Laman

Senin, 20 Juni 2016

CHET ATKINS




Lahir pada tanggal 20 Juni 1924 di Luttrell, Tennessee, AS dengan nama Chester Burton Atkins, adalah seorang gitaris, dan produser rekaman asal AS yang bersama Owen Bradley, menciptakan gaya musik country yang lebih lembut yang disebut Nashville Sound, yang menambah daya tarik musik country hingga diterima musik pop.


Gaya petikan khas Atkins terinspirasi dari Merle Travis. Pengaruh gitar utama adalah Django Reinhardt, George Barnes, Les Paul dan Jerry Reed. Gaya petikannya membawanya dikagumi baik dalam maupun luar skena country, baik di AS ataupun internasional. Atkins menghabiskan sepanjang karirnya dengan RCA Victor dan menjadi produser rekaman bagi The Browns, Hank Snow, Porter Wagoner, Norma Jean, Dolly Parton, Dottie West, Perry Como, Elvis Presley, The Everly Brothers, Eddy Arnold, Don Gibson, Jim Reeves, Jerry Reed, Skeeter Davis, Waylon Jennings dan banyak lainnya.


Diantara sekian banyak penghargaan, Atkins menerime 14 Grammy Awards juga Grammy Lifetime Achievement Award, 9 Country Music Association Instrumentalist of the year Award, dan dilantik ke dalam Rock N' Roll Hall Of Fame, Country Musik Hall of Fame and Museum dan Musicians Hall of Fame and Museum.

Gitaris yang terpengaruh oleh Atkins: Stevie Ray Vaughan, Eric Clapton, Slash, Mark Knopfler dan masih banyak lagi.

Pada 1990-an dia mengalami penurunan kesehatan setelah didiagnosa mempunyai penyakit kanker pada tahun 1996. Dia meninggal pada tanggal 30 Juni 2001, di rumahnya di Nashville, Tennessee, 10 hari setelah ultahnya yang ke 77.

Pada Nopember 2011, Rolling Stones menempatkannya di peringkat 21 dalam daftar 100 Greatest guitarists of all time.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...