Laman

Kamis, 23 Juni 2016

KIP WINGER




Lahir dengan nama Charles Frederick Winger pada 21 Juni 1961 di Denver, Colorado dari orangtua yang keduanya adalah musisi jazz.

Dia tumbuh dengan bermain di sebuah band bernama Blackwood Creek, dengan kakak-kakaknya Nate dan Paul ditambah temannya Peter Fletcher (mantan Pigmy Love Circus. Blackwood Creek bubar pada 1980. Kip, kakak-kakaknya, dan Fletcher juga bermain di skena bar wilayah Denver menyebut diri mereka Colorado.

Pada usia 16 tahun, Winger mulai belajar musik klasik setelah mendengarkan karya dari para komposer seperti Debussy, Ravel, dan Stravinsky di kelas balet. Pada saat itu dia mengirimkan sebuah demo tape ke Alan Parsons yang menerima tanggapan pribadi. Bertahun-tahun kemudian, saat Winger dipilih sebagai penyanyi utama dari The Alan Parsons Live Project, dia mempersembahkan Parsons dengan surat itu dari 30 tahun sebelumnya.


Pada 1982, dia belajar dengan Sam Guarnaccia di Denver kemudian pindah ke New York City dan menunggu meja sambil mempelajari komposisi dengan Edgar Grana.

Pengalaman komersil pertama Kip Wiger datang pada 1984, saat dia ikut menulis sebuah lagu untuk album ketiga Kix, Midnite Dynamite. Selama waktu itu dia bekerja secara dekat dengan produser rekaman Beau Hill, merekam bass dan vokal pada berbagai rekaman. saat Reb Beach mengerjakan rekaman Beyond the Pale milik Fiona Flanagan di Atlantic, Winger dan Beach saling diperkenalkan dan kemudian mulai merekam demo. Pada 1985, Winger bergabung dengan band milik Alice Cooper. Setelah membuat dua album dengan Cooper, Winger pergi pada Maret 1987 untuk fokus pada band miliknya.


Winger kembali ke New York untuk mengerjakan lagu dengan Reb Beach. Mereka disertai oleh drummer Rod Morgenstein dan pemain kibord Paul Taylor. Mereka awalnya tampil dengan nama Sahara, tapi akhirnya merubah nama mereka menjadi Winger, atas saran Alice Cooper.

Band Winger merilis 3 album, Winger (1988), In the Heart of the Young (1990), dan Pull (1993) sebelum beralih ke karir solo.

Kip winger kemudian pindah ke New Meksiko untuk, bekerja pada karir solonya, dan belajar dengan Richard Hermann di University of New Mexico.


Tragedi menimpa Winger pada November 1996 saat istri pertamanya, Beatrice, tewas dalam sebuah kecelakaan mobil.

Dia mengerjakan dan merekam tiga rekaman solo di Santa Fe, New Mexico:This Conversations Seems Like a Dream, Down Incognito dan Songs from the Ocean Floor.


Pada 2002 Winger pindah ke Nasville, Tennessee dan mulai mengerjakan rekaman solo keempatnya, From the Moon to the Sun (2008), yang dia produseri dengan Cenk Eroglu.

Pada September 2006, diumumkan bahwa Winger akan dibentuk kembali, dengan lineup era Pull, untuk merekam album studio keempat band, IV, dan melakukan tur untuk mendukungnya. Selama tur ini, Winger merekam Winger Live yang dirilis dala, bentuk CD dan DVD pada 2007. Juga ditegaskan bahwa sebuah antologi dari trek langka dan rekaman awal, Demo Anthology (2007) akan dirilis, juga sebuah album edisis terbatas yang ditandatangani, Seventeen: The Demos, yang hanya dibuat sebanyak 300 buah.

Pada 2009, Winger merekam album studio kelima mereka, Karma, yang dianggap sebagai rekaman terbaik mereka. Band melaukan tur AS, Eropa dan Amerika Selatan.


Mengikuti perilisan dari From the Moon to the Sun, Winger belajar dengan Michael Kurek dan membuat komposisi sebuah simfoni 30 menit, “Ghosts”, ditulis untuk alat gesek, piano dan harpa untuk keperluan balet. Penayangan perdana dengan Tucson Symphony Orchestra pada 14-15 Nopember 2009 sudah dikonfirmasi. Koreografer Christopher Wheeldon mencipatakn balet “Ghosts”, yang ditampilkan perdana di San Fransisco Ballet pada Februari 2010 dengan rancangan panggung oleh Laura Jellinek, rancangan tata cahaya oleh M.L. Geiger dan rancangan kostum oleh Mark Zappone.

Winger dinominasikan untuk sebuah Isadora Duncan Award for Excellence in Music. Balet itu sukses dan diadakan kembali untuk musim kedua pada 2010.

Winger diberi anugerah oleh pemerintah dan militer AS dengan diberi sebuah plakat kehormatan dan sebuah bendera historis AS. Komposisi musikalnya, “Blue Suede Shoes”, yang memberikan penghargaan atas jasa dan penghormatan angkatan bersenjata AS dan keluarga mereka, diberi penghargaan. Di sebuah acara penyerahan kejutan selama perekaman acara tv PBS, Legends & Lyrics, Winger dipuji oleh Jenderal Harold Cross untuk karyanya di IV.

Di acara tv Beavis and Butthead, salah satu karakter yang kembali masuk, Stewart Stevenson, menggunakan T-shirt Winger berbeda dengan baju AC/DC dan Metallica yang dipakai oleh Beavis dan Butthead.

Dia sudah berpartisipasi, dan tampil, sebagai konselor utama di Rock Fantasy Camp dengan para musisi lain seperti Roger Daltrey, Steven Tyler, Todd Rundgren, Jack Blades, Kelly Keagy, Bruce Kulick, Bill Leverty, Steve Lukather, Duff Mckagan, Mark Slaughter, Carmine Appice, dan Rudy Sarzo. Dia tampil dalam sebuah episode dari acara tv Amerika “Pawn Stars” pada Mei 2013 sebagai asisten pembawa acara, Rick Harrison, melalui Rock Fantasy Camp.

Pada awal 1990an, Jackson Guitar Compan membuat sebuah Kip Winger Signature Bass.
Selama akhir 1980an Winger mengencani aktris Rachel Hunter.

Istri pertamanya Beatrice Richter, yang dia nikahi pada 1991, meninggal dalam sebuah kecelakaan mobil pada November 1996.

Dia menikahi Paula DeTullio pada Juli 2004. Mereka saat ini tinggal di Nashville, Tennessee.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...