Laman

Jumat, 26 Februari 2016

JONATHAN CAIN




Dilahirkan dengan nama Jonathan Leonard Friga pada 26 Februari 1950 di Chicago Illinois, adalah seorang musisi, penyanyi dan penulis lagu Amerika yang terkenal untuk karya-karyanya dengan The Babys, Journey dan Bad English.

Pada usia delapan tahun Cain memulai pelajaran akordion-nya, dan pada saat itu masa remajanya dia memainkan akordion dan piano dan pesta-pesta dan klub. Dia juga memainkan gitar, bass dan harmonica. Cain belajar di East Leyden High School di Franklin Park, Illinois. Dia salah satu yang selamat di kebakaran Our lady od the Angels School pada tahun 1958, dimana 95 murid dan pengajar meninggal. Dia kemudian belajar di the Chicago Conservatory of Music sebelum pindah ke Nashville, Tennessse untuk sementara dan kemudian ke Los Angeles, California.


Pada tahun 1976, Cain merilis rekaman pertamanya sebagai the Jonathan Cain Band, Windy City Breakdown, di Bearsville Records. Pada tahun 1979, dia bergabung dengan The Babys, muncul di album-album mereka Union Jacks dan On the Edge. Pada tahun 1980 Cain meninggalkan The Babys untuk bergabung dengan band rock Journey, mengambil tempat Gregg Rolie pada kibord. Cain membantu Journey menuju puncak tangga lagu dengan kolaborasi pertamanya dengan album Escape, menggubah dan memainkan piano pada lagu-lagu seperti “Don’t Stop Believn’”, dideskripsikan oleh Allmusic sebagai “salah satu riff kibord pembuka terbaik dalam musik rock”. Kotribusi terbesarnya adalah sebagai penulis tunggal dari balada Journey klasik “Faithfully”, sebuah lagu tentang kehidupan di jalan saat dalam sebuah band. Cain mucul setidaknya di 13 album dan kompilasi Journey.


Lagu “Working Class Man” dinyanyikan oleh Jimmy Barnes adalah salah satu komposisi Cain dan dianggap sebagai lagu khas Barnes.

Cain berkumpul kembali dengan mantan rekan seband Babys, John Waite dan Ricky Phillips, sesama rekan seband Journey, Neal Schon, dan (mantan) drummer Journey, Deen Castronovo untuk membentuk band Bad English. Band ini merilisdua buah album sebelum dibubarkan pada awal 1990an.


Pada tahun 1996, lineup Journey dari album Escape melakukan reuni. Mereka terbentuk kembali dan merekam album Trial by Fire. Steve Perry kemudian meninggalkan band lagi pada tahun 1998, setelah menderita cedera pinggang saat melakukan hiking di Hawaii yang memerlukan operasi. Journey berlanjut dengan tiga penyanyi utama berurutan, Steve Augeri dari 1998 hingga 2006, Jeff Scott Soto dari tahun 2006 hingga 2007, dan frontman saat ini Arnel Pineda dari 2007 hingga sekarang.


Cain dikenal untuk menampilkan solo piano di setiap konser Journey, biasanya tepat sebelum band membawakan “Open Arms”. Dia memulai tradisi ini saat Steve Augeri bergabung dengan band pada tahun 1998. Dia biasanya memainkan solo yang sama di setiap konser saat tur, dan telah merubah solo yang di bawakan hanya empat kali, pada 1998, 2003, 2009, dan 2011.


Selain bekerja dengan Journey, Cain juga merilis delapan album solo dan berkontribusi ke album solo oleh sesama anggota Journey, Neal Schon.


Cain telah menikah tiga kali. Istri pertamanya adalah penyanyi Tane McClure. Pada tahun 1989 dia menikahi istri keduanya, Elizabeth Yvette Fullerton, dimana mereka memiliki tiga anak, Madison (1993), Liza dan Weston (1996). Jonathan pindah dari Novato, CA ke pinggiran Nashville, TN. Dia bercerai lagi. Dia kini menikah dengan menteri Paula White (April 2015). Dia telah membangun studio rekaman bernama Addiction Sound di Nashville, dimana dia saat ini berdomisili.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...