Laman

Kamis, 11 Februari 2016

DOUG BLAIR




Dilahirkan pada 11 Februari 1963 di Manchester, Connecticut, AS dengan nama Douglas Blair Lucek, gitaris anggota W.A.S.P. 


Perkembangan awal Doug sebagai musisi berlangsung di negara bagian asalnya Connecticut (USA). Fokusnya pada kemampuan teknis dengan gitar dengan cepat mendapatkannya reputasi lokal dengan band awalnya, Run 21. Band ini memainkan jadwal klub kecil di daerah Tri-State (NY, NJ, CT) dan merekam beberapa materi lagu asli selama waktu itu. Salah satu lagu, "Baby It’s Your Face" direkam di Presence Studios di Weston, Connecticut dan dirilis pada kompilasi Metalstorm yang diproduseri oleh Jamie Bircumshaw dan Tom Boyd pada tahun 1985. Band awal Doug Blair ini, Run 21 juga menampilkan Stet Howland pada drum yang kemudian akan bergabung dengan W.A.S.P. (seperti juga Blair). Run 21 secara khusus dikenal untuk pertunjukan anehnya (dibandingkan dengan band Connecticut lainnya) yang akan melihat Blair melompat di bar dan bermain sambil berjalan di antara gelas dan botol. Aksi itu memiliki unsur komedi dengan dialog drummer Stet Howland dengan penonton. Gaya "over the top" awal dari pertunjukan ini adalah permulaan dari apa yang Blair dan Howland akan lakukan dengan W.A.S.P. yang dikenal secara internasional.


Dia awalnya bergabung dengan W.A.S.P. untuk waktu yang singkat pada tahun 1992. Selama waktunya Blair menulis sebuah kolom gitar untuk Mixx Magazine (sekarang dikenal sebagai Intermixx Webzine) di mana ia memberikan instruksi dan saran tentang masalah umum permainan gitar dan instrumen gitar yang dikenal didesain olehnya. Dia juga pengganti cepat pada Unholy Terror Tour-nya W.A.S.P. pada tahun 2001 pada dua pertunjukan festival ketika Chris Holmes meninggalkan band. Pada tahun 2006 ia dipekerjakan oleh W.A.S.P. untuk ketiga kalinya.


Band 'lainnya' saat ini adalah Signal2Noise dengan perkusionis/vokalis John Anthony. Album debut mereka, "Fighting Mental Illness", memiliki 7 lagu; Generica, Contrast, Hear, Disown, Out, Corner, dan versi bonus akustik dari Wall. 


Dari waktu ke waktu, ia juga muncul sebagai musisi tamu di pertunjukan artis lain seperti Barbe-Q-Barbie.


Blair dikenal untuk menciptakan instrumen inovatif "GuitarCross" yang menyatukan lima gitar senar dengan tiga senar bass (senar gitar dikirim ke satu ampli, senar bass ke ampli lain) untuk membuat suara yang unik. Dia menggunakan penemuan ini di s2n dan juga menggunakan gitar akustik 12-string yang unik bernama "Asia."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...