Laman

Rabu, 15 Juni 2016

STEVE WALSH




Lahir di St. Louis Missouri, AS pada tanggal 15 Juni 1951. Dia diadopsi saat masih bayi dan tumbuh di St. Joseph, Missouri. Dia belajar di St James Catholic School dan seorang lulusan 1969 dari Christian Brothers High School.

Dia ada di sejumlah grup lokal sebelum bergabung dengan Kansas, terutama dengan grup yang bernama "White Clover" yang pada akhirnya menjadi Kansas. Band White Clover melakukan tur tanpa henti dan mempertajam ciri mereka dari musik progresif yang keras di Amerika. Kansas dan White Clover bergabung dan grup ini menandatangani kontrak dengan label milik Don Kirshner dan band baru ini memutuskan untuk menggunakan nama Kansas.


Selama masa Walsh dengan band, Kansas merekam dua album yang sukses secara berurutan, Leftoverture pada 1976 dan Point of Know Return pada 1977. Dengan Kansas, Walsh sudah merilis 12 album studio, 6 album live, dan sejumlah single. Dia sudah merilis tiga album solo sejauh ini. Pada 1978, dia diundang bersama drummer Kansas Phil Ehart, untuk bermain di album solo kedua Steve Hackett, Please Don’t Touch. Dia menyanyi pada dua lagu, "Narnia" dan "Racing in A".


Walsh meninggalkan Kansas setelah Audio-Visions pada 1980 karena perbedaan kreatif dengan penulis lagu utama band, Kerry Livgren. Pada awal 1980, dia merilis album solo pertamanya, Schemer-Dreamer, yang menyertakan rekan seband Kerry Livgren, Rich Williams dan Phil Ehart, juga gitaris Steve Morse (yang pada 1985 bergabung dengan Kansas yang berdiri kembali). Album itu berisi lagu terkenal “Every Step of the Way”. Pada 1982 dia membentuk sebuah band rock bernama Streets, yang merilis album 1st pada 1983 dan Crimes in Mind pada 1985 sebelum dibubarkan.


Sebagai seorang vokalis tamu, Steve Walsh sudah muncul pada sejumlah rekaman artis lainnya.

Kansas (yang menyertakan vokalis berbeda, John Elefante) bubar pada 1984, tapi terbentuk kembali pada 1985 dengan Walsh kembali dalam band. Dia bertahan dengan band hingga pensiun pada 2014.


Walsh merilis album solo keduanya, berjudul Glossolalia, pada 2000. Pada 2003 dia bersatu dengan Daniele Liverani untuk membentuk band AOR melodic rock Khymera. Steve menyanyikan vokal utama pada album self title pertama mereka. Ditambahkan pada album ini adalah Billy Greer dan mantan rekan seband Streets Mike Slamer. Album solo ketiganya, Shadowman mengikuti pada 2005 (dirilis ulang pada 2007 dengan trek bonus), dengan kolaborasi dari para musisi seperti Joe Franco pada drum, Joel Kosche pada gitar dan bass, dan David Ragsdale pada versi rilisan ulang dari lagu bonus di album itu.

Pada 30 Juni 2014, Steve mengumumkan dia akan pensiun dari Kansas setelah 41 tahun. Ini dipublikasikan melalui Facebook resmi band pada 2 Juli: "Pada 30 Juni 2014, Steve Walsh menginformasikan para anggota Kansas bahwa dia akan pensiun dari band. Penampilan terakhirnya bersamna Kansas adalah pada 16 Agustus 2014 di Sioux City, Iowa, di Hard Rock Hotel & Casino. Saat Kansas tetap berlanjut, band mengharapkan hanya kebaikan bagi Steve di masa mendatang, dan berterima kasih padanya untuk 41 tahun bersama band."


Tidak lama setelah band Kansas membuat pengumuman bahwa Steve akan pensiun; Steve membuat pernayataan berikut berhubungan dengan keputusannya untuk pensiun dari band. Pernyataan berikut ini dirilis di situs MelodicRock.com:

“Saya ingin berterimakasih pada semua penggemar yang sudah datang untuk melihat saya menyanyi di Kansas selama bertahun-tahun. Terkadang saya harus mencubit diri saya sendiri untuk meyakinkan saya tidak bermimpi bahwa pada usia saya, saya masih bermain dalam sebuah band hebat di depan para penggemar yang hebat. Saya juga ingin memberikan harapan terbaik saya untuk para anggota. Tapi secara khusus saya berterima kasih pada kru yang kami punyai untuk sesaat. Ini adalah sekumpulan hebat dari orang-orang dibelakang layar yang pernah bekerja sama dengan saya. Mereka adalah yang paling pemaaf dari kami yang berdiri di terangnya cahaya, dan sudah mengerjakan banyak yang mereka tidak layak untuk mengerjakannya, hanya untuk memastikan bahwa kenyamanan dan keamanan saya sangat terawatt. Saya tahu terdapat banyak versi yang berbeda disana apa sebabnya saya pergi maka biarkan saya mengatakan inilah saatnya bagi saya untuk pergi, dan ya, hal ini membuat saya sedih untuk mengakui hal itu. Terima kasih sekali lagi untuk kalian semua. Saya tidak akan melupakan ini. Ini adalah sebuah pesta besar.” – Steve Walsh.

Pada 2015 Steve berkontribusi vokal untuk album Radioactive terbaru berjudul ‘F4Ur’, yang dirilis pada 7 April pada lagu ‘The Piper’. Selain itu, Steve dijadwalkan untuk muncul dengan ‘The Rock Pack’ pada 19 Nopember 2015 di The Germain Arena di Fort Meyers, Florida dengan para artis rock klasik lainnya termasuk John Payne dari Asia, Bobby Kimball dari Toto, Robin Zander dari Cheap Trick, Fee Waybill dari The Tubes dan Mickey Thomas dari Starship.

Walsh kini tinggal di Atlanta, Georgia. Dia baru saja bercerai, tapi dia memiliki seorang putra bernama Bleu yang lahir pada 1980, seorang putri bernama Olivia yang lahir pada 1999, dan putra lain pada 2006.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...