Laman

Rabu, 15 Juni 2016

BERNIE SHAW




Lahir dengan nama Bernard Shaw pada 15 Juni 1956 di Victoria, British Columbia, Kanada, adalah penyanyi asal Kanada, dan sejak 1986, vokalis utama untuk grup rock Inggris Uriah Heep.

Pada awal 1970 dia bermimpi menjadi seorang gitaris rock. Dia membeli sebuah gitar Gibson SG special dan mulai belajar dan bermain. Saat band lokal Cold Sweat mencari gitaris kedua pada 1974, dia ikut audisi, tapi pemain bass Bill Kempster menyarankannya untuk meletakkan gitar dan membeli mikropon dari penyanyi lama mereka dan kembali seminggu kemudian. Dia mengikuti saran itu, dan saat dia diaudisi sebagai penyanyi band itu mengangkatnya sebagai vokalis. Cold Sweat melakukan tur secara luas di tiga tahun berikutnya bermain di luar B.C. Alberta, Saskatewan dan ke Manitoba. Daftar lagu mereka campuran dari classic melodic rock segera menjadi modal bermain di hotel, dan kancah klub. Sayangnya, perubahan kancah musik dan popularitas disko menyebabkan band asal Victoria ini bubar pada 1977. Di tahun yang sama, dia dipanggil untuk bergabung dengan band berbasis Saskatoon, Legend, yang kehilangan penyanyi utama Danny Jeans. Mereka sudah mendengar Shaw menyanyi dengan Cold Sweat pada banyak kesempatan dan mengetahui dia akan cocok dengan keperluan mereka. Shaw pindah ke Stoon dan tinggal selama 9 bulan sebelum Legend juga bubar karena kurangnya jadwal manggung. Shaw kembali ke Victoria untuk menentukan langkah berikutnya. Setelah berminggu-minggu dalam ketidakjelasan, dia memutuskan untuk pindah ke Inggris dan mencoba peruntungannya di London.


Pada Desember 1978, dia meninggalkan Kanada untuk mengejar mimpi. Saat tiba di London dia diaudisi dan menjadi penyanyi untuk band Paris yang dibentuk oleh pemain kibor dan penulis lagu Phil Lanzon. Sebuah rekanan yang aka berlangsung bertahun-tahun. Paris teken kontrak dengan RCA dan beragnti nama menjadi Grand Prix. Shaw menyanyi di album Grand Prix yang dirilis pada 1980. Saat Shaw kembali dari pernikahan kakaknya di Canada pada Oktober 1981 dia mengetahui dia sudah digantikan oleh Robin McAuley. Pembicaraan dari 30 tahun reuni untuk Grand Prix mengikuti penampilan hebat Uriah Heep di Childline (1 Juni 2009); beberapa mantan anggota berbicara untuk pertama kalinya sejak kepergian tidak terjadwal dari Shaw, dan semuanya memutuskan itu adalah tindakan yang benar untuk memasukkan McAuley sebagai voaklis karena suaranya yang jauh lebih hebat.


Pada Desember 1981 dia bergabung dengan Praying Mantis, band yang dibentuk pada 1978. Anggota band lainnya adalah Tino Troy (gitar), Chris Troy (bass), Dave Potts (drums) dan John Bavin (kibord). Manajer band ini adalah manajer Deep Purple John Coletta tapi masih kesulitan mendapatkan kontrak rekaman. Shaw tidak merekam sebuah album dengan Praying Mantis tapi muncul di EP Turn the Tables, direkam pada 1982. Praying Mantis sering bermain live di berbagai tempat, termasuk Reading Festival. Pada 1993 sebuah bootleg beredar dengan judul “live + singles” yang berisi enam lagu yang dibawakan di Reading Festival dan cuplikan dan lagu lainnya.


Dari Desember 1983 hingga pertengahan 1984 dia bermain dengan Clive Burr's Escape, sebuah band bentukan mantan dramer Iron Maiden Clive Burr. Tak lama setelah Bernie bergabung, band berganti nama menjadi Escape.

Pada Juli 1984 band berganti nama lagi, Stratus. Seperti Praying Mantis, Stratus memainkan melodic hard rock. Album Throwing Shapes direkam di the Frankfurter Dreamboat studio dengan Tino Troy pada gitar, Alan Nelson pada kibord, Chris Troy pada bass, dan Clive Burr pada bass. Album itu dirilis pada tahun 1984. Pada 1993 versi CD Reborn Classics dirilis. Sebagai trek bonus di bootleg ini the Soundhouse Tapes ditambahkan. Stratus juga punya sebuah lagu sebagai soundtrack filem. Lagu "Run For Your Life" digunakan di filem Class of Nuke 'Em High (1986).

Saat Stratus akhirnya memainkan gig terakhir mereka di Marquee Club London di antara penonton adalah gitaris Uriah Heep Mick Box. Penyanyi Uriah Heep, Steff Fontaine, baru saja dipecat, dan Box mencarai penyanyi yang dapat mencapai nada tinggi. Box meminta Bernie ikut audisi untuk Uriah Heep dan mengangkatnya sebagai frontman baru Uriah Heep.

Album pertama Bernie dengan Uriah Heep adalah Live In Moscow. Pada 1995 Bernie mendapat masalah tenggorokan serius dan mengancam karir menyanyinya. Untuk konser di Austria dan Afrika Selatan mantan vokalis Uriah heep John Lawton dipanggil kembali. Bernie sembuh setelah menjalani operasi minor. Kini dia adalah vokalis dengan jabatan terlama Uriah Heep.

Pada Desember 1995 Shaw memulai sebuah band hobi di Victoria, Canada, bernama In Transit. Bergabung dengan mantan rekan Don Restall, Kevin Williams, Steve Moyer, dan gitaris Dale Collins, band membawakan cover dari Van Halen, 38 Special, Dan Reed Network, Stage Dolls, Foreigner, Richie Sambora, dan sedikit lagu Uriah Heep. Karena jadwalnya yang sibuk, Bernia dan In Transit memainkan sejumlah pertunjukan terbatas pada 1995 dan awal 1996. Hal ini membawa pada pembentukan the Collins-Shaw Project, dengan Bernie Shaw, Dale Collins, dan Don Restall. Selama kunjungan berikut Bernie ke Canada pada 1997, the Collins-Shaw Project merekam sebuah EP berjudul Picking Locks, yang dirilis pada tahun berikutnya. Proyek ini juga merilis sebuah single berjudul Sad Song.

Pada Agustus dan September 1997 Shaw ada di Rock Ridge studios Kanada untuk menyanyi di album milik temannya Kevin Williams, yang dia kenal dari In Transit. Ini adalah sebuah album penghormatan untuk istri Williams yang meninggal karena kanker sekitar Natal 1996. CD itu dirilis secara pribadi oleh Kevin Williams hanya untuk pasar Kanada. Bernie Shaw, dengan semua anggota Uriah Heep saat ini, berkolaborasi pada 2001 dengan legenda heavy metal Rumania, Iris, pada sebuah lagu berjudul “Lady in Black’ yang mendapatkan kesuksesan besar di Rumania selama tahun itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...