Laman

Minggu, 28 Februari 2016

NEAL SCHON




Lahir dengan nama Neal Joseph Schon pada 27 Februari 1954 di Tinker Air Force Base, Oklahoma, putra dari Barbara dan Matthew Schon. Dia berketurunan Jerman dan Italia. Schon pertama kali memaninkan gitar pada “sekitar usia lima tahun.” Seorang pembelajar yang cepat, dia bergabung dengan Santana saat remaja berusia 15 tahun. Schon mengatakan dia diminta oleh Eric Clapton untuk bergabung dengan Derek and the Dominos, tapi malahan dia bergabung dengan Santana, dan tampil di album Santana III. Schon juga bermain di Azteca sebelum kemudian pada tahun 1973 untuk membentuk Journey, sebuah grup yang terus dia komandanai hingga saat ini.

Gaya permainan gitar Schon dideskripsikan sebagai soulful, mengambil inspirasi dari penyanyi-penyanyi soul 1960an seperti Aretha Franklin dan Gladys Knight, dan meleburnya dengan musik blues yang serupa dengan B.B. King. Dia terpengaruh oleh gitaris-gitaris seperti Eric Clapton, Jimi Hendrix, Carlos Santana dan Wes Montgomery.


Selain dia memiliki lima buah album solo dan 14 album studio dengan Journey, karya-karyanya meliputi: sepasang album dengan kibordis Jan Hammer, kolaborasi singkat dengan Sammy Hagar (HSAS dan Planet US) dan Paul Rodgers, bergabung dengan Bad English (sebuah supergeup yang menampilkan Joanthan Can dan Deen Castronovo dari Journey dan mantan rekan seband Babys Jonathan Cain, John Waite dan Ricky Phillips) dan Hardline (yang juga menampilkan Deen Castronovo). Bahkan saat lineup terkini Journey masih mendapatkan kepercayaan dari penggemar, Schon melibatkan diri dalam pryek sampingan seperti Piranha Blues (1999) dan “Black Soup Cracker” sebuah band funk yang menampilkan mantan rekan Prince, Rosie Gaines dan Michael Bland dan juga dengan Soul SirkUS bersama Jeff Scott Soto.


Schon dapat didengar pada album-album lain antara lain tiga lagu di The Hunger-nya Michael Bolton, dengan sound Schon hampir serupa dengan “(Sittin’ On) The Dock of the Bay”. Dia juga bergabung dengan Larry Graham untuk bermain di band all-star untuk artis funk cult dan mantan istri dari Miles Davis, Betty Davis. Selain itu, Schon (bersama dengan manajer Journey Herbie Herbert) juga berkontribusi untuk album Big City tahun 1977-nya Lenny White, terutama jam instrumental “And We Meet Again”.


Pada September 2011, Schon mempublikasikan bahwa dia menjalin hubungan dengan Michaele Salahi, yang sebelumnya bertemu di sebuah acara makan malam kenegaraan di White House, yang membintangi “Real Housewives”-nya Bravo dan segera meninggalkan suaminya Tareq Salahi untuk bersama Schon. Keduanya juga mengatakan mereka juga berkencan sebelumnya di tahun 1990an dan sangat bahagia bersama.


Pada 14 Oktober 2012, Schon melamar Michaele diatas panggung selama di sebuah konser amal di Lyric Opera House di Baltimore, Maryland, memberinya cincin pertunangan berlian oval 11.42 karat. Pernikahan ini menjadi yang kelima bagi Schon dan kedua untuk Michaele.


Pasangan ini menikah pada 15 Desember 2013, dalam sebuah pernikahan bayar-per-tayang ($14.95 untuk tiga jam) yang disiarkan langsung dari the Palace of Fine Arts di san Fransisco, California. Pada 1 Desember 2015, San Fransisco Board of Supervisors setuju dengan sebuah perjanjian yang akan membayar Neal dan Michaele sebesar $290.000 dalam tanggapan atas tuntutan hukum yang menyebabkan pemerintah kota setempat mengijinkan pihak pengatur pernikahan meningkatkan pembayaran mereka setelah mempelajari pengaturan bayar per tayang itu.


Empat dari lima pernikahan Schon berakhir dengan perceraian. Dia memilikidua anak dengan istri keduanya (Beth Buckley), satu dengan istri ketiganya (Dina Gioeli) dan dua dengan istri keempatnya (Amber Kozan). Nama anak-anaknya adalah Miles, Lizzy, Sarah, Aja dan Sophie.

Schon telah dilantik kedalam the Oklahoma Music Hall of Fame pada 23 Agustus 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...