Laman

Selasa, 21 Juni 2016

RAY DAVIES




Lahir pada tanggal 21 Juni 1944 di Fortis Green, London, Inggris dengan nama lengkap Raymond Douglas Davies, anak ketujuh dan putra pertama dari Fred dan Annie Davies. Dia mendapatkan gitar pertamanya dari kakak perempuannya, Renee, pada usia 13 tahun dan kakak iparnya memberinya pelajaran gitar. Pada usia 16 tahun, dia tampil pertama kali dengan adiknya Dave, dan tahun berikutnya, mereka merekrut dua teman sekolaj untuk membentuk band pertama mereka, The Ray Davies Quartet.

Ray belajar di Hornsey College of Art, tapi keluar dan kembali ke rumah untuk mendirikan kembali band. Teman sekelas Rod Stewart ikut band secera singkat, dan setelah beberapa tahun, mereka merubah nama mereka menjadi the Ramrods, kemudian Bollweevils dan The Ravens, sebelum menanda tangani kontrak dengan Pye Records pada 1964 dan mantap dengan The Kinks.

Pada 1964, The Kinks merilis album debut mereka, yang masuk ke No. 4 di chart dengan lagu-lagu seperti “You Really Got Me,” dan “All Day and All of the Night.” Tahun selanjutnya, mereka melakukan tur ke Singapura, Hong Kong dan Australia. Band berhenti di India, dan pengalaman Davies disana membuatnya untuk menulis lagu “See My Friends,” yang mencampurkan gaya India dan disebut sebagai “extremely influential” oleh sesama musisi.


Konflik terjadi dalam The Kinks. Davies dan adiknya memiliki hubungan yang rumit sejak kecil, dan ketegangan mereka dapat menyulut dan mengganggu tujuan musik mereka. Mereka tidak hanya sekali berkelahi: Saat dalam tur 1965, drummer Mick Avory memukul Dave Davies hingga pingsan di tengah pertunjukan, setelah Dave menghinanya dan menendang perangkat drumnya.

Setelah ini, mereka dikenal untuk keunikan penampilan panggung, dan pada Juli Federasi Musisi Amerika menolak mengijinkan para anggota the Kinks untuk muncul dalam konser di AS. Kemudian tahun itu, Davies mengalami gangguan saraf, membuat masa depan band menjadi tidak jelas. Dia pulih saat akan merilis The Kinks Kontroversy, album ketiga band.

Setelah ditolak masuk ke AS selama empat tahun, Davies terbang ke Los Angeles untuk menegosiasikan band untuk masuk kembali ke Amerika, dan tidak lama kemudian, dia menulis dan merilis “Lola”, sebuah lagu yang membuatnya dikenal. Dia kemudian harus merubah lirik lagu dari “Coca-Cola”menjadi “cherry cola” agar bisa ditayangkan di BBC.

Dua tahun kemudian, band mempersiapkan rekaman studio, Konk, dan Ray davies mengganti alat secara kreatif. Dia mulai menulis musik dengan gaya teatrikal, seperti opera rock Preservation, dan kemudian menulis Starmaker, sebuah acara musik untuk Granada Television, yang berubah menjadi album, The Kinks Present a Soap Opera. Ini bertahan hingga band beralih label dari RCA ke Arista pada 1976, saat Davies meninggalkan gaya teatrikalnya dan The Kinks berubah menjadi band “stadium rock”.

Rilisan 1977 mereka, Sleepwalker, memulai era lain dari musik rock straightforward yang memberikan mereka jadwal tur AS, dan pada 1981 mereka membuat laris Madison Square Garden. Band terus melakukan rekaman dan tur selama 15 tahun, dan dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada 1990. The Kinks memainkan konser terakhir mereka di the Norwegian Wood Festival, pada Juni 1996.

Walaupun secara teknis Davies merilis album solo pertamanya pada 1985-Return to Waterloo-sejumlah karya solonya keluar setelah The Kinks bubar. Dia merilis empat album antara 1998 dan 2009: The Storyteller, Other People’s Lives, Working Man’s CafĂ© dan The Kinks Choral Collection.

Selama karirnya, Davies juga berakting dan menulis acara musik dan kor. Selain itu, dia menerbitkan otobiografinya, X-Ray, pada1994.

Davies menikahi Rasa Didzeptris pada 1964, dan mereka memiliki dua putri. Saat Rasa meninggalkannya pada 1973, dia berusaha bunuh diri dengan minum pil secara overdosis. Dia menikah lagi tiga tahun kemudian, tapi bercerai dan memiliki hubungan jangka panjang dengan Chryssie Hynde, vokalis utama dari the Pretenders, dengan siapa dia memiliki seorang putri pada 1983. Dia menikah dan bercerai untuk ketiga kalinya pada 1980an, dan memiliki putri keempatnya.

Davies diberi anugerah CBE oleh Ratu Elizabeth II pada 2004, untuk “services to music.”  

Pada tahun 2005, Ray dinobatkan bersama The Kinks ke dalam the UK Music Hall Of Fame.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...