Laman

Kamis, 23 Juni 2016

RANDY JACKSON




Lahir pada 23 Juni 1956 di Baton Rouge, Louisiana, AS dengan nama Randall Darius Jackson, adalah seorang bassis, mantan juri kompetisi musik televisi, penyanyi, produser rekaman, pengusaha dan pembawa acara televisi. Dia dikenal sebagai mantan juri American Idol dan produser eksekutif untuk acara America's Best Dance Crew milik MTV. Randy sudah memenangkan Grammy Award sebagai seorang produser.

Dia adalah putra dari Julia, seorang ibu rumah tangga, dan Herman Jackson, seorang mandor alat berat. Pernikahan pertamanya, dengan Elizabeth Jackson, berakhir pada 1990; mereka memiliki seorang putri bernama Taylor. Pada 1995, Jackson menikahi Erika Riker, dengan siapa dia memiliki dua anak, seorang putri bernama Zoe dan seorang putra bernama Jordan. Pada 2003, Jackson kehilangan berat badan sebesar 114 pound (52 kg) mengikuti gastric bypass surgery. Dia menyatakan pada sebuah iklan tv pada Februari 2008 bahwa dia menderita type 2 diabetes.

Pada awal 1980an dia bermain di tiga album untuk Jean-Luc Ponty dan dengan band rock Taxxi. Dari 1986 hingga 1987 dia adalah musisi sesi untuk grup rock Journey. Jackson bermai di album1986 milik Journey, Raised on Radio. Dia pindah ke Italia pada akhir 1980an dan bermain di rekaman oleh pop star Italia Zucchero. Rekaman itu, Zucchero and th Randy Jackson Band, diproduseri oleh Corrado Rustici yang bermain gitar dengan Jackson di banyak album di awal 1980an. Dia juga bermain dengan Billy Cobham.

Pada tahun 1985, Keith Richards diminta untuk menyiapkan musik bagi komedi Jumpin' Jack Flash milik Whoopi Goldberg. Keith membentuk band all-star yang terdiri dari Aretha Franklin pada piano dan vokal utama dan Randy Pada bass. Lagu ini adalah trek keempat pada album Aretha pada tahun 1986 yang berjudul Aretha. Jackson dapat dilihat di video lagu ini.

Pada akhir 1980an, Jackson masih melakukan kerja sesi. Dia paling menonjol di album solo pertama oleh gitaris sesi terkenal Steve Lukather. Jackson adalah pemain bass yang muncul pada lima lagu pada album 1989 milik Maze “Silky Soul”. Dia juga tampil di beberapa album Kenny G.


Jackson adalah pemain bass di album self title 1991 milik Divinyls (yang menampilkan lagu “I Touch Myself”) juga tampil sebagai bassis pada beberapa lagu dari rilisan 1992 Tracy Chapman, Matters of the Heart. Dia tampil di single-single “Bang Bang Bang”, “Open Arms”, dan “Dreaming on a World”. Tahun yang sama itu, Jackson juga memainkan bass di lagu milik Bruce Springsteen “Human Touch”.

Jackson sudah melakukan rekaman, menjadi produser, atau tur dengan banyak artis dan band terkenal, mulai dari Mariah Carey (dia sudah bekerja sama dengan Carey selama karir Carey, menjadi pengarah musiknya untuk sejumlah tur Carey; dia membentuk bagian band Carey selama sejumlah penampilan termasuk Live 8 in London pada 2005) hingga ‘N Sync, Whitney Houston (produser), Dionne Farris (CD debut yang diakui secara kritis, Wild-Seed Wild-Flower), Celine Dion, Fergie (saat dia masih di Wild Orchid), Stryper, dan Madonna (dia memainkan beberapa bass di albumnya Like a Prayer walaupun bukan pada single dengan judul yang sama).

Randy bermain beberapa kali dengan band pengiring Jean-Luc Ponty. Sebagai musisi sesi dia telah bekerja dengan Aldo Nova, George Benson, Blue Oyster Cult, Jon Bon Jovi, Michael Bolton, Clarence “Gatemouth” Brown, Billy Cobham, Bob Dylan, Aretha Franklin, Herbie Hancock, Ernie Isley, Billy Joel, Brent Bourgeois, Journey, Richard Marx, George Michael, Stevie Nicks, Imogen Heap, Bruce Springsteen, dan Roger Waters hingga bermain di Grand Ole Opry dengan The Charlie Daniels Band. Hasil produksi dan karya penulisan lagunya di San Fransisco Bay Area dengan Narada Michael Walden dan Walter Afanasieff membawa Jackson menjadi diminta sebagai produser juga.

Pada 11 Maret 2008, Jackson merilis sebuah album yang sepenuhnya diproduseri olehnya, berjudul Randy Jackson’s Music Club, Vol. 1. Rilisan album ini didahului oleh single “Dance Like There’s No Tomorrow” dinyanyikan oleh Paul Abdul. Pada 2009, Randy mulai bekerja dengan mantan finalis Idol Kimberley Locke, memproduseri album keempatnya. Single utama, “Strobe Light”, dirilis pada 16 Maret 2010. Pada Februari 2010, Jackson berpartisipasi dalam We Are the World 25 for Haiti sebagai bagian dari kor.

Jackson adalah manajer untuk band berbasis Charlotte, Paper Tongues. Dengan bantuan Jackson, mereka bersepakat dengan label mayor, A&M/Octone ecords. Dia juga bekerja sebagai seorang eksekutif, menghabiskan delapan tahun sebagai wakil presiden dari artis dan repertoire (A&R) di Columbia Records dan empat tahun mengepalai A&R di MCA Records. 

Dimulai pada 2002, Jackson adalah salah satu dari dewan juri di seri tv realitas Fox Network American Idol, bersama dengan Paula Abdul (2002-2009), Simon Cowell (2002-2010), Kara DioGuardi (2009-2010), Ellen DeGeneres (2010), Jennifer Lopez (2011-2012), Steven Tyler (2011-2012), Nicki Minaj (2013), Mariah Carey (2013) dan Keith Urban (2013). Sebagai akibat dari kepergian Cowell, Jackson tertinggal sebagai juri asli tunggal di America Idol. Perannya awalnya hanya sebagai mentor, maka musim 2013 akan ada juri baru, tapi kemudian diputuskan bahwa dia kan tetap sebagai juri untuk musim 12. Pada 9 Mei 2013, Jackson mengumumkan bahwa dia akan meninggalkan American Idol setelah duabelas musim karena dia menginginkan untuk fokus pada bidang bisnis lainnya. Pada 3 September 2013, diumumkan bahwa Jackson akan menggantikan Jimmy Iovine sebagai mentor in-house di American Idol. Dia meninggalkan seri ini selamanya pada November 2014.

Jackson juga membawakan sebuah acara radio top 40 countdown dikenal sebagai Randy Jackson’s Hit List, dimana diadakan oleh Westwood One. Setiap minggu, Jackson menghitung mundur hit top 30 Urban AC dan Mainstream AC miliknya. Dia juga memberikan informasi di belakang layar tentang American Idol di stasiun radio internet Artist Underground.

Jackson memproduseri America’s Best Dance Crew, sebuah kompetisi tari grup Amerika dan pertunjukan tv realitas, yang tayang perdana pada 7 Februari 2008 di MTV dan ditunda pada 2010 karena rating yang menurun. Setiap minggu, tim menunjukan bakat kreatif mereka dalam koreografi dan keterampilan tari mereka, dan satu kru dieliminasi oleh hakim. Kompetisi ini berlanjut hingga kru tari pemenang tunggal dianugerahi gelar America’s Best Dance Crew, dan hadiah tunai sebesar $100.000. Jackson mengakui menggunakan pertunjukan ini sebagai batu loncatan untuk perusahaan keuangannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...