Laman

Jumat, 26 Februari 2016

OLIVER WAKEMAN




Dilahirkan pada 26 Februari 1972, adalah seorang kibordis dan composer rock Inggris, yang dikenal sebagai mantan anggota Yes, dimana dia menggantikan ayahnya, Rick Wakeman.


Oliver adalah putra pertama dari Rick Wakeman. Orangtuanya bercerai saat dia masih muda.

Dia bekerja dengan Clive Nolan (Arena) di album progressive rock berkonsep, Jabberwocky (dirilis pada 1999) dan Hound of the Baskervilles. Tracy Hitchings muncul di kedua album, sedangkan Rick Wakeman (melakukan narasi) dan alumnus Yes, Peter Banks, keduanya muncul di Jabberwocky.

Wakeman bekerja dengan Steve Howe untuk beberapa tahun, (aslinya rekan seband ayahnya di Yes dan kemudian seorang rekan band saat Oliver sendiri bergabung dengan Yes). Keduanya tinggal berdekatan satu sama lain di south-west Inggris. Howe menjadi tamu di album solo Wakeman, The 3 Ages of Magick, sedangkan Wakeman di album solo Howe pada tahun 2005, Spectrum, dan berkontribusi ke rekaman Howe “Australia” untuk versi AS dari koleksi Yes, The Ultimate Yes: 35th Anniversary Collection.

Wakeman menulis sebuah CD yang terinspirasi oleh kunjungan dan pengalamannya di Lundy, sebuah pulau kecil di Bristol Channel dimana awalnya dirilis pada 1997 dan kemudian lagi pada 1999. Dia melakukan tur dengan Bob Catley di UK da Eropa dan juga menjadi tamu di proyek Ayreon, The Human Equation pada tahun 2004. Wakeman menggantikan kibordis Herb Schildt untuk band progressive rock Amerika, Starcastle, yang dikenal untuk sound mereka yang mirip Yes, di RoSfest (Rites of Spring festival) tahun 2007.


Selama tahun 2006 dan 2007 Oliver melakukan tur dengan bandnya membawakan seleksi dari albumnya Mother’s Ruin juga lagu-lagu dari katalognya. Pada akhir 2007 pertunjukan ini difilmkan dan direkam di Polandia dan kemudian dirilis pada tahun 2008 sebagai paket CD/DVD dan DVD single berjudul Coming to Town. Sebuah CD single dirilis yang muncul pada tahun 2009.

Oliver telah dinominasikan untuk penghargaan ‘Best Keyboard Player’-nya Classic Rock Society pada banyak kesempatan dan telah memenangkan penghargaan sebanyak tiga kali (2006, 2007 & 2008).

Dia menghabiskan tahun 2012 bekerja dengan Gordon Giltrap di proyek rekaman baru berjudul Ravens & Lullabies yang dirilis pada 2013. Mereka melakukan tur bersama selama September dan Oktober 2012 dalam persiapan untuk perilisan album.

Tur itu berlanjut selama tahun 2013, menyertakan sebuah band penuh menjadi penampil utama di festival Summer’s end. Oliver dan Gordon juga muncul dengan penyanyi Paul Manzi di perrunjukan BBC Radio 2-nya Bob Harris di bulan Juni 2013.

The 3 Ages of Magick-nya Oliver dirilis ulang pada tahun 2013 dengan materi bonus dan sebuah tambahan booklet.


Pada tahun 2008, situs resmi Yes mengumumkan bahwa Oliver Wakeman akan melakukan tur dengan Yes dalam tur ulang tahun ke 40 band. Namun, tur itu ditunda karena penyakit penyanyi Yes, Jon Andserson. Sebuah tur lagi In The Present Tour yang menampilkan Steve Howe, Chris Squire dan Alan White plus Oliver Wakeman dan penyanyi Kanada, Benoit David (menggantikan Anderson) dimulai pada musim gugur 2008, dan berlanjut ke tahun 2009. Putaran kedua tur ini ditunda setelah satu jadwal saat Squire harus melakukan operasi kaki pada 11 Februari.

Band kembali untuk tur pada musim panas 2009 dan ini berlanjut hingga musim panas 2010. Mereka juga teken kontrak dengan Frontiers Records, sebuah perusahaan rekaman Italia. Yes mulai mengerjakan sebuah album, dengan Wakeman, pada Oktober/Nopember 2010 diikuti oleh tur Amerika Selatan di bulan November/Desember tahun itu. Walau dia bekerja dengan band di sesi awal untuk album pertama mereka dalam 10 tahun, Fly From Here, dia keluar dari Yes selama rekaman. Wakeman bertahan untuk Rite of Spring tour (Maret hingga awal April 2011) dan secara resmi pergi setelah selesai. Kibordis Asia dan Yes era Drama, Geoff Downes, yang menggantikan Wakeman untuk sisa sesi album, kemudian diumumkan sebagai kibordis untuk tur musim panas berikutnya. Beberapa kontribusi Wakeman ke Fly From Here dimasukkan ke dalam versi album yang dirilis, dan dia diberikan kredit ikut menulis satu lagu.

Dia juga muncul di rilisan CD dan DVD Yes, In The Present – Live from Lyon menangani semua bagian kibord. Oliver telah muncul di film documenter yang menyertai rilisan ini.

Pada tahun 2009, Wakeman bergabung dengan Strawbs (mantan band ayahnya yang lain) untuk tur Kanada, UK dan Italia mereka selama tahun 2009 dan 2010.


Dia merekam sebuah album dengan band, Dancing to the Devil’s Beat yang dirilis pada tahun 2009.

Pada tahun 2010 dia muncul di CD ganda live ulang tahun ke 40 Strawbs, Strawberry Fayre.

Wakeman tidak dengan band untuk tur akhir tahun 2010 mereka karena sebelumnya telah berkomitmen untuk rekaman dengan Yes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...