Laman

Senin, 13 Juni 2016

HOWARD LEESE




Lahir pada tanggal 13 Juni 1951 di Hollywood, California, adalah gitaris, produser rekaman, dan pengarah musik yang telah bermain dengan band Heart selama 22 tahun (1975 hingga 1997). Dia tetap melakukan rekaman dan tur sebagai artis solo, dan sebagai gitaris dengan The Paul Rodgers Band dan Bad Company.


Dia mendapat inspirasi untuk bermain gitar selama tahun 1960-an setelah menyaksikan Dick Dale, gitaris sebuah band surf "the Del-Tones", dan merasakan kesenangan dalam permainannya. Dia belajar violin dan teori musik di the City College, Los Angeles, dan bermain di sebuah band bernama The Zoo.


Leese mendapatkan kontrak rekaman pertamanya dengan label Sunburst milik Ed Cobb pada usia 15 tahun, saat band The Zoo dengan teman dan drummer Mike Flicker. Kemudian, saat Flicker bekerja untuk Jack Herschorn di Mushroom Studios di Vancouver, Leese pergi denganya sebagai manajer produksi. Saat disana, dia dan Shelly Siegel memulai Mushroom Records.


Di Mushroom Records inilah pada 1974 bahwa Leese membantu untuk memproduseri sebuah demo untuk Heart. Tahun berikutnya, Mushroom Records megontrak Heart dan merilis album pertama grup Dreamboat Annie yang diproduseri Flicker. Leese adalah asisten produser pada album itu, dan diminta bergabung dengan band kemudian tahun itu. Dia bertahan dengan band hingga 1997, saat Wilson bersaudari mengistirahatkan band untuk beberapa tahun agar bisa menjalani proyek lain dan mencurahkan lebih banyak waktu untuk kehidupan pribadi mereka. Leese adalah gitaris, vokalis latar, pemain kibord dan penata lagu untuk Heart. Selain Wilson bersaudari, Leese adalah anggota terlama Heart. Walaupun dia pergi secara baik-baik dengan Wilson bersaudari, Leese menjadi berterus terang tentang ketidaksukaannya dari versi Heart saat ini menyebut bahwa lineup saat ini “stinks”.


Pada 1998 dia bergabung dengan The Paul Rodgers Band. Dia terus melakukan tur dengan The Paul Rodgers Band dan Bad Company.

Hingga Mei 2013, saat tidak melakukan tur, Howard tampil di “Raiding the Rock Vault” yang awalnya di LVH Hotel tapi kini bertempat di The Tropicana di Las Vegas, Nevada.


Dia memisahkan waktunya antara rumah di Malibu, California dan Kent Washington.

Pada tahun 2009 dia merilis album solo berjudul Secret Weapon, via Frontiers Records. Album ini terdapat penampilan para bintang tamu seperti Joe Lynn Turner, Paul Rodgers, Jimi Jamison dan Keith Emerson.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...