Laman

Selasa, 14 Juni 2016

ALAN WHITE




Lahir pada tanggal 14 Juni 1949 di Ferryhill, County Durham, Inggris kemudian pindah ke dekat kota Ferryhill, County Dirham pada usia 7 tahun dimana dia menghabiskan sebagain besar masa kecilnya. Dia mulai bermain piano pada umur 6 tahun dan setelah beralih ke dram, dan bermain di sebuah band lokal bernama the Downbeats pada usia 13 tahun. Pada 1969 dia menerima panggilan dari John Lennon (dia menganggapnya sebagai candaan), yang memintanya untuk bergabung dengan the Plastic Ono Band untuk sebuah pertunjukan yang menjadi album hit, Live Peace in Toronto 1969. Dia juga tampil dengan Lennon di album Imagine dan single, “Instant Karma”. Saat Lennon memperkenalkan White ke George Harrison, dia diminta untuk tampil di album All Things Must Past. Pada akhir 1969, White bergabung dengan Ginger Baker’s Air Force dengan Steve Winwood.


Pada tahun 1972, saat melakukan tur dengan Joe Cocker saat dia menerima undangan untuk bergabung dengan Yes, untuk menggantikan Bill Bruford yang bergabung dengan King Crimson. Tiga hari setelah bertemu dengan Jon Anderson dan Chris Squire, Alan tampil pertama kali dengan grup dalam tur Close to the Edge di AS. Meskipun fakta bahwa White menghabiskan waktu di studio dengan band dan bahkan mencoba memainkan beberapa materi Close to the Edge, hal itu masih merupakan tantangan penting untuknya untuk mempelajari daftar lagu live hanya selama tiga hari. White dan band saling memberi tiga bulan untuk melihat jika dia pantas, dan 40 tahun kemudian, dia sudah muncul pada setiap album Yes.



Alan White merilis album solo satu-satunya, Ramshackled, pada 1976.


Selain permainan drumnya, White juga memainkan piano dan menulis musik untuk beberapa album Yes.



Alan White menjadi tamu dengan band Seattle lokal MerKaBa pada sejumlah kesempatan dan Alan White dan MerKaBa juga memiliki hubungan dengan band lokal lainnya, Treason. Pada 2003, Alan White bergabung dengan sesi untuk album baru MerKaBa, tapi hal ini berubah menjadi sebuah band baru, bernama White, dan sebuah album berisi rekaman demo dibawah nama Loyal. Selain Alan, band juga berisi Kevin Currie (dari MerKaBa; vokal utama), Karl Haug (dari Treason; gitar listrik dan akustik, lap steel), Steve Boyce (dari MerKaBa; bass, gitar, vokal latar) dan Ted Stockwell (dari Treason dan MerKaBa; kibord, gitar). Stockwell meninggalkan band dan, pada April 2005, digantikan oleh mantan rekan Alan di Yes, kibordis Geoff Downes. Sebuah album baru, White, direkam, terpisah dari demo Loyal. Album ini dirilis pada 2006, dengan sampul oleh Roger Dean.



Band bernain live (dengan berbagai kibordis) di wilayah Area. Mereka akan ikut dalam More Drama Tour. The More Drama Tour, dijadwalkan untuk dimulai di Amerika Utara pada Agustus 2005, akan diisi oleh tiga band, The Syn, White dan Steve Howe melakukan tur bersama, dengan Chris Squire, Steve Howe, Alan White dan Geoff Downes memainkan materi Yes pada akhir malam (dengan Currie menjadi vokalis utama). Namun, tur itu ditunda sebelum dimulai. Alan White kemudian bergabung dengan tur band The Syn untuk jadwal paruh pertama 2006.



Kemudian, Alan White bekerja pada proyek dengan Billy Sherwood, terutama dalam lineup awal dari Circa, dengan alumni Yes ketiga, Tony Kaye.


Pada 2010, band White bersatu kembali setelah Hiatus dengan lineup baru dari Alan White, Haug dan Boyce diikuti oleh dua musisi dari band penghormatan Yes, Parralels, yang sebelumnya bekerja dengan Alan: vokalis Robyn Dawn dan kibordis Jonathan Sindelman.

White sudah menikah selama lebih dari 20 tahun dengan Gigi. Mereka memiliki dua orang anak, Jesse (juga seorang musisi) dan Cassi. Alan saat ini tinggal di Newcastle, Washington.


Pada 15 Januari 2016 dia menerima “Lifetime Achievement Award” dari Guitar Center of Los Angeles.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...