Laman

Selasa, 07 Juni 2016

JONAS HELLBORG




Lahir pada 7 Juni 1958 di Stockholm, Swedia, adalah seorang bassis Swedia. Dia sudah berkolaborasi dengan John McLaughlin, Ustad Sultan Khan, fazal Qureshi, Bill Laswell, Shawn Lane, Jens Johannson, Anders Johansson, Michael Shrieve, V. Selvaganesh, Jeff Sipe, Mattias IA Eklundh, Public Image Ltd, dan Buckethead.


Hellbog memulai karir musiknya pada 1976 di Swedia melakukan tur dengan band-band rock lokal. Dia dilihat oleh perkusionis Reebop Kwaku Baah di sebuah klub kecil di Stockholm pada 1979 dan dia pindah ke London selama satu tahun untuk bekerja dengan Reebop pada proyek yang berbeda. Dia bermain di Montreux Jazz festival di Swiss pada 1981 dan bertemu Michael Brecker yang memperkenalkannya ke John McLaughlin, Billy Cobham dan artis fusion lainnya. Dia diminta untuk bergabung Mahavishnu Orchestra bentukan John McLaughlin pada 1983 dan dia bertahan dengan McLaughlin hingga 1988 melakukan tur dan rekaman dengan Mahavishnu Orchestra dan juga melakukan beberapa tur duet dengan McLaughlin selama masa ini.


Pada 1986 dan 1987 dia melakukan tur dengan sebuah proyek yang menampilkan Ginger Baker pada drum dan Bernie Worrell pada kibord.

Pada 1988 Hellborg pindah ke New York dan memulai bandnya sendiri yang pertama menampilkan kibordis Aydin Esen dan drumer Kenwood Dennard, kemudian the Johansson Brothers, Jens pada kibord dan Anders pada drum. Pada waktu yang sama dia memulai sebuah studio rekaman bersama dengan produser/bassis Bill Laswell bernama Greenpoint Studios. Mereka merekam beragam rekaman disana hingga awal 1993, termasuk The Word dengan Tony Williams, Octave of the Holy Innocents dengan Mike Shrieve dan Buckethead, Material's Hallucination Engine, dan E dengan the Johansson Brothers.


Pada 1993 dia menjual baginnya di studio pada Laswell dan tinggal di Paris, Perancis. Tahun selanjutnya dia bergabung dengan gitaris Shawn Lane, sebuah kerjasama yang bertahan selama 9 tahun. Rekaman pertama adalah Abstract Logic dengan putra Ginger Baker, Kofi pada drum; ini disusul oleh "Two Doors" milik Michael Shrieve. Pada rekaman ketiga mereka kedatangan drumer Jeff Sipe dan melakukan kerjasama lama yang menghasilkan 4 rekaman dan banyak tur antara 1995 dan 1997.

Pada 1998 Hellborg bertemu dengan perkusionis V. Selvaganesh di sebuah konser Zakir Hussain di Paris. Keduanya membentuk rekanan musik panjang lainnya yang berlangsung sejak itu. Memulai duet Selvaganesh dan Hellbord mereka melakukan kerja "classical" yang berbeda pada saat itu. Kemudian grup ini terbentuk sebagai trio pertama kali dengan Lane kemudian menjadi kuintet yang menyertakan dua saudara Selvaganesh, V. Umashankar dan V. Umamahesh. 2 CD dan sebuah DVD dihasilkan dengan grup ini. Setelah kematian Shawn Lane pada 2003, Hellbog terus mengeksplorasi gabungan musik India dan Barat, bekerja dengan para ahli musik India seperti Debashish Bhattacharya, Niladri Kumar, Vikku Vinayakram, Tanmoy Bose dan U. Shrinivas. Dia juga memulai sebuah proyek Metal-Fusion baru dengan gitaris Mattias IA Eklundh bernama Art Metal.

Hellborg mendirikan label rekamannya sendiri Day Eight Music pada 1979 merilis rekaman bass solo pertamanya The Bassic Thing - sebuah pertunjukan awal dari permainan kord pelopornya, dan untuk pendekatan slapping yang sangat ahli. Ini juga dianggap sebagai LP pertama yang menampilkan bass tunggal. Dengan pindah ke AS sebuah tempat baru terbentuk bernama Bardo Music yang mengambil alih tanggung jawab hasil Hellborg yang berjumlah 40 rilisan.

Saat remaja Hellborg muncul sebagai seorang aktor di seri tv klasik, Hem till byn. Dia muncul di tiga musim pertama, pada 1971,1973 dan 1976, juga di sebuah episode di musim keempat (pada 1990), dimana karakternya sudah menjadi seorang pemain bass terkenal. Menurut IMDb, permainan Anders Persson di Hem till Byn adalah satun-satunya kredit aktingnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...