Laman

Sabtu, 27 Februari 2016

NASTY SUICIDE




Dilahirkan dengan nama Jan-Markus Stenfors pada tanggal 27 Februari 1963 di Sipoo, Finlandia, adalah mantan rhythm & lead guitarist dan salah satu anggota pendiri dari Hanoi Rocks antara tahun 1979-1985. Hanoi Rocks adalah band rock Finlandia yang menggabungkan elemen-elemen dari punk, glam rock, rock and roll, dan blues.


Sebelum jabatannya di Hanoi Rocks, Suicide memainkan gitar di sebuah band punk Finlandia bernama Briard pada akhir tahun 1970an. Suicide menggantikan Andy McCoy di Briard setelah McCoy bergabung dengan Pelle Miljoona Oy. Setelah pembubaran Hanoi Rocks pada tahu 1985, dia dan mantan rekan seband Andy McCoy merekam sebuah album akustik dibawah nama The Suicide Twins yang dirilis pada tahun 1986 dan diberi judul Silver Missiles and Nightingales. Pada waktu yang sama McCoy dan Suicide memulai The Cherry Bombz, yang menyertakan Timo Caltio pada bass (kemudian digantikan oleh Dave Tregenna), Terry Chimes pada drum dan penyanyi Anita Chellemah. The Cherry Bombz merilis 2 buah EP: The Cherry Bombz (1985) dan House of Ecstasy (1986) juga sebuah album live, Coming Down Slow (1986). Setelah The Cherry Bombz, Nasty membentuk bandnya sendiri Cheap and Nasty, dari tahun 1990 hingga 1994.


Pada tahun 1988 Suicide membuat pemunculan singkat di video musik Guns N’ Roses untuk “Paradise City”.


Nasty Suicide juga muncul di album solo kedua Michael Monroe, Not Fakin’ It, yang dirilis pada tahun 1989, sebagai seorang penulis lagu dan gitaris. Suicide juga anggota dari band Monroe, Demolition 23 di awal 90an, dimana dia menggantikan gitaris asli. Setelah pembubaran Demolition 23, Suicide merekam sebuah album dibawah namanya sendiri, berjudul “vinegar Blood” pada tahun 1995 dan hanya dirilis di Finlandia saja.


Suicide pensiun dari kancah rock di pertengahan 90an dan kembali ke Finlandia (salah satu alasan Demolition 23 bubar), dimana dia akhirnya menyelesaikan pelajarannya di SMA. Setelah lulus dari SMA dia belajar untuk menjadi seorang farmasis dan saat ini bekerja di sebuah perusahaan obat di Finlandia. Suicide membuat beberapa pemunculan tamu dengan Hanoi Rocks yang terbentuk kembali pada tahun 2000an.


Pada tahun 2010 Suicide juga memainkan sebuah pertunjukan dengan Michael Monroe di bulan Agustus 2010 di Ankkarock Festival menggantikan Steve Conte yang harus menundanya karena alasan keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...