Laman

Minggu, 19 Juni 2016

SIMON WRIGHT




Lahir pada tanggal 19 Juni 1963 di Oldham, Lancashire, Inggris adalah seorang dramer untuk AC/DC dan Dio. Dia mulai bermain dram pada usia 13 tahun dan menyebut Cozy Powell, Tommy Aldridge, dan John Bonham sebagai pengaruh terbesarnya. Dia juga merupakan dramer untuk band Rhino Bucket.

Wright memulai karirnya dengan band lokal Tora Tora (jangan bingung dengan grup glam metal Amerika), sebelum bergabung dengan grup asal Manchester A II Z, sebuah band new wave of British heavy metal yang didirikan pada 1979 di Manchester, Inggris oleh gitaris Gary Owens. Lineup penuh terdiri dari David Owens (vokal), Gary Owens (gitar), Gam Campbell (bass), Karl Reti (drum). Mereka mendapatkan penggemar di Mancehster, dan dikontrak oleh Polydor Records, mendorong untuk terlibat dalam NWOBHM. Sebuah abum live, The Witch of Berkley, menyusul pada 1980. Reti kemudian digantikan oleh Wright. Band bubar dan Wright segera bermain di Tytan dan rekaman di album debut penuh mereka, Rough Justice, namun; band itu juga bubar tidak lama sebelum perilisan debut ini. 


Pada usia belum genap 20 tahun, dia bergabung dengan AC/DC setelah dramer mereka, Phil Rudd, keluar pada Mei 1983. AC/DC merekam 3 album dengan Wright pada pertengahan-akhir 80-an; Fly On The Wall, Who Made Who dan Blow Up Your Video. Wright meninggalkan grup pada bulan Nopember 1989 untuk bergabung dengan Dio, dan digantikan oleh Chris Slade. Dia bergabung dengan Rhino Buckett saat tidak bekerja dengan Dio untuk menggantikan Liam Jason yang pergi untuk album ketiga mereka, Pain (1994) yang dirilis secara independen. Pada 2007, dia melakukan reuni dengan band dan muncul di album mereka The Hardest Town.


Dia mempunyai 2 masa bersama Dio, 1990-91 dan 1998-2010. Dengan Dio dia telah merekam 4 album studio: Lock Up The Wolves, Magica, Killing The Dragon dan Master of the Moon) dan 2 album live (Evil Or Divine-Live in New York City dan Holy Diver-Live).

Permainan dramnya dapat didengar di album-album milik UFO, Michael Schenker Group dan John Norum.


Pada 2005, Wright berpartisipasi pada sebuah album tribute untuk ikon heavy metal Iron Maiden. Ini adalah yang kedua dari tiga kalinya dia melakukan rekaman album tribute; pengalaman pertama adalah pada 1998 di album tribute AC/DC berjudul Thunderbolt, sedangkan pada 2013 dia ambil bagian di album tribute Dio “This Is Your Life”.


Pada 2006 Wright ikut dalam lagu “Lucy in the Sky with Diamonds” di album Butchering the Beatles, sebuah penghormatan heavy metal.


Pada Agustus 2009, Wright bersatu dengan Joe Lynn Turner, Phil Soussan dan Carlos Cavazo sebagai bagian dari proyek Big Noize, memainkan pertunjukan di Iraq dan Kuwait.


Pada 25 Januari 2013, diumumkan bahwa dia telah bergabung dengan band milik Geoff Tate, Operation: Mindcrime, setelah dikeluarkan dari Queensryche.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...