Laman

Jumat, 10 Juni 2016

KIM DEAL




Lahir dengan nama Kimberley Ann Deal pada 10 Juni 1961 di Daytona, Ohio. Ayahnya adalah ahli fisika laser yang bekerja dekat Wright-Patterson Air Force Base. Kim dan saudari kembar identikya Kelley diperkenalkan dengan musik pada usia muda; keduanya menyanyi pada “two-track, quarter inch, tape” saat mereka berusia “empat atau lima”, dan tumbuh dengan mendengarkan band-band hard rock seperti AC/DC dan Led Zeppelin. Saat Deal berusia 11 tahun, dia mempelajari “King of the Road” milik Roger Miller dengan gitar akustik. Di SMA, di Wayne High School di Huber Heights, dia adalah seorang pemandu sorak dan sering bermasalah dengan pihak berwenang. “Kami adalah para gadis yang terkenal,” Kelley menjelaskan. “Kami memiliki tingkatan yang bagus dan berolahraga.”

Namun, didesak oleh pilihan beragama, Deal memilih untuk menjadi seorang ateis. Saat remaja, dia membentuk sebuah band folk rock bernama The Breeders dengan adiknya. Dia kemudian menjadi seorang penulis lagu yang aktif, saat dia mengetahui mudah untuk menulis lagu daripada meng-cover mereka. Deal bersaudari membawa mikrofon, eight track tape recorder, sebuah mixer, speaker, dan amplike sebuah studio kamar tidur.


Setelah SMA, Deal belajar di tujuh kampus yang berbeda, termasuk The Ohio State University, tapi tidak lulus dari salah satupun dari kampus-kampus tersebut. Dia akhirnya menerima gelar yang setara dalam biologi dan mengambil beberapa pekerjaan di cellular biology, termasuk bekerja di laboratorium rumah sakit dan lab biochemical.


Deal bergabung dengan Pixies pada Januari 1986 sebagai bassis band, mengadopsi nama panggung Mrs. John Murphy untuk album-album Come on Pligrim (1987) dan Surfer Rosa (1988). Mengikuti Doolittle (1989) dan hiatus Pixies, dia membentuk The Breeders, nama yang diambil dari band folk yang dia bentuk dengan Kelley saat remaja, dengan Tanya Donelly, Josephine Wiggs dan kemudian memperkenalkan saudari kembarnya Kelley Deal. Pixies bubar pada awal 1993.


Setelah Pixies, Deal kembali memfokuskan pada The Breeders, yang merilis album Pod (1990), Bossanova (1990), Trompe le Monde (1991) dan album dengan penjualan platinum Last Splash pada 1993. Pada 1994 The Breeders hiatus setelah Kelley masuk ke rehabilitasi narkoba. Selama istirahat delapan tahun mereka, Deal mengadopsi nama panggung Tammy Ampersand dan membentuk The Amps, merekam sebuah album single, Pacer pada 1995. Dia mengulangi perannya sebagai gitaris The Breeders untuk album ketiga mereka Title TK pada 2002, dan kembali ke Pixies saat mereka melakukan reuni pada 2004. Dia meninggalkan Pixies pada 2013.


Pada Desember 2012, Deal memainkan sebuah pertunjukan solo di All Tomorrow’s Parties “Nightmare Before Christmas” festival di UK, melakukan debut beberapa lagu baru. Pada waktu yang sama, dia merilis solo single pertamanya, “Walking with a Killer,” dan mengumumkan niatnya untuk mengeluarkan materi solo selanjutnya pada 2013.

Pada April 2013, 4AD merilis LSXX, sebuah edisi ulang tahun ke 20 dari album The Breeders, Last Splash. Deal bereuni dengan Kelley Deal, Josephine Wiggs, dan Jim Macpershon untuk tur ulang tahun Last Splash di Amerika Utara, Eropa dan Australia. Pada Agustus 2014, dilaporkan bahwa lineup yang sama itu sedang mengerjakan materi baru.


Deal bertemu John Murphy, seorang kontraktor pertahanan Angkatan Udara yang baru pindah dari Dayton, melalui kakak lelakinya, Kevin. Murphy dan Deal memulai hubungan romantic. Walaupun Murphy sendiri bukan seorang musisi, dia menulis lagu “Hoverin’” dengan Deal. Pasangan itu menikah pada Memorial Day, 1985, dan pindah ke Boston, kota asal Murphy, pada Januari 1986. Pasangan itu bercerai pada 1988.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...