Laman

Rabu, 29 Juni 2016

IAN PAICE




Lahir dengan nama Ian Anderson Paice pada 29 Juni 1948 di Nottingham, Inggris, dikenal sebagai drummer Deep Purple. Saat kepergian Jon Lord pada 2002, dia merupakan anggota band asli yang tersisa, dan satu-satunya anggota yang muncul pada album yang telah dirilis oleh band. 


Dia pindah ke bagian selatan Inggris di awal masa anak-anaknya, Ian Paice mendapatkan perangkat dramnya saat berumur 15 tahun. Dia memulai karir profesionalnya pada akhir 50-an bermain band dansa milik ayahnya. Dia bermain dengan band pertama yang bernama Georgie & the Rave-Ons, yang kemudian berganti nama menjadi The Shindigs merilis single pertama mereka yang menampilkan Ian Paice yang berusia 17 tahun dan George Adams.


Pada tahun 1966 dia bergabung dengan The MI5, yang kemudian berganti nama menjadi The Maze dan menghasilkan sejumlah single, yang direkam di Italia dan Perancis. Band ini menampilkan Rod Evans, yang bersama Ian Paice membentuk lineup asli Deep Purple pada Februari 1968.


Selama waktu tersebut Ian Paice sibuk menjadi musisi sesi untuk berbagai artis dari produser terkenal era 60-an Derek Lawrence.

Setelah Deep Purpke dibubarkan, Ian Paice kemudian membentuk sebuah supergrup baru, Paice Ashton Lord pada 1976. Band ini juga menyertakan penyanyi/pianis Tony Ashton, organis Jon Lord, gitaris/vokalis Bernie Marsden dan bassis Paul Martinez merekam satu album, Malice in Wonderland dan mereka hanya memainkan lima pertunjukan. Band diistirahatkan pada 1977, setengah jalan dalam perekaman album kedua grup. Mereka pada akhirnya bubar, terutama karena Tony Ashton merasa nyaman di rumah dan memainkan pertunjukan di klub kecil.


Pada Agustus 1979, Paice diminta oleh David Coverdale untuk bergabung dengan Whitesnake di tur Jepang untuk album Lovehunter. Dia bertahan dengan band selama hampir 3 tahun. Dia muncul di album-album Whitesnake; Ready an’ Willing (1980), Live…in the Heart of the City (1980), Come an’ Get It (1981) dan Saints & Sinners (1982).


Inkarnasi Whitesnake ini juga menampilkan Jon Lord yang berarti tiga anggota dari lineup Mark III dari Whitesnake ada di Whitesnake selama periode ini. Mengikuti perbedaan musikal dengan David Coverdale, Paice meninggalkan Whitensnake pada Januari 1982.


Pada November 1982 Paice bergabung dengan Gary Moore untuk sebuah album (“Corridors of Power”). Hal itu menjadi hal yang baik bahwa manajer Moore datang dengan ide dari Moore dan Paice membentuk sebuah band bersama dibawah nama Moore, maka pihak manajemen akan menangani sisi bisnis dari proyek ini dengan Paice lebih besar tertarik dalam band.


Kolaborasi ini menjadi suatu kesuksesan dan menghasilkan dua album dan tur yang luas. Paice meninggalkan band Moore pada April 1984 untuk bergabung kembali dengan Deep Purple, dan dia bertahan di Deep Purple hingga hari ini.


Pada 1973 Paice ada diantara para musisi rock Inggris yang diundang oleh Eddie Harris, seorang pemain jazz Amerika, untuk ambil bagian di sesi London Harris di Morgan Studios. Paice bermain di dua lagu: “He’s Island Man” dan “I’ve Tried Everything” bersama dengan Jeff Beck, Steve Winwood dan Rick Grech. Album itu berjudul E.H. in the U.K. – The Eddie Harris London Sessions, diproduseri oleh Geoffrey Haslam, yang dirilis tahun berikutnya melalui Atlantic Records.


Pada 1983 Paice ambil, bagian di salah satu rekaman penghormatan pertama oleh orkestra simfoni untuk sebuah band rock. Arrested – The Music of Police adalah usaha gabungan oleh the Royal Philharmonic Orchestra dikonduktori oleh Don Airey dan menggabungkan para musisi rock (artis lain yang terlibat termasuk Neil Murray, Graham Bopnnet, Chris Thompson, Gary Moore, Roy Wood, Keth Airey dan Raff Ravenscroft). Sesi ini berlangsung di London, di Abbey Road, tapi juga di Los Angeles.


Pada Juli 1989 Paice ambil bagian dalam sesi rekaman milik George Harrison di Friar Park, yang menghasilkan tiga buah lagu “Cheer Down”, “Cockamimie Business” dan “Poor Little Girl”, yang juga menampilkan Jeff Lynne, Jim Horn dan Richard Tandy. Lagu-lagu tersebut direkam untuk album kompilasi Best of Dark Horse 1976-1989, dirilis pada Oktober tahun yang sama. Tujuan album ini adalah untuk menutup kewajiban kontrak milik Harrison pada Warner Brothers. “Cheer Down” juga dirilis di album soundtrack Lethal Weapon (1989).


Pada Maret 1999 Paice bergabung dengan Paul McCartney di Abbey Road Studios untuk rekaman dari Run Devil Run, dirilis pada Oktober tahun itu. Lineup juga menampilkan David Gilmoue dari Pink Floyd dan Mick Green dari The Pirates. Paice juga bergabung dengan lineup album di tiga penampilan pada September dan Desember 1999, termasuk sebuah pertunjukan di Cavern Club yang terkenal. Steve Morse mengatakan tentang Ian Paice: “Dia seperti Ringo yang sangat berat. Dia sangat bagus pada drum, tapi tidak ingin membesar-besarkan tentang itu.”


Pada 2001 Paice menjadi tamu di album Living on the Outside milik Jim Capaldi. Dia memainkan lagu rock and roll bergaya 1960an “Anna Julia” dan lagu berorientasi gitar “We’re Not Alone”. “Anna Julia”, yang juga dirilis sebagai single dan menjadi hit yang diperhitungkan, juga menampilkan George Harrison dan Paul Weller.

Paice sudah bekerja pada sejumlah kesempatan dengan mantan drummer Spencer Davis Group, Pete York. Pada Desember 2001 keduanya memainkan tur klub kecil di Jerman, memainkan dua drum di atas panggung, didukung oleh Colin Hodgkinson (bass) dan Miller Anderson (gitar, vokal). Terpisah dari daftar lagu rutin dari katalog milik York dan Paice, pertunjukan itu menampilkan demonstrasi drum dari keduanya dan sesi tanya jawab.

Piace sering bergabung di panggung dengan gitaris Italia Tolo Marton, dengan siapa dia sudah tampil pada banyak kesempatan selama beberapa dekade terakhir. Album live milik Marton Dal Vero (2002) menampilkan Ian Paice pada klasik milik Jimi Hendrix “Stone Free” dan “Hey Joe”. Sejak 2005 dia sudah terlibat dalam Moonstone Project yang dipimpin oleh gitaris Italia Matteo Flippini. Band tampil secara rutin terutama di Italia. Mereka juga merilis dua album studio dimana Paice menjadi tamu pada kedua album itu. Time to Take a Stand (2006) menampilkan dua lagu yang menampilkan baik Ian Paice dan Glenn Hughes, tampil bersama untuk pertama kalinya sejak 1976.

Daftar panjang milik Paice sangat dipuja secara luas termasuk Chad Smith dari Red Hot Chili Peppers. Pada 21 Juni 2004 Smith dan Paice bergabung di peluncuran dari the London Drum Company. Tahun selanjutnya mereka juga bermain bersama di the Modern Drummer Festival di New Jersey Performing Arts Center. Kedua penampilan itu dirilis dalam bentuk DVD.

Pada pertengahan 2011 Paice ambil bagian di rekaman all-star dari Seeking Major Tom milik William Shatner, album keempat aktor itu, sebuah koleksi dari lagu cover bertema ruang angkasa. Paice memainkan rendisi dari “Space Truckin’” milik Deep Purple bersama Johnny Winter. Album ini juga menampilkan mantan pemain gitar Deep Purple, Ritchie Blackmore.

Pada 19 Juni 1992 Paice adalah musisi tamu yang tampil di konser amal Leukaemia Research di Oxford. Konser itu menampilkan para anggota dari Bad Company dan Procol Harum juga Gary Moore dan Tony Ashton.

Pada 20 Oktober 1992 di New York City, paice bermain di the John Bonham Tribute bersama Jason Bonham, Tommy Aldridge, Denny Carmassi, dan Frankie Banali. Paice menampilkan “The Rover” yang diambil darei album Physical Graffiti milik Led Zeppelin.

Ian Paice bergabung dengan Tony Ashton di dua penampilan di the Hell Blues Festival pada 10 dan 11 September 1999 di Norwegia. Band juga menampilkan Paul Martinez pada bass yang pernah bermain bersama Ashton dan paice di Paice Ashton Lord pada 1976/1977. Namun, grup ini terdaftar sebagai Tony Ashton & Legendary Friends.

Ian Paice mengibur lebih dari 1000 orang di sebuah konser amal khusus di Reading pada 13 Januari 2006. Ini adalah sebuah acara yang sangat sukses, yang menggalang lebih dari 7000 pound, yang diatur oleh Chris Wright, MD dari DrumWright. Pertunjukan ini diadakan untuk membantu Tong-Len, yang mendukung pendidikan utama untuk anak-anak yang tidak mampu di India bagian Utara.

Pada 31 Maret – 1 April 2006 Paice bergabung dengan Don Airey, Thomas Blug dan Thijs van Leer di penampilan yang diadakan selama ProLight+Sound fair di Frankfurt, Jerman. Pertunjukan ini menampilkan lagu-lagu dari album Spectrum milik Billy Cobham juga lagu-lagu oleh Deep Purple dan Focus. 

Sejak 2006 Paice juga terlibat di The Sunflower Jam, sebuah badan amal London yang didirikan oleh istrinya Jacky paice dan juga melibatkan aktor Jeremy Irons. Paice biasanya tampil sebagai anggota dari band tetap SunflowerJam. Dia sudah tampil disana dengan Robert Plant, Brian May, John Paul Jones, Gary Moore dan Bruce Dickinson.

Pada 2 Maret 2007 Paice mengadakan klinik drum yang diadakan oleh University of Glamorgan. Pertunjukan diadakan dengan kerjasama dengan ATRiuM the University’s Cardiff School of Craetive & Cultural Industries. Berkomentar setelah pertunjukan Paice mengatakan: “ATRiuM akan menjadi tempat yang besar untuk para musisi muda untuk memperlajari keterampilan mereka, tidak menyebutkan semua hal lain yang mereka dapatkan disana. Klinik drum milik saya akan sangat diharapkan didemonstrasikan bahwa drummer juga musisi, meskipun candaan!”.

Pada 13 Januari 2008 Paice ambil bagian di konser amal ChildLine Rocks di London, dimana dia bermain dengan mantan bassis Deep Purple Glenn Hughes untuk pertama kali sejak 1976.

Pada 24 Mei 2008 Paice berpartisipasi dalam konser “Rock Legends Adventure di Cologne, Jerman. Dia bergabung dengan lineup all-star yang menampilkan antara lain Pete York, Leland Sklar, Steve Lukather, Bobby Kimball dan John Miles. Paice memainkan 10 dari 32 lagu yang ditampilkan malam itu, termasuk “You Really Got Me” milik The Kinks, “I Saw Her Standing There” dan “Come Together milik The Beatles, “One Way Out” milik Allman Brothers Band, “Superstition” milik Stevie Wonder dan “Smoke on the Water” milik Deep Purple.

Ian Paice muncul di Pearl Day (acara drum Pearl) yang diadakan pada 1 Juni 2008 di the East Midlands Conference Centre di Nottingham, UK. Selain Paice, para tamu menampilkan Jerry Brown, Mark Bezezecki, Jimmy DeGrasso, Darrin Mooney, dan Dan Foord.
Pada 6 September 2009 Paice bergabung dengan Neil Murray, Doogie White, Jonathan Noyce, Clive Bunker dan Phil Hilborne di konser “Night with Jethro Tull and Deep Purple” di Turin, Italia.

Pada 18 April 2010 Paice, Jon Lord dan frontman Iron Maiden Bruce Dickinson bersama para aktor terkemuka (Gillian Anderson, Julie Christie, Sinead Cusack, Emilia Fox, Derek Jacobi, Zoe Wanamaker, James Wilby) untuk mendukung Survival International di Apollo Theatre di London untuk acara penggalangan dana “We are One – a celebration of tribal peoples”, diciptakan oleh aktor Mark Rylance. 

Pada 2 April 2012 Paice tampil di the Buddy Rich 25th Anniversary Memorial Concert di the London Palladium. Dia diikuti di panggung oleh the Buddy Rich Orchestra dan Bruce Dickinson.

Pada 16 September 2012, Paice muncul di konser amal the Sunflower Jam di Royal Albert Hall, tampil disamping gitaris Brian May dari Queen, bassis John Paul Jones dari Led Zeppelin, dan vokalis Bruce Dickinson dan Alice Cooper.

Pengaruh awal Paice terdiri dari dramer jazz dan rock seperti Gene Krupa, Buddy Rich, Bobby Elliot, Ringo Starr, Charles Connor, dan kemudian dia terinspirasi oleh Carmine Appice, Ginger Baker dan Mitch Mitchell.

Ian Paice menikah dan mempunyai 3 anak: James, Emmy dan Calli. Istrinya, Jacky, adalah saudari kembar dari istri Jon Lord, Vicky.

Dikabarkan (dan bahkan disebut oleh mantan gitaris Gillan Bernie Torme dalam sebuah wawancara) bahwa Paice hanya memiliki satu paru-paru. Kenyataannya, dia hanya kehilangan sebuah bagian dari bagian terbawah di paru-paru kirinya, karena kontraksi dari pneumonia saat dia berusia 6 tahun dan menjadi tuberculosis.

Dia selalu terlihat menggunakan kacamata dengan lensa berwarna biru (atau terkadang hijau atau ungu).

Paice adalah seorag pendukung rugby Inggris dan memiliki pengetahuan yang bagus dari permainan ini, putranya James bermain untuk jangka yang panjang. Dia membicarakan tentang hal ini dalam acara “Oval Bin” dengan Luca Tramontin.

Pada April 2015 Ian Paice disebut sebagai Rock Drummer of The Year 2015 oleh majalah "Modern Drummer", dimana dia juga dilantik ke dalam Hall of Fame oleh majalah tersebut.

Paice, sebagai salah satu anggota Deep Purple, dilantik kedalam Rock and Roll Hall of Fame pada 2016.

Pada 14 Juni 2016, dia menderita serangan transient ischaemic, atau mini stroke. Hal ini membuat Deep Purple membatalkan dua konser yang direncanakan di Swedia pada minggu itu. Dia berkata setelah insiden bahwa “tidak ada kerusakan yang serius atau permanen” dan berharap kembali untuk tampil pada Juli. Dia menambahkan bahwa konser yang dibatalkan adalah penampilan Deep Purple pertama dimana dia harus memaksa pembatalan sejak dia ikut mendirikan band pada 1968.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...