Laman

Minggu, 26 Juni 2016

PATTY SMYTH




Lahir pada 26 Juni 1957 dengan nama Patricia Smyth di New York City, AS adalah penyanyi dan penulis lagu Amerika. 

Setelah tumbuh di lingkungan Brooklyn, Gerritsen Beach, Smyth bergabung dengan Scandal sebagai vokalis pada 1981. Band merilis album debut self-title tahun berikutnya. Menampilkan lagu “Goodbye to You”, lagu itu menjadi penjulan EP terbesar dari Columbia Records. Pada 1984, mereka menghasilkan album berikutnya, The Warrior. Dibantu dengan penayangan di MTV, album itu mencapai ke No. 17 di tangga lagu, dan lagu pertama yang diambil dari rilisan ini, juga berjudul “The Warrior”, adalah hit top 10. Namun, meskipun dengan kesuksesan mereka, masalah internal dalam grup akhirnya membuat pembubaran mereka.

Setelah berakhirnya band Scandal, dia diminta oleh teman, Eddie Van Halen, untuk bergabung dengan Van Halen untuk menggantikan David Lee Roth sebagai penyanyi utama. Akan tetapi, dia menolak tawaran itu. Dia muncul sebagai bintang tamu pada album Nervous Night milik The Hooters pada 1985 di lagu "Where Do the Children Go" sebagai vokalis pendamping.


Smyth merilis album solo pertamanya, Never Enough, pada 1987. Album itu berisi versi miliknya dari lagu Tom Waits “Downtown Train,” dimana Rod Stewart akan membuatnya menjadi hit beberapa tahun berikutnya, dan trek judul “Never Enough,” yang ikut ditulis oleh para anggota dari the Hooters dan berdasarkan lagu dengan judul sama yang ditulis oleh para anggota the Hooters Eric Bazilian dan Rob Hyman untuk band mereka sebelumnya, Baby Grand. Dia menghasilkan album solo lainnya pada 1992, self title Patty Smyth. Dari album itu, dia membuat sebuah rekaman hit melalui sebuah duet dengan Don Henley dari The Eagles; “Sometimes Love Just Ain’t Enough” yang mencapai nomor 2 di Billboard Hot 100, dan disertifikasi emas karena terjual sebesar 500.000 buah. Album ini, juga disertifikasi emas, menampilkan hit Top 40 AS lainnya dengan “No Mistakes” dan juga menelurkan hit minor “I Should Be Laughing”. Smyth sebelumnya melakukan rekaman dengan Henley sebagai penyanyi latar pada beberapa lagu pada albumnya Building The Perfect Beast dan The End of the Innocence.

Smyth kemudian ikut menulis lagu 1994 “Look What Love Has Done” dengan James Ingram. Lagu ini memperoleh nominasi Grammy Award untuk Best Song Written for Visual Media juga Academy Award untuk Best Original Song setelah dimasukkan dalam soundtrack film Junior. Lagu soundtrack lebih jauh dihasilkan dari tulisan lagu tema, “Wish I Were You” untuk film 1998 Armageddon. (Suaminya, John McEnroe, mengklaim di otobiografinya bahwa dia terinspirasi utuk menulis lagu itu oleh usahanya sendiri di karir musiknya: dia terpukau oleh kesenangannya dalam memainkan musik, saat perasaannya tentang industri musik jauh lebih ambivalen).


Pada 2004, VH1 merekrut Smyth dan para anggota yang masih hidup dari Scandal untuk sebuah episode Bands Reunited, menghasilkan sebuah tur konser reuni kecil di United States East Coast pada 2005. Tahun berikutnya, Columbia/Legacy merilis sebuah CD kompilasi Scandal baru sebagai bagian dari seri We Are The 80’s. Kompilasi ini berisi tiga lagu yang belum dirilis dari sesi rekaman 1982 (“Grow So Wise”, “If You Love Me”, “I’m Here Tonight”) juga “All My Life”, yang sebelumya tersdia di flip side dari “Goodbye To You”. Pada Juli 2008, Billboard melaporkan rilisan mendatang dari musik baru oleh band (menampilkan anggota asli Keith Mack dan Benjy King). Mereka melakukan debut single pertama mereka sebagai sebuah band (“Hard For You To Love Me”, juga disebut sebagai “Make It Hard”) dalam lebih dari 24 tahun pada 17 Januari 2009 di Ridgefield, Connecticut.

Pada 2015 untuk mempromosikan perilisan dari album Natal miliknya yang berjudul Come On December, dia mengumpulkan dana dengan sebuah kampanye untuk mendukung Headstrong Project dengan semua uang yang dia kumpulkan di pesanan sebelumnta dari albumnya yang tidak bertujuan mencari keuntungan. Album ini menghasilkan single “Broken”, dan video musik untuk single ini dirilis sebelum hari valentine, dan difilmkan di pertanahan dari VFW. Album itu dirilis pada 20 November 2015.


Smyth berkencan dengan musisi punk Richard Hell selama dua tahun; putri mereka, Ruby, lahir pada 1985. Pada April 1997, Smyth menikah dengan mantan bintang tenis John McEnroe. Mereka saat ini tinggal di New York City dan memiliki enam anak diantara mereka, termasuk dua putri bersama, Ava dan Anna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...