Laman

Selasa, 21 Juni 2016

DON AIREY




Lahir dengan nama Donald Smith Airey, pada 21 Juni 1948 di Sunderland, Inggris, merupakan kibordis Deep Purple sejak tahun 2002, meneruskan kerja Jon Lord.

Terinspirasi oleh sang ayah, Norman Airey, Don Airey menyukai musik pada usia muda dan belajar piano klasik mulai umur 7 tahun. Dia meneruskan kesukaannya akan musik dengan mengambil gelar di the University of Nottingham dan diploma di the Royal Northern College of Music (dimana dia belajar dibawah bimbingan Ryszard Bakst). 


Pada tahun 1971 dia pindah ke London dan bergabung dengan Hammer, band milik Cozy Powell. Dia bekerja dengan para artis solo dan sebagai musisi sesi pada album 1978 Never Say Die! milik Black Sabbath. Kemudian dia bergabung dengan band Ritchie Blackmore, Rainbow, dan muncul di debut solo Gary Moore, Back On The Streets. Dengan Rainbow dia berkontribusi pada 2 album terkenal, Down To Earth dan Difficult To Cure. Dia juga bagian dari band jazz rock yang sangat berpengaruh Colosseum II, dengan Jon Hiseman, Gary Moore, Mike Starrs, Neil Murray dan kemudian John Mole, yang juga membentuk inti band yang merekam variasi tema dari Paganini milik Andrew Lloyd Webber, dengan judul singkat Variations.


Setelah meninggalkan Rainbow pada tahun 1981, dia bergabunng dengan Ozzy Osbourne selama 3 tahun dimana dia membantu album-album Bark at the Moon dan Speak of the Devil. Dia juga bermain di Diary of a Madman Tour dari 1981 hingga 1982 dan muncul di Blizzard of Oz. Airey bergabung dengan Jethro Tull pada 1987 untuk tur mereka dalam mendukung album Crest of a Knave. Tahun yang sama juga Nampak perilisan album multi-platinum milik Whitesnake, Whitesnake, dimana Airey memainkan kibord. (Album ini juga dikenal sebagai 1987 di Eropa). Kemudian dia meninggalkan band untuk mereka album solo K2 – Tales of Triumph and Tragedy. Di album ini dia bermain dengan Gary Moore, Keith Airey – gitar, Cozy Powell – drum, Laurence Cottle – bass, Chris (Hamlet) Thompson, Colin Blunstone, mel Galley, Genki Hitiomi – vokal.


Pada tahun 1990, dia merekam bagian kibord untuk beberapa lagu di album Painkiller milik Judas Priest. Namun, karena band menginginkan album ini memiliki suara yang lebih berat dibandingkan karya mereka sebelumnya, dia muncul hanya pada satu lagu di album yang sudah selesai, “A Touch of Evil.”


Pada 1997 dia mengaransemen dan bermain di “Love Shine a Light” oleh Katrina and the Waves, mengatur orkestra yang menyertai di Eurovision Song Contest. Lagunya memenangkan kontes itu.


Pada 1999 dia bergabung dengan band melodic hard rock berbasis Manchester, Ten dimana dia bermain kibord pada album Babylon yang dirilis pada 2000. Dia juga melakukan tur dengan band untuk mendukung album baru ini.


Don Airey memasuki semi-pensiun hingga tahun 2001, saat dia bergabung dengan Deep Purple untuk mengisi posisi Jon Lord yang cedera, yang kemudian pensiun dari band. Dia bergabung dengan band sebagai anggota penuh pada Maret 2002. Dia telah merekam 3 album studio dengan band: Bananas, Rapture Of the Deep dan Now What?!.

Diwawancarai oleh Jeb Wright, untuk Classic Rock Revisited, tentang album Now What?!, dia berkata “Ini Deep Purple dan ada sebuah Hammond disana. Hanya ada satu jalan untuk dilalui. Selama bertahun-tahun, saya bekerja dengan sungguh-sungguh pada suara saya, itu tidak terjadi hanya dalam satu malam. Dua, atau tiga tahun pertama, saya dengan band, saya menggunakan C3 milik Jon dan itu sangat aneh. Saya harus memperbaruainya. Itu sudah tidak dipakai lagi sekarang… saya lebih cenderung dengan suara Hammond A-100, itu pilihan saya.”


Dia juga bekerja dengan vokalis Iron Maiden, Bruce Dickinson pada salah satu album solo Dickinson, memainkan kibord pada “Darkness Be My Friend”. Airey juga memainkan kibord pada album solo pertama mastermind At Vance, Olaf Lenk, Sunset Cruise. Pada 2006 Airey tampil di rilisan Gary Moore, Old New Ballads Blues berkontribusi pada semua lagu.

Pada 2008 Airey merilis album solo keduanya, A Light in the Sky dan diumumkan bahwa album solo lainnya dari Airey direncanakan pada 2011.

Pada awal 2014 Airey bergabung dengan band hard rock Hollywood Monsters dimana dia bermain kibord (Hammond B3 organ) pada lagu “Move On” pada album “Big Trouble” yang dirilis pada 2014 melalaui Mausoleum ecords. Album ini menampilkan Steph Honde pada vokal dan gitar, Vinny Appice pada drum, Tim Bogert pada bass dan Paul Di’Anno pada vokal utama di lagu bonus.

Airey tinggal dengan istrinya, Doris, dan tiga anak-anak mereka di South West Cambridgeshire. Pada 1992, putra Airey menderita sebuah penyakit serius, membuatnya mengirangi aktifitas musiknya hingga 1995. Dia adalah penggemar kehormatan dari Sunderland A.F.C.

Don mempunyai seorang adik, Keith Airey, yang bermain gitar di versi reuni The Zombies dari tahun 2001 hingga 2010. Dia saat ini menjadi gitaris utama untuk pertunjukan panggung London Mamma Mia!

Dia juga punyai adik lain, Paul Airey, yang bermain piano untuk SlowBone dan Rollups. Dia bekerja dengan Robbie Gladwell saat ini.

Don saat ini tengah menulis tentang pengalamannya di bisnis musik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...