Laman

Rabu, 15 Juni 2016

NODDY HOLDER, MBE




Lahir di wilayah Caldmore, dekat pusat Walsall, Staffordshire, Inggris pada 15 Juni 1946 dengan nama lengkap Neville John Holder. Saat masih kecil dia pindah dengan keluarganya ke Beechdale Estate, sebuah perumahan di sebelah selatan kota. Putra dari seorang pembersih jendela, Holder lulus Eleven plus exam dan belajar di sebuah grammar school hingga sekolah itu tutup. Dia kemudian belajar di T.P. Riley Comprehensive School baru dan lulus ujian kelas 6 GCE O-level. dia membentuk sebuah grup bernama the Rockin’ Phantoms dengan teman-teman sekolah pada usia 13 tahun, dan dengan uang yang diperoleh dari bekerja paruh waktu, dia membeli sebuah gitar dan sebuah amplifier. Dia juga menggunakan van pembersih jendela milik ayahnya untuk mengantar Robert Plant ke gig dengan band milik Plant pada saat itu, the Tennessee Teens. Holder menjadi profesional dengan sebuah band bernama the Memphis Cutouts dan kemudian dengan Steve Brett & the Mavericks pada awal 1960an membuat empat single untuk Columbia Records.


Pada 1966 drumer Don Powell membujuk Holder untuk bergabung dengan The ‘NBetweens, sebuah grup yang sudah menyertakan gitaris Dave Hill dan bassis/pemain kibord/violinis/penulis lagu Jim Lea. Bersama mereka membentuk band Ambrose Slade, akhirnya menjadi Slade, salah satu band rock dengan penjualan tinggi milik Inggris. Slade juga merekam beberaoa balada, “Everyday” dan “How Does It Feel?” yang sangat mendapatkan pengakuan.


Lea dan Holder menjadi rekanan penulisan lagu paling sukses milik grup, menggubah hampir semua lagu band. Band menghasilkan 21 single hit dan merilis 15 album dalam 25 tahun karir mereka sebagai lineup asli.

Slade sangat dikenang untuk single “Merry Xmas Everybody” ditulis oleh Holder dan Lea. Holder merekam single itu dengan Slade pada 1973, dan lagu itu menjadi nomor satu yang keenam untuk band dan single ketiga Slade yang langsung menjadi nomor satu di UK chart. “Merry Xmas Everybody” tetap terkenal sejak itu dan menjadi lagu klasik. Hingga kini, di UK saja, penjualan lagu ini mencapai jutaan buah.

Setelah 25 tahun dengan Slade, Holder pergi untuk menjalani karir diluar musik, dengan jabatan rutin sebagai pembawa acara radio, tv, aktor dan artis pengisi suara.

Selama 1982, Holder berkembang ke produksi dan bekerja dengan teman sekolah lamanya Phil Burnell dan bandnya Three Phase pada satu single “All I Want To Do Is (Fall In Love With You)”, yang merupakan rilisan satu-satunya band. Holder dan Burnell memproduseri single itu bersama, dan diterbitkan dibawah Noddy Holder Music Ltd./Whild John Music Ltd., dan dirilis via Speed Records. Single itu tidak masuk ke UK chart, karena mendapatkan promosi yang terbatas.

Selama akhir 1983, Holder melakukan beberapa pekerjaan produksi dengan band Amerika The First, yang datang ke Inggris dari Boston, Massachusetts di Amerika, terutama untuk bekerja dengan dia, walaupun tidak pernah merilis materi apapun. Pada akhir 1983, baik Holder dan Lea memproduseri cover Girlschool dari lagu T-Rex “20th Century Boy” dan kemudian album “Play Dirty” yang menampilkan dua lagu Slade “Burning in the Heat of Love” dan “High and Dry”. Lagu “High and Dry” awalnya ditulis untuk Girlschool tapi masih muncul di album Slade di tahun yang sama. Pada 1985, Holder ikut menulis, dan menyanyikan vokal latar pada single “Citizen Kane” yang dirilis Lea dibawah namanya.

Pada 1988, Holder merekam “Tear into the Weekend” untuk iklan Pepsi di Canada. Pada 1989 Holder mengisi vokal untuk membantu Dave Hill (gitaris Slade) dan grupnya yang baru terbentuk Blessings in Disguise yang juga menampilkan mantan pemain kibord Wizard, Bill Hunt, Craig Fenney dan Bob Lamb. Single debut, dirilis pada 1989 untuk pasar Natal adalah sebuah cover dari The Everly Brothers “Crying in the Rain”, didukung oleh komposisi Hill/Hunt, “Wild Nights”. Band juga merekam sebuah cover dari lagu Elvis Presley “A Fool Such As I” yang tidak dirilis. Single berikut dan final milik Blessings in Disguise, “Chance to Be” tidak menampilkan Holder.

Holder juga muncul di game paneltv Pop Quiz, yang dipandu oleh Mike Read. Pada Desember 2015 dia muncul sebagai seorang pembawa acara di Songs of Praise milik tv BBC.

Sejak keluar dari Slade pada tahun 1992, dia telah muncul di ratusan acara tv, terutama seri komedi/drama milik ITV The Grimleys (1996-2001) sebagai guru musik klasik Neville Holder. Untuk seri ini, dia merekam versi akustik dari lagu-lagu Slade "Coz I Love You", "Cum on Feel the Noize", "Mama Weer All Crazee Now" dan "Everyday".

Dia memiliki acara radio sendiri di Piccadilly 1152 dan Key 103 di Manchester, yang disiarkan di negara itu selama 1990an, kemudian di Century and capitol Radio dari 2000 hingga 2004.

Holder juga membawakan 31 episode dari Noddy’s Electric Ladyland, sebuah acara kuis tv. Dia adalah kapten tim di seri musik BBC1, A Question of Pop dan diabadikan sebagai karakter boneka Banger di acara tv Bob the Builder.

Pada tahun 1999 otobiografinya, Who's Crazee Now?, dipublikasikan oleh Ebury. Diperbaharui pada tahun 2001 dan masih tersedia secara online. Buku itu ditulis oleh Noddy dan Lisa Verrico. 

Noddy diberi anugerah MBE pada 2000 untuk jasanya dalam bisnis pertunjukan. Pada 1996 dia adalah subyek dari acara tv This Is Your Life.

Pada 8 Desember 2000, Holder membuat sebuah pemunculan cameo di episode live dari Coronation Street milik tv Granada, sebagai seorang karakter bernama Stan. Ini menandakan ulang tahun ke 40 dari acara itu.

Suara Holder secara terkenal digunakan dalam pengumuman lift di the Walsall New Art Gallery.

Pada November 2004, Noddy menjadi bintang tamu di Max and Paddy’s Road to Nowhere milik Peter Kay – dimana dia memainkan seorang mekanik garasi bernama Mick Bustin. Adegan ini difilmkan di Boston. Juga untuk 25 tahun terakhir Holder sudah menyuarakan, menyanyi dan tampil di banyak iklan untuk tv, film dan radio.

Pada 2006. Holder membuat sebuah pemunculan tamu di video musik untuk single Misty’s Big Adventure, “Fashion Parade”.

Holder adalah kritikus dan contributor tv rutin untuk The Radcliffe and Maconie Show di BBC Radio 2 untuk delapan tahun, dan ketiganya sering membicarakan tentang gossip bintang rock daro semua era. Radclife sering memanggil Holder sebagai ‘Sir Nodward of Holdershire’.

Untuk merayakan tahun profesional ke 50-nya dalam bisnis hiburan, Holder melakukan tur UK selama Mei 2013 dengan Mark Radcliffe untuk serangkaian acara intim ‘In concersation with’. Tempat untuk bagian musim semi dari tur termasuk Bolton, Leeds, Durham, Telford, Preston, Redditch, Buxton dan Harrogate. Selama sebagian besar dari pertunjukan itu Holder menampilkan sejumlah acara akustik.

Holder adalah selebritas ketiga yang dilantik ke dalam Birmingham Walk of Stars. 27.000 orang hadir di acara pelantikannya, yang berlangsung pada 9 Desember 2007 di Birmingham’s 2007 Canal Boat Light Parade.

Sejak Natal 2007, Noddy secara tahunan merekam sebuah acara tv countdown dari lagu hit Natal. Dia adalah maskot Nobby’s Nuts mengikuti kampanya tv terkenal.

Holder juga membuat sebuah pemunculan pada edisi Natal 2008 dari acara kuis berita humor BBC, Have I Got News for You sebagai seorang anggota dari tim Paul Merton.

Pada Januari 2010, Holder dan istrinya muncul di All Star Mr. and Mrs. Di ITV, dimana mereka memenangkan hadiah 30.000 pound untuk badan amal NSPCC.

Pada 2011, Holder sebagai ‘King of the Sizzle’ mengomandani Bristish Sausage Week, melakukan tur keliling negeri untuk menemukan Best British Bangers dan untuk mempromosikan dukungan untuk para petani dan tukang jagal Inggris. Kemudian tahun itu, dia juga menampilkan sebuah versi satu orang terbaru dari A Christmas Carol di Union Chapel venue di London. Ada sajian musik yang dimainkan oleh sebuah band akustik membawakan lagu-lagu Natal yang tidak biasa yang dilengkapi dengan dua mellotron. Dengan kesuksesannya, produser acara itu berharap mereka dapat membawanya melakukan tur.

Holder tampil sebagai “Geoff’s Dad” in komedi BBC Radio 4, Hobby Bobbies. Seri 1 disiarkan pada Juli/Agustus 2013 dan seri 2 pada November/Desember 2014.

Pada 24 Juni 2014, Holder dianugerahi the freedom dari kota asalnya Walsall, membuatnya menjadi orang terhormat di wilayah itu.

Pada 25 September 2014 dia merilis buku keduanya via Constable, berjudul The World According to Noddy.

Pada hari Natal 2015 Holder muncul dalam sebuah peran cameo di tv BBC, Mrs Brown’s Boys.

Noddy menikahi produser tv Suzan Price pada 2004, dengan siapa dia memiliki seorang putra, Django (namanya diambil dari Django Reinhardt). Dari pernikahan sebelumnya, Holder memiliki 2 orang putri, Jessie dan Charisse.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...