Laman

Selasa, 14 Juni 2016

ROD ARGENT




Lahir di St. Albans, Hertfordshire, Inggris pada tanggal 14 Juni 1945 dengan nama lengkap Rodney Terence Argent.


Saat masih anak-anak, Argent menyayi sebagai seorang anggota kor di St Albans Cathedral Choir. Saat dia St Albans School, dia bertemu Paul Atkinson, dan Hugh Grundy. Argent, Atkinson, dan Grundy bermain bersama pertama kali di sebuah acara pada Paskah 1961 di St Albans, Hertfordshire.

Argent ingin membentuk sebuah band dan awalnya meminta sepupunya Jim Rodford untuk bergabung sebagai pemain bass. Rodford sedang bermain di sebuah band lokal bernama the Bluetone pada saat itu, maka dia menolaknya. Colin Blunstone dan Paul Arnold bergabung dengan band baru itu pada awal 1961, saat kelima anggotanya masih bersekolah. Arnold pergi tidak lama setelah itu dan digantikan oleh Chris White. Setelah band memenangkan sebuah kontes lokal, mereka merekam sebuah demo sebagai hadiah mereka. Lagu Argent “She’s Not There” memberi mereka kontrak rekaman dengan Decca.


Selain memainkan piano dan kibord di the Zombies, Argent (dengan White) adalah salah satu dari dua penulis lagu utama grup, menulis hit seperti “She’s Not There”, “Tell Her No”, dan “Time of the Season”. Argent awalnya adalah penyanyi utama grup, dengan Blunstone pada gitar. Saat bakat kibord Argent menjadi mantap, dia menjadi pemain kibord penuh band, menyerahkan peran penyanyi utama pada Blunstone. Grup terus melakukan rekaman selama 1960an, tapi bubar pada Desember 1967, dikarenakan ketidakcocokan manjemen.

Setelah band bubar, Argent membentuk band Argent, yang memiliki sebuah albumhit pada 1972 dengan All Together Now, yang berisi single “Hold Your Head Up”. Solo Hammond B3 miliknya pada lagu itu disebut oleh Rick Wakeman sebagai solo organ terhebat yang pernah ada. Band juga merekam versi asli dari anthem rock “God Gave Rock and Roll to You”, ditulis oleh penyanyi utama Russ Ballard, yang kemudian dibawakan ulang oleh para artis lain termasuk Petra dan Kiss. Album pertama Argent menyertakan lagu “Liar” (juga digubah oleh Ballard), yang menjadi sebuah hit untuk Three Dog Night. Pada 1976, Argent dibubarkan.


Pada 1978, Argent merilis album solo debutnya Moving Home dengan banyak musisi terkenal, termasuk drummer Genesis Phil Collins, dan bassis Weather Report Alphonso Johnson. Pada 1980, dia menulis sebuah musikal berjudul Masqurade yang tayang perdana di London pada 1982. Pada 1988, dia merilis album solo lainnya, Red House.

Argent memainkan kibord dengan sejumlah musisi, termasuk piano pada trek judul dari album the Who, Who Are You, dan pada Variations dengan Gary Moore, Julian Lloyd Webber, dan Andrew Lloyd Webber. Pada 1980an dia mulai menulis untuk tv. Pada 1986, dia menggubah musik tema untuk liputan 1986 World Cup milik ITV, “Azrec God”, yang dirilis sebagai single dibawah judul “Silsoe”. Juga pada 1986, dia menggubah musik tema untuk The Two of Us milik ITV. Dua tahun kemudian, komposisi Argent/Van Hooke ‘Goal Crazy’ digunakan oleh ‘The Big Match’ milik ITV dari 1988 hingga 1992. Argent juga menggubah musik tema untuk sitcom ITV (LWT) The Piglet Files, yang mengudara dari 1990 hingga 1992.

Pada 1987, Argent membentuk sebuah perusahaan produksi dengan mantan drummer Van Morrison Peter Van Hooke yang memproduksi sejumlah artis. Pada 1995, Argent memrpoduseri album debut Soraya, On Nights Like This. album lainnya dari rekanan bisnis ini adalah termasuk memproduseri Painted Desert Serenade milik Joshua Kadison (1993), dan Healing Bones milik Jules Shear (1994).

Pada 1999, Argent merekam sebuah alum piano solo, Rod Argent Classically Speaking, dimana dia memainkan Chopin etudes dan musik oleh Ravel, Bach, dan Grieg, juga tiga dari komposisi miliknya. Pada 2006, Argent bergabung dengan Hamish Stuart, Richard Marx, Billy Squier, Edgar Winter dan Sheila E melakukan tur dengan Ringo Starr & His All Starr Band.

Pada 2004, Argent dan Colin Blunstone merekam sebuah album baru, As Far as I Can See…, dalam gaya the Zombies. Album dan DVD tindak lanjut Colin Blunstone & Rod Argent of the Zombies Live at the Bloomsbuty Theatre menerima ulasan yang bagus, begitu juga tur AS 2007 mereka. Salah satu kritikus menyebut, “The Zombies, masih dipimpin kibordis hebat asli Rod Argent dan menampilkan vokal lembut dari Colin Blunstone, adalah band 60an terbaik yang masih melakukan tur yang tidak memiliki Mick Jagger sebagai frontman”.


Argent meneruskan tur dengan Colin Blunstone sebagai the Zombies, dan pada April 2009 anggota yang masih hidup dari band memainkan empat konser reuni membawakan album Odessey and Oracle. Hal ini membawa pada reuni band. Pada sebuah wawancara 2015 dengan PopMatters wartawan J.C. Macek III tentang album terbaru the Zombies, Still Got That Hunger, Argent berkata “Still Got That Hunger”, adalah album pertama yang benar-benar mencakup beberapa getaran rasa dari grup. Kami sangat erat sebagai sebuah grup sekarang. Dan keseluruhan proses menjadi sangat organik bahwa kami 100% bahagia dengan nama the Zombies dan menemukan kembali dan memainkan semua lagu lama dan pada saat yang sama membuka jalan baru ke depan yang juga sangat, sangat penting bagi kami.”

Pada 2012, Argent berpartisipasi di pembukaan dari Blue Plaque di The Blacksmith’s Arms, sebuah pub St. Albans dimana the Zomies bertemau untuk latihan pertama mereka.

Argent dan istrinya Cathy bertemau pada sebuah pesta pada 1967, dan mereka menikah pada 1972. Mereka memiliki dua anak yang sudah dewasa, Elesa dan Mark.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...