Laman

Jumat, 24 Juni 2016

ARTHUR BROWN "The God of Hellfire"




Lahir dengan nama lengkap Arthur Wilton Brown pada 24 Juni 1942 di Whitby, North Riding of Yorkshire, Inggris. Karena kesuksesan singel "Fire", pers sering memberi julukan pada Arthur sebagai "The God Of Hellfire" merujuk pada teriakan pembuka pada lagu tersebut, sebuah julukan yang tetap melekat hingga kini.

Setelah belajar di Roundhay Grammar School di Leeds, Yorkshire, Brown belajar di University of London dan University of Reading dan mempelajari filosofi dan hukum, tapi malahan dia tertarik pada musik, membentuk band pertamanya, Blues and Brown, saat di Reading. Setelah menjadi komandan di beberapa band di London, Brown kemudian pindah ke Paris pada 1966, dimana dia bekerja denga kemampuan teatrikalnya. Selama periode ini dia merekam dua lagu untuk film Riger Vadim dari novel Emile Zola, la Curee. Kembali ke London sekitar 1966 hingga 1967 dia adalah anggota sementara dari grup R&B/soul/ska berbasis London, The Ramong Sound yang segera menjadi grup soul penghasil hit The Foundations.

Pada saat the Foundations sudah menandatangani kontrak dengan Pye Records Brown meninggalkan grup untuk membentuk bandnya sendiri, The Crazy World of Arthur Brown. Band menampilkan Vincent Crane (Hammon organ da piano), Drachen Theaker (drum), dan Nick Greenwood (bass).

Brown dengan cepat mendapatkan reputasi untuk penampilan yang luar biasa, yang menampilkan penggunaan helm logam yang terbakar, yang terkadang membuat disalahartikan, seperti selama sebuah penampilan awal di Windsor Festival pada 1967, dimana dia memakai colander di kepalnya yang dicelup dalam methanol. Minyak tumpah diatas kepalanya karena kecelakaan da terbakar; seorang yang dekat dengannya memadamkan api dengan menuangkan bir di kepala Brown, mencegah cedera yang serius. Kepala terbakar kemudian menjadi ciri khas Arthur Brown.

Pada sebuah kesempatan dia menari telanjang saat tampil, yang paling mencolok di Palermo Pop 70 Festival di Sisilia, Italia, Juli 1970, dimana dia ditangkap dan dideportasi. Dia juga sangat dikenal untuk tata rias yang ekstrim yang dia gunakan diatas panggung, yang kemudian dicerminkan di aksi panggung dari Alice Cooper dan Kiss. Dia juga terkenal untuk suara bariton operatiknya yang bertenaga dan jeritan tingginya.


Pada 1968, album debut, The Crazy World of Arthur Brown menjadi hit baik di Inggris dan AS. Diproduseri oleh manajer The Who Kit Lambert, dan diproduseri eksekutif oleh Pete Townshend melalui Track Records, label dimulai oleh Lambert dan Chris Stamp, album ini menghasilkan single hit yang mengejutkan, “Fire”, dan berisi versi dari “I Put a Spell on You” oleh Screaming Jay Hawkins, seorang penampil aneh yang serupa. “Fire” terjual sebesar satu juta buah, dan dianugerahi disk emas. Lagu ini memiliki kata pembuka “I am the God of Hellfire” dibuat sample di beberapa tempat lain, paling terkenal di lagu rave 1992 milik The Prodigy “Fire”.

Aksi panggung Brown yang tidak biasa terkadang menyebabkan kesulitan, bahkan membuatnya dikeluarkan dari tur dengan Jimi Hendrix. Pada satu tur, Brown menunggu hingga matahari terbenam, saat bandnya bermain, dan kemudian dia diturunkan ke tengah panggung dari atas, menggunakan pakaian dan helm yang terbuat dari lempengan logam. Bagian dari pakaian dilengkapi api dalam cairan dan bisa menyala. Dalam beberapa kasus, Browm menciptakan persepsi bahwa dia selalu memiliki tujuan untuk menyalakan api diatas panggung, membuat beberapa penyelenggara konser ingin dia membuat perjanjian dengan mereka, jika dia tidak memperlihatkan bahwa dia terluka terhadap api yang tidak terkendali dan kerusakan oleh api.

Theaker digantikan karena memiliki aviophobia pada 1968 oleh drummer Carl Palmer, nantinya di Atomic Rooster dan Emerson, Lake & Palmer, untuk tur Amerika kedua band pada 1969, dimana kibordis Vincent Crane juga pergi – walaupun dia segera kembali. Namun, Crane dan Palmer akhirnya pergi pada Juni 1969 untuk membentuk Atomic Rooster, menandakan akhir untuk The Crazy World of Arthur Brown.

Walaupun Brown tidak pernah merilis rekaman lain yang memliki kesuksesan komersil seperti “Fire”, dia bekerja dengan berbagai grup musisi pada proyek bernama Strangelands, Puddletown Express, dan (secara singkat) Rustic Hinge yang terpengaruh the Captain Beefheart, sebelum merilis tiga album dengan band barunya Kingdom Come pada awal 1970an.


Di tahun-tahun berikutnya, Brown merilis beberapa album solo. Pada 1975 dia muncul di film opera ock Tommy sebagai “The Priest”. Kemudian pada tahun itu dia berkontribusi vokal pada lagu “The Tell-Tale Heart” di album konsep berdasarkan Poe, Tales of Mystery and Imagination oleh The Alan Parsons Project. Pada 1979 dan 1980 dia berkolaborasi dengan musisi elektronik Jerman Klaus Schulze, dan bisa didengar di album-album Dune, …Live…, dan Time Actor.

Pada 1980an, Brown pindah ke Austin, Texas, dan memperoleh gelar master dalam konseling. Pada 17 Januari 1987, Brown membawakan “Fire” di segmen “Flashback” dari acara tv Solid Gold. Bersama dengan mantan drummer Frank Zappa’s Mothers of Invention Jimmy Carl Black, dia juga menjadi seorang pelukis dan tukang kayu untuk beberapa tahun, dan merilis sebuah album dengannya, Brown, Black & Blue, pada 1988.

Pada 1992 Brown dan sesama konselor Jim Maxwell mendirikan Healing Songs Therapy, sebua jasa yang pada akhirnya membuat Brown menciptakan lagu untuk setiap klien tentang masalah emosi mereka.

Brown kembali ke Inggris pada 1996. Pada 1997, dia merekam ulang “Fire” dengan band Jerman Die Krupps, saat pada 1998, dia mengisi penampilan pidato di album The Chemical Wedding milik Bruce Dickinson, membaca sebuah porsi dari tiga sajak oleh William Blake, dan muncul sebagai setan di video musik Dickinson untuk “Killing Floor”. Dia adalah narrator untuk penampilan langsung The Pretty Things dari album mereka S.F. Sorrow di Abbey Road Studios pada 1998. Dia juga muncul di TV, menjadi tamu di lagu Kula Shaker “Mystical Machine Gun” beberapa kali selama 1999.

Perubahan lebih jauh dari arah musiknya terjadi, saat dia membentuk sebuah band akustik dan melakukan tur dengan Tim Rose pada 1999. Band ini kemudian menambahkan Stan Adler (cello dan bass) dan Malcolm Mortimore (perkusi) dan menghasilkan album Tantric Lover (2000). Namun, lineup ini tidak bertahan, dan Brown membuat sebuah band dengan gitaris Rikki Patten dan multi instrumentalis Nick Pynn. Pada 2002 Brown diminta untuk mendukung Robert Plant di tur Dreamland milik Plant. Saat ini Patten sudah digantikan oleh gitaris Chris Bryant.

Brown mulai mendapatkan paparan media lebih banyak kini. Bandnya secara singkat diberi nama Giant Pocket Orchestra, dan juga Instant Flight. Di pertengahan ini, pada 2003, Brown merilis Vampire Suite (2003), sebuah album dengan Josh Philips dan Mark Brzezicki dari band Big Country, dirilis di Track Records milik Ian Grant. Juga sekitar waktu ini, katalog lama Brown dirilis kembali oleh Sanctuary Records.

Brown melakukan reuni dengan anggota yang masih hidup dari Kingdom Come (kecuali Des Fisher) pada 2005, satu kali konser di The Astoria di London, membawakan materi dari album Kingdom Come, Galactic Zoo Dozzier, dengan sebuah encore dari “Spirit of Joy”. Pertunjukan ini memenangkan Brown sebuah penghargaan ‘Showman of the Year’ dari majalah Classic Rock.

Pada 2007, Brown dan Pynn merilis Voice of Love di label rekaman Cote Basque, menampilkan sejumlah rekaman asli.


Pada Agustus 2007, selama sebuah konser di Lewes, Sussex, Brown sekali lagi menyalakan api di rambutnya. Saat mencoba memadamkan apinya, Phil Rhodes, seorang anggota band juga terbakar. Brown tetap melanjutkan bermain setelah api dipadamkan; namun dia kehilanhan sejumlah rambut.

Dia muncul sebagai seorang pendeta di video untuk lagu The Darkness, “Is It Just Me?”

Pada 2009, sejumlah rilisan ulang dari katalog lama Brown dilakukan oleh cabang dari Cherry Red Records Lemon Recordings dan berlanjut dari 2000 dan seterusnya di label cabang mereka Esoteric Recordings.

Pada 2010, Brown memainkan sebuah pertunjukan di Glastonbury Festival di the Glade, dan dia juga bermain di Lounge on the Farm (dengan Lucie Rejchrtova pada kibord). Pada 10 Juni 2011, sebelum ulang tahunnya yang ke 69, dia bermain di Ray davies Meltdown Festival di Queen Elizabeth Hall, London dimana dia mengundang Z-Star untuk berduet dengannya. Enam minggu kemudian, lagi di London, dia bermain di High Voltage Festival; acara itu direkam dan dirilis (hanya dalam bentuk vinyl) dengan judul The Crazy World of Arthur Brown Live at High Voltage.

Pada 2012, Brown dan Rick Patten merilis The Magic Hat bersama sebuah komik dengan judul yang sama oleh Matt Howarth.

Pada 2013, sebagai hasil dari kampanye yang sukses di Pledgemusic, Brown merilis album “Zim Zam Zim” berdasarkan rekaman yang direkam di yurt miliknya di Lewes.

Walaupun  dia mempunyai sukses komersil yang terbatas dan tidak pernah merilis rekaman lain sesukses secara komersil seperti “Fire”, dia menjadi pengaruh signifikan pada Alice Cooper, Peter Gabriel, Marilyn Manson, George Clinton, Kiss, King Diamond, dan Bruce Dickinson, dan lagu-lagunya sudah di-cover atau dibuat sample oleh beragam artis seperti Ozzy Osbourne, The Prodigy dan The Who.

Brown memiliki sejumlah hubungan dengan Hawkwind. Pada 1973, dia adalah salah satu penampil pada album vokalis Hawkwind Robert Calvert, Captain Lockheed and the Starfighters, bersama dengan sejumlah anggota Hawkwind lainnya.

Pada 2001 dan 2002, Brown membuat beberapa pemunculan tamu di konser Hawkwind, ahirnya tur dengan mereka sebagai vokalis tamu. Pada tur Desember 2002 mereka, Hawkwind memainkan beberapa lagu oleh Brown dari era Kingdom Come, bersama dengan “Song of the Gremlin”, dimana Brown menyanyikannya di Captain Lockheed and the Starfighters; yang didokumentasikan di DVD Hawkwind Out of the Shadows.

Brown juga mengisi vokal pada dua lagu di album studio Hawkwind Take Me to Your Leader, yang dirilis pada 2005. Salah satunya adalah pidato “A Letter to Robert”, dimana Brown mengulang sebuah percakapan dengan Robert Calvert. Brown meneruskan kerjasamanya dengan Hawkwind, melakukan tur dengan dukungan lagu untuk mereka pada tur ulang tahun ke 40 mereka di UK pada 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...