Laman

Minggu, 07 Februari 2016

MARK ST. JOHN




Dilahirkan dengan nama Mark Leslie Norton pada 7 Februari 1956 di Hollywood, California, lebih dikenal sebagai Mark St. John.

Sebelum bergabung dengan Kiss, St. John adalah seorang guru terkenal dan dihormati dan gitaris untuk band cover Southern California, Front Page.  

St. John dengan Kiss hanya memiliki waktu yang singkat, tapi ia tampil pada album Animalize, album kedua periode "unmasked". Album ini ternyata menjadi salah satu album studio Kiss paling sukses, selain album yang dibuat oleh lineup asli. Penampilan video satu-satunya St. John dengan Kiss adalah dalam video untuk hit single "Heaven’s on Fire ".


Selama sesi untuk album, yang direkam pada pertengahan tahun 1984, St. John bentrok dengan anggota lain dari band, dan menurut Paul Stanley, mereka mengalami kesulitan menyusun solo bersama, dengan Paul mengatakan bahwa Mark mengalami kesulitan memainkan hal yang sama dua kali. Paul juga mengatakan bahwa ia harus menambahkan pada bagian-bagian tertentu selama solo Mark untuk membuat mereka cocok dengan dengan lagu. Ia juga menderita arthritis (Reiter’s Sindrom), yang menyebabkan tangan dan lengannya membengkak. Karena itu di tidak dapat manggung sebagai anggota Kiss, dan hanya memainkan dua pertunjukan penuh dan satu pertunjukan parsial selama tur Animalize, dengan Bruce Kulick memainkan sisanya. Mark St. John secara resmi digantikan oleh Bruce Kulick pada 8 Desember 1984. 

Dia juga satu-satunya anggota Kiss yang tidak muncul di sampul depan album manapun, karena sampul Animalize hanya menampilkan permadani dari cetakan gambar hewan. Namun, ia berpose dengan anggota band lainnya pada sampul belakang album.

Pada Januari 1985 St. John bekerja sama dengan vokalis David Donato dan drummer Barry Brandt dari Angel bekerja untuk mengembangkan beberapa ide demo. Pada Maret ia manggung lagi, muncul di sesi jam all-star di FM Station Club. Lineup terdiri dari Rudy Sarzo dan Tommy Aldridge (Kiss Revolution, April/Mei 1985). St. John juga tampil di khalayak dengan tiket ludes di konser amal jazz untuk Greenpeace . Beberapa musisi jazz legendaris bermain bersama St. John antara lain Steve Hooks Band, Stu Nevitt (Shadowfax), Slyde Hyde (Tom Scott/Supertramp), Al Aarons (Count Basie), ditambah tamu khusus lain all-star lain. (Kiss Force).

St. John dan Donato kemudian membentuk White Tiger. Mereka menulis sebagian besar materi untuk album pada pertengahan tahun 1985 dan bersiap untuk melengkapi lineup yang dapat digunakan untuk rekaman. Band ini juga memasukkan adik St. John, Michael, pada bass, tapi lengkap dengan penambahan Brian James Fox pada drum. Sementara rilis independen terjual dengan baik pada tingkat penjualan 50.000 eksemplar, dan band manggung di sekitar California, St. John dan band-nya White Tiger bergabung dengan Garry Lane pemilik Logic Productions yang mempromosikan banyak band papan atas di LA. St. John dan Lane menjadi teman baik bertemu untuk kedua kalinya di Trojan Studios di Garden Grove, California. Itu adalah di mana St. John dan Lane memiliki ide ide untuk bermain di klub legendaris yang dikenal sebagai THE HOT SPOT yang terletak di Huntington Beach, California dimiliki oleh Gennie Gromet yang merupakan mantan istri dari Dick Dale dari band Dick Dale and the Dale Tones. Band ini tidak berhasil menembus dan pecah ketika mengerjakan demo untuk album kedua pada tahun 1988. St. John bekerja sama dengan Jeff Scott Soto pada tahun 1988 untuk membuat demo. St. John juga melakukan beberapa pekerjaan sesi menampilkan gitar utama pada "Livin for My Lord" pada album Ken Tamplin tahun 1990, Axe to Grind. Tamplin adalah rocker Christian inspirasional yang lebih terkenal karena keterlibatannya dalam band Shout. Tamplin juga ikut menulis materi dengan Gene Simmons dari Kiss. St. John juga bekerja sama dengan mantan bintang Knight Rider David Hasselhoff, bahkan muncul dalam video, "Is Everyone Happy".
 
St. John membuat demo pada tahun 1990 dengan sesama mantan anggota Kiss, Peter Criss . Band ini, yang dikenal dengan nama the Keep, menjadi esensi White Tiger, dengan Peter Criss menggantikan Brian Fox pada drum, dan David Donato menggunakan alias Michael McDonald. Formasi ini hanya manggung sekali, pada 2 Mei 1990 di sebuah klinik drum di tokop musik Guitar Center di Lawndale, California .


Ketika band mulai mengerjakan demo mereka (dikreditkan sebagai Peter Criss) yang mendapat respon negative secara universal. Satu kaset demo yang beredar hanya menampilkan "Love for Sale", "Long Time", dan "All Night Long", meskipun mereka juga telah meng-cover hit Lee Michaels tahun 1971 "Do You Know What I Mean", dan memiliki lagu asli lain seperti seperti "Between the Lines". Pada awal 1991, kesulitan mengedarkan demo, dan kebutuhan St. John untuk mencari nafkah, menyebabkan gesekan antara Criss dan dia, dan St. John meninggalkan band (yang akhirnya menjadi Criss).
 
Dia berada di sebuah band panggung singkat dengan Phil Naro diberi nama the Mark St. John Project yang merilis EP edisi terbatas pada tahun 1999, dan ia juga membuat penampilan pada KISS expo di New Jersey. Dia kemudian merilis sebuah CD instrumental pada tahun 2003 dengan jduul Magic Bullet Theory.
 
Bertahun-tahun kemudian, St. John tidak membuat banyak tampil di depan publik. Namun, ia dikabarkan telah kembali ke pertunjukan pra-Kissnya sebagai instruktur gitar di daerah Southern California.


St. John meninggal pada 5 April 2007. Menurut Orange County Coroner, penyebab kematian adalah pendarahan otak yang disebabkan oleh overdosis metamfetamin. St. John meninggalkan saudara kandung Michael dan Kathleen serta orang tuanya Les dan Terry Norton yang tinggal di Orange County, California.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...