Laman

Rabu, 15 Juni 2016

CRAIG GRUBER




Lahir pada 15 Juni 1951, di New York, AS adalah seorang bassis rock Amerika, dikenal sebagai bassis asli di Rainbow dan yang terkini adalah salah satu anggota untuk band Zvekan. Dia juga bermain di Elf, terdiri dari vokalis Ronnie James Dio, kibordis Mickey Lee Soule, drumer Gary Driscoll dan gitaris David Feinstein.

Elf merilis tiga album sebelum bergabung dengan Ritchie Blackmore di bandnya yang baru terbentuk Rainbow pada pertengahan 1975. Gruber bermain di album pertama Rainbow, Ritchie Blackmore's Rainbow. Tidak lama setelah album dirilis, Blackmore memecat semua anggota kecuali Dio. Gruber juga di sesi rekaman awal di album Black Sabbath, Heaven and Hell, ikut menulis Die Young, hingga Geezer Butler mendengar Dio, dan kembali ke band.


Gruber bermain live dengan Gary Moore di tur pendukung untuk albumnya Victims of the Future, dan tampil di album live 1984 milik Moore We Want Moore. Pada 1980 dia membentuk Bible Black dengan mantan drumer Elf dan Rainbow, Gary Driscoll. Band menghasilkan dua album sebelum pembunuhan Driscoll pada 1987. Mendekati akhir hidupnya, Gruber membangun sebuah alur bass "soloing" tingkat tinggi, yang dapat dilihat di Infinite Metal Werkz. Gruber juga bekerja di reuni Elf, walaupun proyek itu dihentikan karena kematian dari Driscoll dan frontman Ronnie James Dio; keduanya adalah anggota band dari pendirian hingga pembubaran.


Pada awal 2010 Gruber membentuk "ED3N" - sebuah band metal dalam genre rock klasik. Band ini menampilkan vokalis Jeff Fenholt dan gitaris David Shankle dari DSG dan mantan Manowar.


Pada 18 April 2013 diumumkan bahwa Gruber sudah bergabung dengan band Raven Lord. Pada 7 Nopember 2013, Gruber mengumumkan via facebook bahwa dia menjadi bagian dari band yang baru dibentuk oleh Csaba Zvekan bernama Zvekan.


Craig Gruber meninggal karena kanker prostat di Florida pada 5 Mei 2015 pada usia 63 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...