Laman

Sabtu, 25 Juni 2016

IAN McDONALD




Lahir pada 25 Juni 1946 di Osterley, Middlesex, Inggris adalah musisi multi-instrumentalis Inggris, yang dikenal sebagai anggota pendiri dari grup progressive rock King Crimson, yang dibentuk pada 1969, juga band hard rock Foreigner pada 1976. Dia juga dikenal sebagai musisi sesi rock, terutama sebagai saksofonis. Dia juga bermain kibor, flute vibraphone dan gitar.


McDonald menjalani lima tahun di Angkatan Bersenjata Inggris sebagai seorang pemain band. Bakat musiknya beragam dari orkestra klasik hingga band dansa ke rock. Pada 1969, dia ada di lineup awal King Crimson, yang merekam album pertama mereka In The Court of the Crimson King. McDonald dan drummer Michael Giles pergi dan membentuk grup spin-off yang merilis satu album berjudul McDonald and Giles. Dia muncul lagi di King Crimson pada 1974 dan bermaksud bergabung kembali diband sebagai anggota penuh tapi tidak memiliki kesempatan untuk melakukannya karena keputusan Fripp untuk membubarkan grup.


Dia menjadi seorang anggota pendiri dari band Foreigner pada 1974, untuk sebagai dia memainkan gitar juga woodwind dan kibordnya. Dia sudah menjadi musisi sesi dan muncul di rekaman dari hit single “Get It On (Bang a Gong)” oleh T.Rex, dan rekaman-rekaman antara lain oleh Linda Lewis dan Christine Harwood. Dia juga memiliki beberapa kredit produksi atas namanya, termasuk album-album oleh Fruupp, Darryl Way’s Wolf dan Fireballet. Pada 1999, dia merilis sebuah album solo, Drivers Eyes.

Pada 1997, perilisan dari empat CD King Crimson, Epitaph, berisi rekaman live langka dari versi 1969 dari King Crimson, memperbarui ketertarikan di materi awal King Crimson. Diluar ketertarikan itu, the 21st Century Schizoid Band dibentuk pada 2002 dan beberapa tur dan album live mengikutinya. Band menampilkan mantan para anggota King Crimson Michael Giles (drum dan perkusi), Peter Giles (bass), McDonald (sax, flute, kibord), Mel Collins (alto/tenor sax, flute, kibord) dan juga Jakko Jakszyk dari Level 42 pada gitar dan vokal utama. Setela tur pertama Michael Giles digantikan oleh mantan drummer King Crimson lainnya Ian Wallace, sejak dia meninggal.


McDonald berkontribusi saksofon dan flute pada beberapa lagu dim rilisan 2009 milik Judy Dyble, Talking With Strangers. Album ini memperlihatkan McDonald melakukan reuni dengan mantan rekan band King Crimson Robert Fripp pada lagu sepanjang 20 menit “Harpsong”.

Pada 28 Juli 2009, McDonald membuat sebuah pemunculan tamu dengan Asia selama mereka membuka untuk Yes di Tower Theatre di Upper Darby, Philadelphia. McDonald memainkan flute, clarinet, saksofon mengisi vokal latar untuk “In the Court of the Crimson King” dan juga kembali untuk encore untuk menyanyikan vokal latar untuk “Heat of the Moment”. Pemunculan tamunya di “In the Court of the Crimson King” ditampilkan sebagai lagu bonus di rilisan DVD 2011 milik Asia, “Spirit of the Night: Live”.

Pada 14 Mei 2010 (Sherman Theatre, Stroudsburg, Pennsylvania) dan 15 Mei 2010 (Trump Taj Mahal Casino Resort, Atlantic City, New Jersey), Ian membuat pemunculan tamu selama “An Intimate Evening with Keith Emerson and Greg Lake”. Memainkan flute dan berbagi vokal utama/harmoni vokal dengan Greg Lake pada “I Talk to the Wind” sambil memainkan flute solo pada “Lucky Man”. Untuk dua lagu ini, akhirnya disebut “Emerson, Lake & McDonald”.

Pada 2010, Ian mengisi alto sax, flute dan perkusi di Beautiful Accident, album debut oleh band blues progresif, Third International. Satu lagu, “Penitentiary” ikut ditulis oleh Ian dengan fronrman Third International, Andrew Pearson.

Pada 2011, McDonald mulai bekerja dengan tetangga lama Lunnea Benson dan suaminya Ted Zurkowski, direktur dari Frog and Peach Theatre Company di New York City, yang mengkhususkan pada produksi Broadway dan pembacaan Shakespeare. Dalam kolaborasi dengan Zurkowski, McDonald membuat komposisi dan memainkan gitar dan musik piano ke produksi dan pembacaan yang terpilih dari Shakespeare milik Frog and Peach: Julius Caesar, Two Gentlemen of Verona, Hamlet, A Midsummer Night Dream, King Lear, The Taming of the Shrew dan Measure for Measure. Selain itu, Ian menjadi terlibat dengan band milik Zurkowski, Honey West, yang menyebut diri mereka sebagai band “US/UK Indie Rock Country Fusion Invasion”. Menurut situs Honey West, Ian mengisi “gitar utama/sax/kibord/vokal harmoni” pada pernampilan live NYC mereka dan untuk album kedua yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...