Laman

Jumat, 24 Juni 2016

JEFF BECK




Lahir dengan nama lengkap Geoffrey Arnold Beck, pada 24 Juni 1944 di Wallington, Inggris. Dia dibesarkan oleh orangtuanya Arnold dan Ethel Beck. Sebagai seorang remaja, Beck belajar memainkan gitar dan membuat beberapa kemajuan untuk membangun alat musiknya sendiri. Hal ini mendorong untuk mengembangkan dan memodifikasi alat musik yang akan menjadi karakteristik Beck dalam karirnya sebagai seorang gitaris.

Beck, yang condong ke arah musik dan seni, belajar di the Wimbledon College of Arts. Kakaknya memperkenalkannya pada Jimmy Page, yang nantinya bermain dengan The Yardbirds dan mendirikan band Led Zeppelin.

Beck memulai karir musiknya dengan The Rumbles, menampilkan cover Gene Vincent dan Buddy Holly. Pada Maret 1965, Beck direkrut oleh The Yardbirds untuk menggantikan Eric Clapton, atas rekomendasi dari Jimmy Page. The Yardbirds merekam sebagian besar lagu-lagu hit mereka selama masa jabatan singkat Beck dengan band, bermain di album 1966, Roger the Engineer (dikenal di beberapa pasar, termasuk AS, sebagai “Over Under Sideways Down.”) Meskipun Beck memiliki kemampuan hebat sebagai seorang gitaris, The Yardbirds menyadari kesulitan dengan penambahannya dalam band. Setelah sering tidak diketahui keberadaannya dan absen selama tur AS, Beck dipecat.


Setelah dikeluarkan dari The Yardbirds, Beck membentuk The Jeff Beck Group, menampilkan Rod Stewart pada vokal dan Ron Wood pada bass. Grup ini menghasilkan dua album. Truth, dirilis pada 1968, lima bulan sebelum album Led Zeppelin pertama, menampilkan lagu Willie Dixon “You Shook Me,” kemudian muncul di sebuah album Zeppelin. Rod Stewart meninggalkan band setelah Beck membatalkan pemunculan Woodstock mereka pada menit terakhir. Stewart menikmati karir solo yang sukses.


Beck terus mencoba untuk membentuk sebuah band solid pada tahun-tahun berikutnya. Perkembangannya diperlambat oleh sebuah kecelakaan mobil serius pada 1969. Pada April 1971, Beck mengumpulkan lineup dari band barunya, Jeff Beck Group, yang memiliki nama sama dengan grup sebelumnya tapi memiliki suara yang berbeda secara substansi. Band baru merilis dua album di awal 1970an, Rough and Ready dan Jeff Beck Group.


Beck merekam album yang sukses secara komersil pada pertengahan 1970an. Yang pertama adalah Blow by Blow, dirilis pada 1975, yang memperlihatkan keterampilan teknis Beck dan kemampuan untuk menulis dan memainkan jazz-rock. Rekaman berikutnya, Wired, dirilis pada 1976. Kedua album ini, diproduseri oleh produser The Beatles George Martin, adalah rekaman pertama Beck yang mendapatkan platinum. Sekitar waktu itu, Beck beralih sebagian besar secara eksklusif ke musik instrumental, menampilkan vokal hanya saat diperlukan.


Kini, Beck terus melakukan tur dan merilis album, muncul sebagai tamu pada lagu-lagu oleh Cyndia Lauper, Macy Gray dan Luciano Pavarotti.

Beck sudah memenangkan berbagai Grammy Awards, dan sudah mempengaruhi para musisi dari Slash hingga Joe Perry. The Yardbirds dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada 1992. Beck dilantik sebagai seorang artis solo pada 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...