Laman

Jumat, 12 Februari 2016

STEVE HACKETT




Dilahirkan dengan nama Stephen Richard Hackett pada 12 Februari 1950. Dia menjadi terkenal sebagai gitaris dari band progressive rock Inggris, Genesis, dimana ia bergabung pada tahun 1970 dan pergi pada tahun 1977 untuk mengejar karir solo. Hackett berkontribusi untuk enam album studio Genesis, tiga album live dan tujuh single. Hackett dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame sebagai anggota Genesis pada 2010.


Hackett merilis album solo pertamanya, Voyage of the Acolyte, saat masih menjadi anggota Genesis pada tahun 1975. Setelah serangkaian album solo selanjutnya dimulai pada tahun 1978, Hackett ikut mendirikan supergrup GTR dengan gitaris progressive yang lain, Steve Howe dari Yes dan Asia, pada tahun 1986. Grup ini merilis album self-titled GTR , yang mencapai di No 11 di Billboard 200 di Amerika Serikat dan melahirkan single Top 20 “When the Heart Rules the Mind". Ketika Hackett meninggalkan GTR pada tahun 1987, kelompok ini dibubarkan. Hackett kemudian melanjutkan karir solonya. Dia merilis album dan melakukan tur di seluruh dunia secara teratur sejak itu.
 
MusicRadar menggambarkan Hackett sebagai "salah satu pemain gitar Inggris yang paling inovatif dan berpengaruh" yang "secara luas dikreditkan dengan menciptakan two-handed tapping dan memperkenalkan sweep picking ke gitar listrik rock 'n' roll". Karya utamanya meliputi banyak gaya; selain karyanya di rock progresif, ia telah mengeksplorasi pop, blues, world music dan musik klasik pada rekaman solonya. Ia disebut sebagai pengaruh dari gitaris seperti Eddie Van Halen, Alex Lifeson, Brian May dan Steve Rothery


Stephen Richard Hackett lahir di Pimlico, London, dari pasangan Peter dan Juni Hackett, dan bersekolah di Sloane Grammar School, Chelsea. Ia lahir satu hari sebelum rekan sebband di masa depan Peter Gabriel.
 
Dia dibesarkan dengan memiliki akses ke berbagai alat musik, seperti recorder dan harmonika, tetapi tidak mengembangkan minat pada gitar sampai usia 12, ketika ia mulai memainkan nada tunggal. Pada usia 14 tahun ia belajar akord dan bereksperimen dengan progresi akord, meskipun ia tidak pernah menerima instruksi formal.
 
Pengaruh musik awal Hackett adalah klasik (Johann Sebastian Bach) dan opera (Mario Lanza). Dia mengatakan bahwa komposisinya masih dipengaruhi oleh mereka. Hackett juga menyebut banyak artis blues Inggris seniman sebagai pengaruh, yaitu Danny Kirwan, Peter Green, dan berbagai gitaris di John Mayall & the Bluesbreakers, serta Jimi Hendrix, The Beatles, dan King Crimson.


Pengalaman bermain professional pertama Hackett datang dengan dua band - Canterbury Glass dan Sarabande - keduanya memainkan rock dengan elelem progresif. Karya rekaman pertamanya datang pada tahun 1970, sebagai anggota Quiet World, sebuah band yang menampilkan adiknya John Hackett pada flute. Mereka merilis satu album, The Road, namun Hackett meninggalkan grup tak lama kemudian.
 
Mencari band baru, Hackett menempatkan sebuah iklan di majalah Melody Maker yang menyatakan bahwa ia sedang mencari musisi "bertekad untuk berusaha kelura dari bentuk musik stagnan yang ada". Iklan itu ditanggapi oleh vokalis Genesis Peter Gabriel. Genesis baru saja kehilangan gitaris pendiri Anthony Phillips dan, setelah melihat mereka tampil, Hackett mengikuti audisi untuk grup. Dia bergabung pada bulan Desember 1970.
 
Hackett, yang memiliki sedikit pengalaman bermain di atas panggung ketika ia bergabung dengan Genesis, memiliki beberapa masalah pada penampilan awalnya dengan grup. Tapi ia segera memantapkan perannya, dan citra panggungnya yang unik (memakai kacamata dan duduk dalam posisi membungkuk di atas gitarnya) berlaku sebagai lawan tanding untuk kostum mewah dan gaya teatrikal Gabriel.


Rekaman pertama Hackett dengan Genesis adalah Nursery Cryme, dirilis pada bulan November 1971. Hackett membantu membentuk sound grup sekaligus, seperti yang terdengar pada lagu-lagu seperti "The Musical Box" dan "The Return of the Giant Hogweed." Ia menjadi salah satu gitaris pertama yang bereksperimen dengan teknik tapping yang biasanya dikaitkan dengan Eddie Van Halen. (Hackett sering mengklaim Eddie Van Halen mengatakan kepadanya bahwa ia belajar teknik ini setelah menghadiri konser Genesis di pertengahan 1970-an.) Bagian continuo dalam lagu terakhir terdengar seperti synthesizer karena distorsi dan karena teknik tapping legatonya serta continuo simultan Hohner Pianet Tony Banks.
 
Meskipun Nursery Cryme tidak sukses secara komersial, album Foxtrot tahun 1972, mencapai no. 12 di Inggris. Termasuk di Foxtrot adalah komposisi solo gitar klasik Hackett "Horizons", yang dengan cepat menjadi salah satu ciri khasnya.
 
Foxtrot memulai tren peningkatan popularitas komersial untuk Genesis. Pada album grup tahun 1973, Selling England by the Pound, Hackett menunjukkan kelanjutan dan menyempurnakan penggunaan teknik tapping dan sweep picking, yang dipopulerkan pada tahun 1984 oleh Yngwie Malmsteen. Kedua teknik ini dapat didengar pada lagu "Dancing with the Moonlit Knight". Lagu "Firth of Fifth" berisi satu solo gitar yang paling terkenal Hackett dan tetap menjadi favorit di konser, bahkan setelah kepergian Hackett.
 
Selama rekaman The Lamb Lies Down on Broadway pada tahun 1974, peran Hackett menyusut dari apa yang telah ia kontribusikan pada Selling England by the Pound. Dia menghubungkan ini karena tidak bisa mengatasi dengan materi yang disampaikan, dan pernikahannya yang gagal. Faktor lain adalah bahwa Hackett mengalami cedera tangan kirinya setelah sengaja menghancurkan segelas anggur, memutuskan saraf dan tendon. Hal ini menyebabkan keterlambatan tur tha Lamb dengan tujuh jadwal dibatalkan di Inggris. Ini juga menyebabkan ketegangan dalam band.


Pada tahun 1975, Hackett menjadi anggota pertama dari Genesis untuk merilis album solo, ketika ia mengeluarkan Voyage of the Acolyte, yang mencapai no. 26 UK chart album dan mencapai status penjualan perak di Inggris. Membantu dengan rekaman adalah Phil Collins dan Mike Rutherford. Hackett menikmati kebebasannya ketika menulis dan merekam albumnya sendiri. Dia mulai frustrasi setelah kembali ke pendekatan yang lebih demokratis grup untuk menulis lagu. Dalam sebuah wawancara dengan Phoenix FM Hackett mengatakan bahwa beberapa trek, khususnya Shadow of Hierophant, dilatih oleh Genesis selama penulisan dan perekaan Foxtrot pada tahun 1972.

Setelah kepergian Peter Gabriel, band ini berkumpul kembali untuk merekam album A Trick of the Tail (1976), dengan Collins mengisi vokal setelah tidak ada penyanyi lain dapat ditemukan. Hackett bergabung terlambat dengan sesi penulisan untuk album karena album solonya. Dia mengaku sedang cukup kehabisan ide, tapi ia memiiki kredit penulisan pada beberapa lagu.
 
Frustrasinya meningkat pada bulan Desember 1976 saat Genesis siap untuk melepaskan Wind & Wuthering. Hackett, merasa terbatas oleh kurangnya kebebasan dan tingkat input, bersikeras bahwa ingin materinya lebih dimasukkan di album, tapi ditolak mentah-mentah. Dari empat lagunya yang dibawa ke sesi penulisan untuk album, hanya satu yang masuk ke album. "Blood on the Rooftops", yang ditulis Hackett dengan Phil Collins, membuat album tapi tidak pernah dimainkan live. Komposisinya "Please Don’t Touch" dilatih, tapi ditolak sepenuhnya dan diganti dengan lagu "Wot Gorilla" sebagai lagu terakhir pada sisi 1 dari Wind & Wuthering. Lagu lain, "Inside and Out", dimasukkan ke Spot Pigeon EP. Sebuah lagu ketiga, "Hoping Love Will Last", yang dilatih dengan Collins pada vokal, tapi Hackett ingin membawa seorang perempuan untuk menyanyikan vokal utama. Band ini ragu-ragu untuk membawa orang luar, dan gagal untuk mencapai kompromi, lagunya dibatalkan. Hackett tetap dengan Genesis hingga akhir dari tur dari Wind & Wuthering, tetapi mengumumkan kepergiannya pada tanggal 8 Oktober 1977, satu minggu sebelum rilisan album live kedua grup Seconds Out.

Sejak kepergian Hackett, line-up 1970-1975 dari Genesis telah bersatu kembali beberapa kali. Pada 2 Oktober 1982, grup berkumpul untuk "Six of the Best”, penampilan satu kali yang diadakan untuk mengumpulkan uang untuk festival WOMAD-nya Peter Gabriel. Acara ini telah menjadi satu-satunya untuk menampilkan pertunjukan dengan line-up ini sejak tahun 1975.
 
Pada tahun 1998, grup berkumpul untuk sesi foto dan makan malam untuk merayakan perilisan Genesis Archive 1967-1975, sebuah box set dimana Hackett kembali merekam beberapa bagian gitarnya. Dia juga berpartisipasi dalam rekaman ulang dari "The Carpet Crawlers" tahun 1974 untuk dimasukkan pada album greatest hits Genesis tahun 1999, Turn It On Again: The Hits; anggota lain dari grup juga merekam beberapa bagian baru, tapi tidak di studio yang sama pada waktu yang sama. Namun, setelah Trevor Horn dan The Art of Noise telah melakukan mixing lagu, vokal Gabriel dan Collins adalah satu-satunya kontribusi baru yang besar untuk membuat rilisan final.
 
Dalam sebuah wawancara radio April 2006, Phil Collins membahas pertemuan band yang berlangsung pada bulan November 2005. Dalam pertemuan itu, geup membahas kemungkinan reuni musisi klasik awal-pertengahan 1970-an untuk melakukan pertunjukan terbatas, termasuk penampilan lengkap The Lamb Lies Down on Broadway, album ganda grup tahun 1974. Namun, pada tanggal 18 Oktober 2006 diumumkan, bahwa line-up paska Hackett yang terdari Rutherford, Bank, dan Collins yang malah direformasi.


Pada bulan Maret 2010, gitaris Phis Trey Anastasio diminta untuk melakukan penghromatan kepada Genesis, salah satu band favoritnya, setelah induksi mereka ke dalam Rock & Roll Hall of Fame. Selain pidato Anastasio ini, Phish muncul dan membawakan dua lagu Genesis: "Watcher of the Skies" dan "No Reply at All". Meskipun Hackett dan rekan seband Genesis-nya (minus Peter Gabriel) menghadiri upacara tersebut, mereka tidak manggung.
 
Pada akhir September 2014 tiga CD kompilasi set R-Kive dirilis dan mencapai no. 7 di chart album Inggris. Box set itu berisi, selain materi Geneis, lagu dari solo karir masing-masing anggota dari line-up MK3 klasik (kontribusi Hackett adalah "Ace of Wands", "Every day" dan "Nomads"). Sehubungan dengan R-Kive dokumenter BBC Genesis: Toegther and Apart disiarkan di Inggris pada bulan Oktober 2014. Ini adalah pertama kalinya Collins, Gabriel, Bank, Rutherford dan Hackett bersatu kembali sejak kepergian Gabriel dari Genesis pada tahun 1975, tetapi setelah siaran itu Hackett menyatakan ketidaksenangan dengan programitu, yang digambarkan sebagai "akun bias sejarah Genesis" yang "benar-benar mengabaikan" karya solonya.
 
Album pertama Hackett setelah keluar dari Genesis adalah Please Don’t Touch, dirilis pada tahun 1978. Seperti Voyage of the Acolyte (1975), banyak materi di album itu dalam gaya rock progresif. Namun, album itu mengandung banyak karya vokal. Hackett, yang belum pernah menyanyikan vokal utama pada lagu Genesis, menyerahkan sebagian besar vokal untuk sejumlah penyanyi, antara lain penyanyi folk Richie Havens, penyanyi R&B Randy Crawford, dan Steve Walsh dari grup progressive rock Amerika, Kansas. Dia memberikan vokal untuk "Carry On Up the Vicarage", tapi mereka diproses menggunakan efek vokal "laughing gnome". Album mencapai di no. 38 di chart UK, dan no. 103 di Billboard Album pop chart di Amerika Serikat.
 
Sepasang album rock progresif mengikuti: Spectral Mornings tahun 1979 (no. 22 di Inggris dan no. 138 di Amerika Serikat) Dan Defector tahu 1980 (no 9. di Inggris dan no. 144 di Amerika Serikat). Hackett tur Eropa untuk pertama kalinya sebagai artis solo pada tahun 1978, dan pada Agustus 1979 tampil di Reading Festival. Tur Defector membawanya ke Amerika Serikat untuk pertama kalinya sejak tur terakhirnya dengan Genesis.
 
Pergeseran besar pertama Hackett dalam gaya musik datang dengan Cured tahun 1981. Meskipun album ini berisi beberapa lagu progresif dan klasik dimana Hackett dikenal, album ini juga memamerkan pendekatan pop yang lebih banyak. Album ini direkam tanpa salah satu musisi yang tampil di album solo Hackett sejak Spectral Mornings (Hackett menangani semua tugas vokal utama), selain dari kolaborator lama Nick Magnus dan John Hackett. Saat Cured tidak masuk ke chart yang tinggi di AS, album ini mencapai di no. 15 di Inggris. Beberapa album solo pertamanya juga masuk di chart di Eropa - terutama di negara-negara Skandinavia, di mana empat album solonya pasca Genesis semuanya masuk Top 30 di tangga album.
 
Pada 1980-an, Hackett merilis album gitar klasik pertamanya, Bay of Kings (1983, no. 70 di chart album Inggris) dan Momentum (1988). Tur untuk Momentum menarik penonton besar di Eropa, dianggap tidak biasa untuk seorang gitaris klasik. Di sisi produksi rock, Karya Hackett pada 1980-an juga melibatkan piringan hitam Highly Strung (1983, no. 16 di chart album Inggris) dan Till We Have Faces (1984, no. 54 di chart album Inggris). Highly Strung berisi semi-hit "Sel 151", sementara Till We Have Faces menggabungkan gaya suara Hackett dengan world music dan perkusi Brasil.
 
Pada tahun 1986, Hackett membentuk supergrup GTR dengan veteran Yes dan gitaris Asia Steve Howe. Grup ini merilis album dengan penjualan emas, diproduseri oleh kibordis Yes/Asia Geoff Downes. Album ini berisi "When the Heart Rules the Mind", yang hit nomor 14 di Billboard Hot 100, single tertinggi di AS dalam karir Hackett. Hackett kemudian meninggalkan GTR karena percekcokan keuangan dan manajemen. Selain Howe dan Downes, Hackett juga bekerja sama dengan drummer Yes Bill Bruford baik di Genesis dan solo, bassis Yes Chris Squire (Chris Squire’s Swiss Choir, 2007 dan Squackett, 2012) dan secara singkat dengan vokalis Yes Trevor Horn (yang memproduseri versi reuni reuni versi klasik Genesis "The Carpet Crawlers" tahun 1999). Dia juga tampil bersama mantan pemain kibord Yes Rick Wakeman pada TV Show terakhir Gastank pada pertengahan 1980-an. Kibordis lama Hackett, Julian Colbeck, manggung dengan spin-off Yes, Anderson Bruford Wakeman Howe. Pelukis dan desainer Roger Dean, pencipta logo Yes dan sebagian besar sampul album mereka, juga mengerjakan sampul untuk boxset Hackett, Premonitions (2015).
 
Pada tahun 1986 Hackett juga berpartisipasi dengan mantan anggota Yardbirds Chris Dreja, Paul Samwell-Smith dan Jim McCarty di album kedua proyek Box of Frogs mereka Strange Land bersama dengan Jimmy Page, Ian Dury dan Graham Parker pada trek, "I Keep Calling", "20 / 20 Vision" dan "Average". Pada tahun 1989 Hackett mengambil inisiatif untuk proyek amal Rock Against Repatriation dan melakukan sebuah cover dari hit Rod Stewart "Sailing". Bersama dengan Hackett antara lain, Brian May, Bonnie Tyler, Phil Manzanera, Mark King, Steve Rothery, Curt Smith, Howard Jones, Fish, Paul Carrack, Justin Hayward dan Simon Phillips yang berpartisipasi.
 
Karir solo Hackett terus berlanjut, merilis sejumlah besar baik album berdasarkan listrik, klasik dan akustik sepanjang 1990-an sampai sekarang. Pada tahun 1996 yang pertama dari album Genesis Revisited diterima dengan baik dirilis (no. 95 di chart album Inggris). Lagu, "Déjà Vu" adalah ikut ditulis dengan Peter Gabriel pada tahun 1973 selama sesi Selling England by the Pound tapi tidak selesai, dan Hackett menyelesaikan lagu iyu untuk album ini. Pada bulan April 1997 ia merilis neo-klasik yang dipengaruhi A Midsummer Night Dream, disertai oleh Royal Philharmonic Orchestra, dan album menghabiskan beberapa minggu di Top 10 di chart klasik Inggris grafik. Dari periode ini dan selanjutnya album rock progresif Darktown (1999) dan ke depan, produser, kibordis dan aranjer Roger King telah menjadi sebuah peran penting dalam karya studio dan live Hackett.
 
Pada tahun 2005, biografi pertama Steve Hackett, The Defector oleh wartawan Mario Giammetti, diterbitkan di Italia (Edizioni Segno).
 
Pada bulan Juni 2009, Hackett mengumumkan album solo baru yang menampilkan kontribusi dari banyak artis, antara lain mantan gitaris Genesis Anthony Phillips dan Chris Squire dari Yes. Album yang dirilis pertengahan Oktober 2009 dan berjudul Out of the Tunel’s Mouth, ditunda karena alasan hukum, tapi akhirnya dijual dari November 2009, dan beberapa lagu ditampilkan pada tur Eropa.
 
Pada bulan Agustus 2009, biografi resmi Sketches of Hackett oleh Alan Hewitt diterbitkan oleh Wymer Publishing. Edisi bersampul pertama meliputi bonus DVD dengan wawancara 90 menit yang difilmkan awal tahun di rumah Steve.
 
Pada tanggal 15 Maret 2010, Genesis dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame dengan Hackett membuat penampilan langka bersama Phil Collins, Tony Banks dan Mike Rutherford pada upacara tersebut, meskipun mereka tidak tampil bersama. Hackett, dalam beberapa tahun terakhir, telah menunda membuat rekamannya karena kesediaannya untuk berpartisipasi dalam sebuah reuni. Sebuah reuni direncanakan dari lineup klasik Genesis tahun 1970-an berantakan pada tahun 2007 ketika Peter Gabriel menyatakan keberatan, dan kemudian Hackett keluar dari lineup ‘trio’ Genesis, yang bertentangan dengan empat orang. Dengan pengumuman Phil Collins dari pensiun di tahun 2011, kemungkinan reuni lain sangat tipis.
 
Pada tahun 2011 Hackett merilis album studio ke-24 Beyond the Shrouded Horizon (no. 133 di chart album Inggris.). Pada tahun 2012 ia melanjutkan tur untuk mempromosikan album itu di Inggris.

Kemudian pada tahun 2012, Hackett dan Squire kembali berkolaborasi untuk merilis album A Life Within A Day dengan nama Squackett.

Hackett merilis Genesis Revisited II (no. 24 di chart album Inggris) pada akhir Oktober 2012. Album juga masuk chart antara lain di Jerman, Italia, Perancis dan Belanda dan diterima hangat saat tur dunia berikutnya. Juni 2013 baik Genesis Revisited (1996) dan Genesis Revisited II diberikan sebuah Japanses Gold Sales Award. Genesis Revisited II juga menampilkan mantan penyanyi Genesis, Ray Wilson.

Hackett memenangkan Event of the Year pada 2013 Progressive Music Awards untuk Genesis Revisited di Hammersmith Apollo. Pada bulan Oktober 2013 acara ini dirilis sebagai box set lima CD/DVD: Live at Hammersmith (no. 58 di album chart Inggris), dan pada Juni 2014 box set CD/DVD lain dari Genesis Revisited II-tour dirilis: Live at Royal Albert Hall (no. 80 di chart album Inggris). Kedua box set itu masuk beberapa tangga lagu Eropa serta menembus chart album Top 20 Jerman.
 
Pada Maret 2015 Hackett merilis Wolflight (no. 31 di chart album Inggris), album pertamanya dalam empat tahun dengan materi solo yang baru ditulis. Pada bulan September 2015 perusahaan musik independen Wienerworld merilis dokumenter Hackett The Man, The Music. Film ini mencapai no. 5 di chart DVD UK, dan pada bulan Oktober Universal/Virgin merilis Premonitions: The Charisma Years 1975-1983, satu box set 14 disc yang terdiri enam album solo pertamanya, materi tambahan, ditambah rekaman live serta remix baru oleh Steven Wilson.
 
Hackett telah menikah tiga kali. Yang pertama, pernikahan yang singkat dengan Ellen Busse dan pasangan ini memiliki seorang putra, Oliver. Pernikahan berakhir pada waktu rekaman The Lamb Lies Down on Broadway. Dia kemudian menikahi pelukis dan artis Brasil Kim Poor pada 14 Agustus 1981. Mereka bercerai pada 18 Mei 2007. Ia menikahi penulis Jo Lehmann pada 4 Juni 2011 dan telah bekerja sama secara musikal dengan adik iparnya, Amanda sejak tahun 2009 pada beberapa rekaman dan tur.
 
Adik Steve, John terlibat sebagai pemain flute dan gitaris kedua di bandnya tahun 1970an. John sering muncul sebagai musisi dan kolaborator pada karya-karya terbarunya, terutama pada Sketches of Satie (2000), mengaransemen untuk flute dan gitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...