Laman

Kamis, 09 Juni 2016

TREVOR BOLDER




Lahir pada tanggal 9 Juni 1950 di Kingston upon Hull, East Riding of Yorkshire, Inggris, adalah bassis, penulis lagu dan produser rekaman asal Inggris. Dia terkenal sebagai bassis Uriah Heep dan kerjasamanya dengan The Spiders from Mars, band pengiring untuk David Bowie, walaupun dia juga bermain dengan beragam musisi pada awal 1970-an.


Ayahnya adalah seorang pemain trumpet dan anggota lain dari keluarganya juga musisi. Dia memainkan cornet (mirip dengan trumpet) di band sekolah dan katif di kancah R&B lokal pada pertengahan 1960an. Terinspirasi oleh The Beatles, pada tahun 1964 dia membentuk band pertamanya dengan sang kakak dan memainkan bass.


Dia pertama dikenal di The Rats, yang juga menampilkam sesama musisi Hull Mick Ronson pada gitar utama. Pada 1971 dia dipanggil untuk menggantikan Tony Visconti di band pendukung David Bowie, yang kemudian dikenal sebagai the Spiders from Mars. Dia akhirnya muncul di dokumenter 1973 D.A. Pennebaker dan film konser Ziggy Stardust and the Spiders from Mars. Dia dipanggil dengan julukan "Weird" (nama julukan panggung Bowi untuk Bolder) di lagu "Ziggy Stardust" dalam lirik "Ziggy played guitar, jamming god with Weird and Gilly, And The Spiders from Mars". Bolder tidak pernah merasa nyaman sebagai anggota band glam rock.


Permainan  bass Bolder (dan terkadang trumpet) muncul di album studio Hunky Dory (1971), The Rise and Fall of Ziggy Stardust and the Spiders from Mars (1972), Aladdin Sane (1973), dan Pin Ups (1973). Dia juga bermain di album 1974 miliki Ronson, Slaughter on 10th Avenue yang masuk Bristih Top Ten.



Pada 1976 Bolder bergabung dengan Uriah Heep, menggantikan John Wetton. Dia bekerja di album-album Firefly, Innocent Victim, Fallen Angel dan Conquest, saat lineup yang merekam Conquest bubar, Bolder sendiri tertinggal dengan Mick Box, gitaris, anggota pendiri dan pemiliki resmi nama band. Berusaha untuk membentuk lineup bersama untuk sementara dan Bolder, yang memerlukan biaya hidup, menerima tawaran pada 1981 untuk bergabung dengan Wishbone Ash. Secara kebetulan, Bolder kembali bertukar tempat dengan John Wetton, menjadi pemain bass Ash untuk album 1982 mereka Twin Barrels Burning. Itu adalah hubungan singkat, saat pada 1983 dia kembali ke seksi ritem dengan Uriah Heep, bermain di tur Head First (walaupun Bob daisley bermain di album itu) dan semua album sejak itu.



Selain permainan bass rutin dan tugas vokal latar rutinnya, Bolder juga mempoduseri album 1991 milik Heep, Different World.



Pada 2012 dan awal 2013, Bolder belerja dengan Stevie ZeSuicide (Steve Roberts dari band U.K. Subs) sebagai produser pada single "Wild Trash" (ikut ditulis oleh ZeSuicide), "Lady Rocker" dan sebuah cover dari "Ziggy Stardust" Bolder juga bermain pada tiga lagu.


Dia meninggal pada bulan Mei 2013 di Castle Hill Hospital di Cottingham karena kanker. Dia telah menjalani operasi kanker pankreas pada awal tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...