Laman

Selasa, 09 Februari 2016

STU HAMM




Dilahirkan dengan nama Stuart Hamm pada 8 Februari 1960 di New Orleans, Louisiana, AS, Hamm menghabiskan masa kecil dan masa mudanya di Champaign, Illinois, di mana ia belajar bass dan piano, bermain di band panggung di Champaign Central High School, dan terpilih ke Illinois All-State Band. Hamm lulus dari Hanover High di Hanover, New Hampshire pada tahun 1978 ketika tinggal di Norwich, Vermont. Setelah SMA, ia belajar di Berklee College of Music di Boston, dimana dia bertemu gitaris Steve Vai dan, melalui dia, bertemu Joe Satriani. Hamm bermain bass di album solo debut Vai, Flex-Able, yang dirilis pada tahun 1984.


Hamm telah manggung dan rekaman dengan Steve Vai, Frank Gambale, Joe Satriani dan banyak gitaris terhormat lainnya. Saat manggung untuk tur dengan Satriani-lah yang membawa keterampilan Hamm menjadi perhatian nasional. Rekaman berikutnya dengan Satriani dan artis rock/fusion lainnya, bersama dengan merilis rekaman solo sendiri (yang menampilkan pemain kibord Tommy Mars ), mengukuhkan reputasinya sebagai bassis dan musisi.


Album solo pertama Hamm, Radio Free Albemuth, terinspirasi oleh novel Philip K. Dick dengan nama yang sama, dirilis pada tahun 1988. Di album ini, Hamm menunjukkan kemampuannya pada sejumlah komposisi asli yang mencakup berbagai genre antara lain fusion, country, dan klasik. Pada trek solo seperti "Country Music (A Night in Hell)," ia menunjukkan kemampuannya dalam slapping dan tapping dua tangan serta kemampuan untuk membuat bass meniru suara berbagai instrumen; sejak itu trek itu telah menjadi trek populer saat manggung. Pada album yang sama, ia melakukan aransemen dari Moonlight Sonata-nya Beethoven.


Teknik slapping, popping dan two-handed tapping ditunjukkan pada rekaman solonya serta dalam video instruksionalnya, Slap, Pop & Tap For The Basses dan Deeper Inside the Bass. Sebagian penampilan panggung terkenalnya sering mencakup aransemen two-hande tapping "Linus dan Lucy"-nya Vince Guaraldi (dari televisi animasi khusus A Charlie Brown Christmas).


Sejak pertengahan Maret 2011 Hamm telah manggung dengan "The Deadlies," band tetap untuk "Creepy Kofy Movie Time"-nya KOFY-TV.
 
Pada bulan Juli 2011, Hamm menerima posisi Direktor of Bass Program di Musician's Institute di Hollywood, CA. Selama dua dekade terakhir, Hamm juga telah melakukan tur sebagai salah satu pengajar bass utama dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...