 1991, kelurga Wilson menuntut Landy, mengakibatkan perintah penahanan dan kehilangan ijin Landy untuk praktik psikolog di California.

Brian Wilson mengklaim bahwa satu hal dan hanya satu hal yang berkontribusi pada pengembalian kehidupan pribadi dan profesionalnya di pertengahan 1990an: istrinya. Pada 1995, Wilson menikahi Melinda Ledbetter, dan pasangan itu mengadopsi tiga anak. (Wilson sebelumnya menikah dengan Marilyn Rovell pada 1964, dan pasangan ini memiliki dua anak sebelum bercerai pada 1979). Sejak menikahi Ledbetter, Wilson merilis sejumlah album solo, termasuk Orange Art Crate (1995) dan Imagination (1988). Pada 2004, 37 tahun setelah rekaman awalnya, Wilson akhirnya merilis versi lengkap dari SMile yang mendapat pengakuan luas. Sejak menata kembali karirnya, Wilson sudah bisa menanggulangi demam panggungnya yang melegenda, tampil di monser di AS dan Eropa.

Penghargaan yang dia terima adalah, dinobatkan ke dalam Rock n' Roll Hall Of Fame pada tahun 1988 dan memenangkan Grammy Awards untuk Brian Wilson Presents Smile (2004) dan The Smile Sessions (2011). Pada tahun 2008, majalah Rolling Stones menempatkannya di peringkat 52 dalam daftar "100 Greatest Singers of All Time". Pada tahun 2012, publikasi musik NME menempatkannya di peringkat 8 dalam daftar "50 Greatest Producers Ever". Dia juga seorang aktor dan pengisi suara, telah muncul di beberapa acara tv, film, dan video musik artis lainnya. Hidupnya digambarkan dalam sebuah biopic pada tahun 2014, Love & Mercy, yang diedarkan secara luas pada tahun 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...