Laman

Sabtu, 27 Februari 2016

DENNIS DUNAWAY




Dilahirkan pada 9 Desember 1946 di Cottage Grove, Oregon, AS, adalah musisi Amerika, paling dikenal sebagai bass gitaris asli untuk Alice Cooper dari 1969-1974. Ia menulis bersama beberapa lagu paling terkenal band, antara lain "I’m Eighteen" dan "School’s Out".


Dunaway menggunakan bass skala pendek Gibson EB-0, dimodifikasi dengan Fender Precision Bass membagi pickup di posisi treble, yang ia semprot dengan cat hijau dan diberi nama "the frog". Dia bisa dilihat dengan bass itu di sampul album belakang Love it to Death. Dunaway menggunakan bass ini secara eksklusif dalam pembuatan tiga album pertama grup Alice Cooper asli. Saat ini dipinjamkan ke Rock and Roll Hall of Fame. Dunaway kemudian beralih ke Fender Jazz bass.

'Billion Dollar Babies' adalah nama band yang didirikan oleh Michael Bruce, Mike Marconi, Dennis Dunaway, Bob Dolin, dan Neal Smith setelah mereka berpisah dari Alice Cooper pada tahun 1974. Band ini terlibat dalam gugatan hukum atas penggunaan nama itu. Mereka hanya merilis satu album, Battle Axe tahun 1977, sebelum bubar. 

Dennis menikah dengan Cindy Dunaway, asli desainer kostum asli Alice Cooper yang membantu menciptakan gaya busana Shock Rock. Cindy adalah adik dari drummer asli Alice Cooper, Neal Smith. Putri tertua mereka, RenĂ©e Dunaway, juga seorang musisi dan mengomandani band Jetsetter, sementara putri bungsu mereka Chelsea Dunaway, adalah seorang penyanyi/penulis lagu, penata rias dan desainer perhiasan. Renee dan Chelsea adalah anggota dari trio komedi musik Jestrock. 


Dennis tampil pada Welcome 2 My Nightmare-nya Alice Cooper. Pada tanggal 1 Juli, 2010 ketika berbicara tentang album baru yang diberi judul, Welcome 2 My Nightmare, Alice mengatakan dalam sebuah wawancara Radio Metal: "Kami akan menempatkan beberapa orang asli di album itu dan menambahkan beberapa orang baru, saya sangat senang bekerja dengan Bob (Ezrin) lagi.” Nama lain yang disebutkan adalah: Slash, Neal Smith, Dennis Dunaway, Steven Hunter dan Dick Wagner. Dunaway dan Smith menulis dua lagu dan tampil, bersama dengan Michael Bruce, pada tiga trek pada album itu, dirilis pada bulan September 2011. Pada tahun yang sama, Dunaway dan mantan teman band Alice Cooper-nya dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame, dalam "Performer Category". 


Dennis saat ini bermain secara live dengan band-nya, Blue Coupe and 5th Avenue Vampires. Dennis Dunaway dan singlw baru Blue Coupe "You (Like Vampires)", yang ditulis oleh John Elwood Cook, dinominasikan untuk Best Rock Song Grammy. Lagu ini dapat didengar pada ITunes atau Pledgemusic. Dennis merilis memoarnya "Snakes! Guillotines! Electric Chairs!" (Thomas Dunne Books) pada bulan Juni 2015. Buku ini ditulis dengan penulis Rolling Stone, Chris Hodenfield.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...