Laman

Kamis, 09 Juni 2016

LES PAUL




Lahir pada tanggal 9 Juni 1915 di Waukesha, Wisconsin, AS dengan nama lengkap Lester William Polsfuss, dari pasangan George dan Evelyn (Stutz) Polsfuss. Keluarganya adalah keturunan Jerman. Ibu Paul berelasi dengan pendiri Valentin Blatz Brewing Company di Milwaukee dan pembuat mobil Stutz. Orangtuanya bercerai saat dia masih anak-anak.

Dia merupakan seorang gitaris jazz, country dan blues, penulis lagu, luthier dan inventor. Dia adalah salah seorang pencetus gitar listrik solid-body, yang memungkinkan sound rock n' roll. Les belajar sendiri caranya bermain gitar dan saat belum mengenal musik rock dia mempunyai karir awal di musik country. Dia banyak mempunyai inovasi dalam dunia rekaman. Walaupun dia bukan yang pertama yang menggunakan teknik, ekpserimen awalnya dengan overdubbing (juga dikenal sebagai sound on sound), delay effect seperti tape delay, phasing effect dan multitrack recording adalah yang pertama kali menarik perhatian luas.

Bakat inovasinya berkembang ke gaya permainan, antara lain licks, trills, chording sequences, teknik fretting dan timing, yang membedakannya dari teknik lainnya dan menginspirasi banyak gitaris saat ini. Dia melakukan rekaman dengan istrinya, Mary Ford pada era 1950-an, dan mereka telah menjual jutaan rekaman.


Diantara sekian banyak penghargaannya, Paul merupakan salah seorang artis solo yang dinobatkan dalam Rock N' Roll Hall Of Fame. Dia disebut oleh museum musik dalam websitenya sebagai seorang "arsitek" dan seorang "sosok kunci" bersama dengan Sam Phillips dan Alan Freed. Les Paul adalah satu-satunya orang yang dinobatkan dalam the Rock N' Roll Hall Of Fame dan juga the National Inventors Hall Of Fame.

Pada 23 Nopember 2011, Paul berada di peringkat 18 dalam daftar "100 Greatest Guitarists of All Time" oleh majalah Rolling Stones. Tahun yang sama, Paul dimasukkan dalam the Nashville Walk Of Fame.

Pada 12 Agustus 2009, Paul meninggal karena komplikasi pneumonia di White Plains Hospital, New York. Paul meninggalkan 4 orang anak dan sang partner Arlene Palmer. Sang manajer mengatakan kepada media bahwa Paul telah beberapa kali dirawat di rumah sakit beberapa bulan sebelumnya. Konser terakhir Paul berlangsung beberapa minggu sebelum kematiannya.

Saat kematiannya banyak artis dan musisi terkenal memberikan penghormatan dengan cara mempublikasikan kehilangan mereka. Setelah mengetahui kematian Paul, mantan gitaris Guns N' Roses, Slash menyebutnya "selalu maju dan penuh dengan energi positif", sedangkan Richie Sambora, gitaris Bon Jovi, menyebutnya sebagai "pembaharu dalam bisnis musik". Gitaris U2 The Edge berkata, "Warisannya sebagai musisi dan inventor akan tetap hidup dan pengaruhnya dalam rock n' roll tidak pernah akan dilupakan."


Pada tanggal 21 Agustus 2009, dia dimakamkan dekat Milwaukee di Waukesha, Wisconsin di Prairie Home Cemetary. Paul dikuburkan di sebelah sang ibu. Banyak orang datang dari seluruh dunia menghadiri pemakaman itu.

Paul menikah dengan Virginia Webb pada tahun 1938. Mereka mempunyai 2 anak, Lester Jr. (Rusty), lahir tahun 1941, dan Gene, yang namanya diambil dari aktor-penulis lagu Gene Lockhart, lahir tahun 1944, sebelum bercerai pada tahun 1949. Kemudian di tahun itu, Paul dan Mary Ford (lahir dengan nama Iris Colleen Summers) menikah. Mereka mengadopsi seorang putri, Colleen, pada tahun 1958 dan putra mereka Robert (Bobby) lahir tahun berikutnya. Mereka juga mempunyai anak yang meninggal, yang lahir prematur dan meninggal dalam usia 4 hari. Les Paul dan Mary Ford bercerai pada Desember 1964.

Paul adalah instruktur bagi gitaris rock Steve Miller dari Steve Miller Band, dimana Paul memberinya pelajaran gitar pertamanya. Orang tua Miller adalah pendamping kehormatan saat Paul menikah dengan Mary Ford pada tahun 1949.

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...